Minggu, 01 Mei 2016

Sunday Night Ride With Honda Absolute Revo 2009

Selalu ada kesempatan. Ya, setidaknya itu yang saya rasakan sekarang. Ketika ingin menulis, tetapi bingung mau mengambil tema apa. Tiba tiba baraya sobat kental saya menghubungi dan dia bilang mau berkunjung ke rumah.. Ok braad gass kesini!!! Tiba di rumah sekitar pukul 15:00 gak pake basa basi langsung dia bilang " Motor urang kurang enak euy mang, butuh advice biar enak dipake riding jauh". Ya, memang sudah waktunya refresh, mengingat usia motor nya sudah hampir 7 tahun bro dengan jarak tempuh sekitar 81300 km.
Setelah ngobrol, cari tau apa sih yang dia pengin dan dia harap dari motor nya, akhirnya disepakati untuk test ride. Cari rute yang deket, akhirnya ketemu satu kata "SUMEDANG". Ya udah, gass aja langsung ke Sumedang, berangkat via cimanggung pulang via jatinangor, dengan estimasi total trip sekitar 50km.

Absolute Revo 110 2009 (si jalur GaZa)

Bro Yanyan Mulder alias Uyut Djibeuh

Perjalanan dimulai pukul 17:35. Meski udah 7 tahun, motor ini masih enak untuk dikendarai. Khas absolute revo, torsi besar di putaran bawah-tengah. Riding hanya sampai top speed sekitar 70 kmh, selebihnya menikmati perjalanan dengan hanya kecepatan 40 kmh. Dicoba untuk perjalanan dengan medan tanjakan yang lumayan tinggi, masih sanggup mendaki walau nafas tersengal dan harus menggunakan gear 1 untuk menanjak dari Cimanggung hingga Pamulihan. Sepertinya ada yang harus dibenahi pada sektor mesin.

Tiba di Cadas Pangeran hingga masuk Sumedang kota, disuguhi jalanan meliuk-liuk. Suspensi masih berfungsi dengan baik, pada sektor depan dan belakang. Tidak ada gejala ngebuang atau ngebanting, suspensi masih bisa meredam getaran dengan sempurna. Akan lebih baik jika suspensi belakang diganti after market dan ban depan belakang segera diganti, karena saat jalanan basah sama sekali hilang grip.

Tiba di Sumedang kota, mencoba city riding. Berkendara santai ala perkotaan. Over all, kondisi motor saat ini dikatakan tingkat kesehatan nya sekitar 65%, karena ada beberapa parts yang harus diganti.


Ini pendapat saya :
Perlu ada perbaikan di beberapa sektor yaitu :
1. Mesin
Mesin memang masih bertenaga, namun kini berkurang jauh ketika saat awal-awal di bore up dulu. Mesin harus di refresh, penggantian seal klep, skir klep, dan beberapa refreshmen lain seperti penggantian ring piston. Lebih bagus lagi kalau menggunakan piston yamaha Jupiter Z dengan bore 54 mm. sehingga jika dijumlahkan dengan stroke menjadi 125 cc

2. Kaki-kaki
Servis shock depan dengan mengganti seal shock dan oli shockbreaker. Untuk shock breaker belakang, ada alternatif pengganti diantara nya Kayaba Zeto 340 mm atau YSS Top Up 340 mm. Untuk pemilihan ban sendiri, depan menggunakan 80/80-17 dan belakang menggunakan 90/80-17, merk sy sarankan FDR Sport XR Evo (minimal)

3. Knalpot custom
leheran dibikin sendiri, diperbesar juga boleh. dengan menggunakan silincer asli Honda Supra X 125 2009

4. Pemilihan warna dan konsep
saya serahkan pada owner nya sendiri mau seperti apa.

Mungkin ini dulu dari saya, hatur nuhun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar