Jumat, 13 Mei 2016

Amankah Posisi Accu di Bawah Dek ???

Hahaha... Sabtu siang gini enaknya ngapain bro?? Saya sih mantengin laptop. ...
Tiba tiba keingetan sesuatu tuh, apaan yak? ooh ternyata dapet kiriman foto dari seorang teman dari Semarang. Seorang mekanik senior yang kini menangani motor Honda. Dia sedikit keheranan dengan beberapa keluhan konsumen yang motor nya dia tangani.
Masalah nya hampir sama, sering korslet di area accu. Dalam sehari, dari 15 motor yang dia tangani setidaknya ada 4-8 motor yang korslet, dan itu terjadi pada Honda Beat Fi, Beat Pop, New Vario 125-150.. kenapa? ada apa sebenarnya dengan matic Honda??

Honda Beat series

Beat Fi

Vario 150

vario 125

Mungkin ada yang belum tau, letak accu Honda matic itu dibawah deck floor. Gak usah dilihat ke bawah, wong itu yang kamu injak saat riding pake honda matic generasi terbaru. Persis seperti Yamaha Nouvo, Suzuki Skywave..

sumber:motoblitz.com

Karena letak accu di bawah, maka ada beberapa permasalahan yang timbul dan dirasakan langsung oleh konsumen atau pemakainya. Diantaranya, kabel putus di soket sikring yang berakibat arus kelistrikan mati. lalu soket putus, kabel accu getas. Intinya kelistrikan rentan rusak. dan semua itu terjadi saat digunakan menerobos banjir. Padahal, AHM sudah mendesain walau letak accu di bawah deck tetapi aman.

sumber:welove honda/motoblitz

Terlihat jelas dalam gambar ini, udara akan terperangkap di tutup wadah accu, karena tekanan udara tutup wadah accu ini lebih besar daripada tekanan air maka air tidak bisa masuk melalui bagian bawah penutup wadah accu.

Meski demikian kemungkinan air masuk ketika menerjang banjir tetap ada, penyebabnya karena tutup wadah accu tidak terpasang sempurna, atau pemilik beat, Vario 150 dan Vario 125 eSP mengganti ukuran accu dengan bentuk fisik yang lebih besar. Karena ukuran fisik accu lebih besar maka volume udara di tutup wadah accu menyusut atau berkurang, akibatnya tekanan udara di wadah accu ini melemah dan tidak mampu menahan air dan bisa masuk ke wadah accu.

kerusakan yang mengakibatkan korslet

Mengapa bisa terjadi demikian?
Saat terjadi banjir di jalanan, rider kerapkali nekad menerobos banjir yang menghadangnya. Sekiranya masih bisa lewat ya mungkin dilewati. Tak peduli ketinggian genangan air lebih dari 30 cm. Motor bisa lewat ya dilewati. Padahal, untuk matic honda keluaran terbaru ini posisi accu tepat dibawah dek, sehingga accu dan komponen pendukung kelistrikan yang lainnya berisiko terendam. Air banjir yang berwarna coklat keruh itu sudah pasti mengandung lumpur, pasir, dan kotoran lainnya. Maka, sangat mungkin terjadi korslet karena ada kotoran yang menempel dan air yang merendam komponen kelistrikan.

Bagaimana cara mengatasi nya?
Jika tidak terpaksa lebih baik mencari jalan lain yang tidak tergenang/ tidak banjir. Tetapi jika terpaksa ya harus menerobos genangan air ya mengecek kondisi motor ke bengkel adalah langkah pertama dan utama. Lakukan pembersihan sekaligus pengecekan pada komponen sekitar kelistrikan dan accu. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel atau sisa air yang mengendap.
Cek juga komponen lain sekitar CVT, filter udara, dan mesin..

Masukan juga untuk AHM, skema penempatan accu di bawah deck memang sudah baik, namun alangkah lebih baik jika komponen pendukung kelistrikan seperti soket dan kabel kabel itu ditingkatkan lagi kualitas nya. Sehingga, keluhan dari konsumen tentang kelistrikan bisa teratasi dengan baik.

demikian, semoga membantu
hatur nuhun

*diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar