Kamis, 12 Mei 2016

Sepele,... Tapi PENTING!!!!

Kalimat itu muncul sepintas, seketika.. disaat riding dengan motor standar selama 2 x 30 menit. Disaat tangan yang memegang erat stang motor terasa seperti kesemutan dari dalam, sedikit terasa panas dan pegal. Padahal motor yang dikendarai kondisinya 100% sehat, tanpa ada kerusakan sedikitpun dan tak satupun komponen motor yang dilepas.


Ini bukan pertama kalinya saya riding pakai motor standar tersebut, dan setelah riding atau pada saat riding tangan merasakan seperti yang dijelaskan diatas. Padahal, saya sering berkendara dengan motor lain yang kondisinya tidak sebaik dengan apa yang saya kendarai kemarin malah dengan waktu 3 jam nonstop, tangan saya tidak merasakan gejala kesemutan, panas dan pegal.


Akhirnya, saya cari tau apa sebabnya. Kenapa tangan mudah kesemutan saat riding? Ngobrol sama Mas Wedha yang asli Jawa Tengah, salah satu sahabat saya dapatlah beberapa point diantara nya :
1. saat berkendara, pastinya mesin motor dalam keadaan hidup. kinerja mesin motor menghasilkan getaran dan getaran itu bisa merambat sampai pada rangka, body, bahkan stang.
2. pada beberapa sepeda motor, sudah dilengkapi engine balancer di dalam mesin sehingga minim getaran
3. pihak atpm, sudah menyadari hal tersebut. maka setiap motor dilengkapi dengan balancer stang guna mengurangi getaran yang timbul. namun masalahnya ukuran balancer tersebut berbeda-beda
4. panjang stang juga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Nah, ketahuan lah sebabnya. saya berkendara dengan motor standar (Vario Techno 125) tapi tangan masih terasa kesemutan. Ternyata sebabnya adalah dari ukuran balancer stang yang bisa dibilang kecil. Sehingga menyebabkan getaran yang berasal dari mesin terasa langsung sampai ke tangan. Padahal kondisi handgrip masih sangat bagus. Maka bisa dibayangkan jika balancer stang dicopot, bagaimana rasa nyaman riding bisa didapatkan sementara yang terpasang saja masih terasa getaran nya. Apalagi jika balancer stang terbuat dari bahan plastik, bagaimana bisa meredam getaran yang timbul?

balancer stang ori Satria FU 2013

Ada masalah, tentu ada solusi. Yang paling praktis ya mengganti balancer stang dengan yang lebih besar ukuran peredam karet nya maupun besi balancer nya. seperti di bawah ini.


dengan handguard


yaa memang, soal balancer emang sepele,.. tapi PENTING brooo! soal kenyamanan berkendara, gak bisa ditolerir. demi kenyamanan dan keamanan sang rider tentu nya.
hatur nuhun

*gambar diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar