Senin, 03 Desember 2012

Berkendara di Jalanan yang Basah

ok brother,. saatnya posting lagi nih. :-D
sekian lama di perjalanan, baru ngeh kalo postingan ini perlu di publish. emang udah brapa lama ya jadi anak jalanan? hahaha
yups ga pake lama.. postingan ini bakal ngebahas tentang berkendara di jalanan yang basah,,--

Ok, jalanan basah biasanya karena hujan donk. bukan karena disiram pake air se ember tentunya. klo cuman jalan aspal diguyur air se ember ya kagak ngefek bro :-p
tingkat basah jalan tentu berbeda, tergantung dari curah hujan yang turun. jika hanya gerimis, jalanan sedikit basah bahkan agak kering. jangan remehkan justru ini berbahaya bro!!!

tanya kenapa? justru jalanan dengan kondisi begini yang licin bro. ban ga bakalan nge grip dengan sempurna ke aspal krn kondisi jalan setengah basah.. jalanan aspal dengan kondisi begini rentan menyebabkan gejala sliding, terutama pada roda belakang motor kita karena tenaga mesin tersalurkan melalui roda belakang..
lain hal nya dengan jalan beton. kondisi setengah basah pada jalan beton tidak begitu berbahaya seperti aspal.ban masih mampu nge grip dengan sempurna namun tetap waspada karena sliding effect tetap ada.

Lanjut?? yuuu mariii :-)

Jalanan yang basah karena hujan deras memang terkesan licin. karena genangan air nampak begitu jelas maka sebaiknya berhati-hati. jaga jarak pengereman dengan menekan rem dengan jarak 2x lebih jauh dari jarak biasa nya. kelebihan nya, ban lebih nge grip traksi nya pada aspal meski ada gejala aqua planning. apa itu "aqua planning" ? kondisi dimana ban dan aspal tidak menapak dikarenakan adanya genangan air. aqua planning terjadi saat kendaraan melaju diatas kecepatan 50km/h di jalanan aspal dalam kondisi hujan deras...

ngeri ya? Hiiiiii :-p
nih ada yang lebih ngeri, yaitu berkendara di jalanan beton dalam kondisi hujan deras. gimana ga dibilang ngeri, jalan nan nya aja licin banget. gejala aqua planning sudah terasa sekali saat speedometer menyentuh angka 40km/h. yang pake ban tipe soft compound aja dah ngeri apalagi yang cuman ngandelkn ban standar macam federal?

ini lebih parah lagi.. :-(
jalanan aspal & beton setelah hujan deras. biasanya pasir dan krikil berada di tengah jalan. ada baik nya menjaga kecepatan.. jika terlalu ngebut dikhawatirkan nyuksruk krn jalanan berpasir..

ga pake lama lagi, nih aye kasih tips nya :-D :
1. berkendara dengan jarak aman antar kendaraan
2. menjaga agar kecepatan ga lebih dari 60km/h
3. jaga jarak main pengereman
4. menyalakan lampu utama
5. jangan terpancing emosi nya oleh rider lain


moga bermanfaat yeee :-D









Tidak ada komentar:

Posting Komentar