Minggu, 02 Desember 2012

My Shogun 125 SP (white_horse) :D

Wuiihh sudah lama pula ya, ga buka2x blog. baru kali ini lagi sempet bikin postingan dengan kalimat acak tak menentu. ya, kali ini aku akan menceritakan sebuah sepeda motor jenis Sport Underbone, tau ga? Suzuki Satria 150? bukan.. tapi seonggok Suzuki Shogun 125 SP 2010 (last edition) yang warna dan power nya bikin heboh para pecinta Underbone tanah air,.. ga pake lama..check this out


yups ini dia Suzuki New Shogun 125 SP. Motor Underbone ber DNA sport ini adalah versi terakhir sebelum keluar Shogun Axelo 125. dan trakhir sekali keluar di akhir desember 2010.. Shogun SP ini berkode FL125RCMD, berbeda dengan versi sebelumnya yang berkode FD125XRM..

memiliki beberapa kelebihan :
1. minim getaran di putaran tinggi karena dilengkapi dengan engine balancer :D
2. efisiensi BBM karena terdapat sensor TPS (Throttle Position Switch) pada karburator,.canggih ya :p
3. lubang inlet klep lebih landai, sehingga proses pembakaran antara udara dan BBM lebih sempurna.
4. modifikasi pada ruang bakar, penyempurnaan dari generasi FD series
5. buat yang cari kenyamanan, ini motor cocok buat turing jauuuhhh :D
6. nyaman juga buat yg cari motor cc kecil tp bertenaga monster :D

nih spesifikasi nya :D :

DIMENSI
Panjang Keseluruhan : 1.905 mm
Lebar Keseluruhan : 715 mm
Tinggi keseluruhan : 1.075 mm
Jarak Antara As Roda : 1.220 mm
Jarak Mesin Ke Tanah : 135 mm
Berat Kendaraan : 107 kg
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm

MESIN
Jenis : 4 Langkah, Pendingin Udara SOHC
Jumlah silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 53,5 mm
Langkah Piston : 55,2 mm
Kapasitas Silinder : 124 CC
Nilai Kompresi : 11 - 12 Kg / Cm2 / 10.8 : 1
Daya Maksimum : 10.8 ps / 8.000 rpm
Torsi Maksimum : 1.0 Kg.m / 6.000 rpm
Karburator : Mikuni VM 18 - 264
Saringan Udara : Elemen Kertas
Sistem Starter : Listrik dan Engkol

TRANSMISI
Kopling : Manual
Transmisi : 4 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi : 1 ke bawah, 3 ke atas
Rantai Penggerak : Depan NT 14, Belakang NT 35

RANGKA
Rangka : Under bone
Suspensi Depan : Teleskopik, Per Spiral, Peredam Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Per Spiral, Peredam Oli
Radius Putar : 1,9 m
Rem Depan : Cakram, hidrolis N290
Rem Belakang : Cakram, hidrolis N220
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 M/C 44P

SISTEM LISTRIK
Sistem Pengapian : Suzuki CD-CDI (Digital)
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
Accu : 12 (3,5Ah) 10 HR

KAPASITAS
Utility Box : 7,0 Liter
Tangki Bahan Bakar : 4,3 Liter
Oli Mesin : 1.000 ml

tp jujur aje, aku kurang puas sama performa nya meskipun ini dibilang underbone paling kentjang di kelas nya. up grade dikit boleh donk..
spek sekarang :
@ Pilot Jet : 15 ori SGP
@ Chop Busi : KTC 0 resistance
@ Busi : NGK C7 HVX
@ Ignition Booster : 9 Power
@ bulb : Autovision HID 5000k bluevision
@ Tire : FDR Genzi Tubeless (80/80-17 depan) (90/80-17 belakang)

spek gtu udah lumayan naik jadi 11 ps/8000rpm, sebenernya masih kurang puas. tp apa daya duit belum ada.. :(
next plan buat modif motor ini :
@ Kanvas Kopling Satria 120 R
@ per kopling BRT/ Suzuki Smash
@ CDI Rextor Adjustable
@ Camshaft Kawahara K2
@ per klep honda sonic
@ porting & polish
@ koil Suzuki RM85
@ kombinasi gir 14-34
@ bore up piston o.s 100
@ capasitor bank
@ denso innova horn


untuk soal riding, jangan tanya udah nyampe mana.. struk bensin udah ada yg di bogor, cipatat, cirebon, ciamis, dan yang paling banyak sih di garut :D kasian kan kalo motor standar dipake riding jauh terus?? :D

10 komentar:

  1. motor keren nih om,125 cc+kopling manual+disc brake front rear+casting wheel.yg lain ga ada yg kek shogun sp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah om,. sy bersyukur sekali bisa memilihi White Horse ini...
      bisa menyelesaikan kuliah, cari2x kerja kemana2x juga pake motor ini.. :D

      terima kasih sudah mampir di sini, jangan kapok yua :)

      Hapus
  2. Gw mo nanya neh,oli yg cocok untuk pemakaian harian apa yah ?
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk oli sih saya rasa tergantung spesifikasi sama pemakaian nya aja gan. misalnya, motor sy sendiri spek udh bore up. pakai pertamina prima xp, jarak tempuh per hari 180km.. ganti tiap 2 minggu sekali

      Hapus
  3. Mas eko sp punya saya di gigi 3 berdengung dn terasa kasar beda dngn gigi 12 dn 4 itu ap penyebabnya ... Ap gigi 3 dlm mesin rontok

    BalasHapus
    Balasan
    1. SP FL birput sya jg gitu, Mas Arrysaputra. Gigi 3-ny kasar&berdengung. Kta bngkel langganan sya (bukan BERESS), gear ratio 3-nya mnta ganti. Hrgany sktr 150-200an ribu. Tp itu ga mempengaruhi kesehatan mesin (katanya).

      Hapus
    2. SP FL birput sya jg gitu, Mas Arrysaputra. Gigi 3-ny kasar&berdengung. Kta bngkel langganan sya (bukan BERESS), gear ratio 3-nya mnta ganti. Hrgany sktr 150-200an ribu. Tp itu ga mempengaruhi kesehatan mesin (katanya).

      Hapus
  4. Aku habis beli yg NR thn 2008, knp klu pas mesin dingin ada suara tek,,tek,,tek,,terutama pas gas turun, apa smua jg gitu ya ??

    BalasHapus
  5. Oufssss mantap bos... crita gua jugo pnyo story nih,sm to motor... wihh enjoy bnget nungangi nya
    Persis sm triping nya itu..pas prtama to beredar luas,bln dpn langsung psen 2010,tpi syng kbrsamaan saya sm to mtor ,cuma 5 thn,sya pulang ke kota sya plg,selamat tinggal kota batam 🙂

    BalasHapus
  6. Striping nya ada jual gak mas?

    BalasHapus