Minggu, 24 November 2013

Suzuki Smash

Lagi lagi berbicara segmen sepeda motor entry-mid level,. ada kesan bahwa motor murah itu murahan. Tapi itu tidak berlaku untuk satu jagoan Suzuki ini. Motor apalagi nih? yaa.. Smash.. Motor bebek berkapasitas murni 109.1 cc ini diproduksi untuk menghalau atau men "smash" serbuan motor bebek murah produksi cina seperti Viar, Jialing, Zealsun, Tossa, Kanzen, Angsa, dan masih banyak lagi. ok ok ok,. kita ulas dari awal kemunculan nya..

Oktober 2002, saat penjualan Suzuki Shogun 110 R (FD110XSD)sedang mencapai puncaknya Suzuki memproduksi Smash 110 untuk segmen entry-mid level karena pada saat itu sedang booming motor murah made in china dengan harga yang cukup menggiurkan, yakni dibawah 9 juta rupiah. 22 November 2002, Suzuki Smash diuji 24 jam nonstop di sirkuit sentul dan dilanjutkan dengan turing dari Jakarta menuju Surabaya. Awalnya, Suzuki Smash hadir dengan 1 tone colour (merah, baby blue, biru, dan hitam) dan tanpa rem cakram di depan serta blok mesin yang berwarna hitam.


Enam bulan setelau launching, Suzuki Smash 110 hadir dengan varian yang menggunakan rem cakram depan, dan 2 tahun kemudian tepatnya pada bulan mei 2005 mengeluarkan varian Street Runner, yang gagah dan sporty


spesifikasi teknis :
SPESIFIKASI TEKNIS :

dimension:
Dimensi (mm) (P x L x T ) : 1.932 mm x 650 mm x 1.062 mm
Jarak antara as roda : 650 mm
Jarak mesin ke tanah : 153 mm
Tinggi tempat duduk : 755 mm
Berat kendaraan : 93.70 kg


mesin:

Mesin : 4 langkah SOHC, pendingin udara
Diameter Silinder : 53,5 mm
Langkah Torak : 48,8 mm
Kapasitas Silinder : 109 cc
Daya Maksimum : 7,7 ps pada 7.000 rpm
Torsi Maksimum : 0,81 kg-m pada 5.500 rpm
Karburator : MIKUNI VM 17SS, Tunggal
Saringan Udara : Elemen kertas
Sistem Starter : Listrik dan engkol
Sistem Pelumasan : Perendaman oli, SUZUKI Advanced Lubrication and Cooling System (SALCS)


Transmisi:

Kopling : Basah, otomatis, Power Engagement Clutch System (PECS)
Transmisi : 4 percepatan, N-1-2-3-4
Arah Perpindahan Gigi : Ke bawah
Rantai Penggerak : 98 mata

rangka:
Rangka : Pipa segi empat, SUZUKI Single Rectangular Frame (SSRF)
Suspensi Depan : Teleskopik, perendam oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, per spiral, perendam oli
Sudut kemudi : 45o (kiri dan kanan)
Radius Putar : 1,9 m


lain-lain:

Rem Depan : Cakram Hidraulis
Rem Belakang : Tromol
Ukuran roda depan : 2.50 - 17 - 4PR
Ukuran roda belakang : 2.75 - 17 - 4PR
Jenis pengapian : Suzuki DC-CDI
Busi : NGK C6 HS/ND U20 FS-U
Accu :` 12 volt / 5 Ah
Tangki Bahan Bakar + cadangan : 4,5 Liter
Oli Mesin : -
Penggantian : 800 ml
Pembongkaran : 1000 ml

setahun kemudian,. pada bulan april 2006 Suzuki mengeluarkan kembali facelift Smash 110, dengan nama New Smash Revo 110 SR, dengan kode FK110



di tahun 2011, smash ga cuman ganti baju dan nama tapi juga ganti mesin jooo... mantab nih dengan kode produksi FW115

SUZUKI NEW SMASH TITAN 115..

Suzuki kini mempermak penampilan bebek Si gesit irit Smash Titan dengan memiliki dwi warna dan stripping baru. Kini Smash Titan series hadir dengan 9 kombinasi warna-warna trendy. Harga naik? Wow nggak gan,perubahan ini tidak membawa dampak terhadap harga OTR Jakarta, untuk tipe Smash Titan Tromol (FW110D) dijual Rp 10,825 juta, tipe Smash Titan R (FW110SD) adalah Rp 11,9 juta dan tipe Smash Titan SR (FW110SCD) adalah Rp 12,975 juta.

Dari aspek mesin, tetep aja gan, mesin 4 langkah berkapasitas 113cc, SOHC, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI berteknologi TPS (Throttle Position Switch), lum ada injeksi. diantara first entry level yaitu revo, vega dan titan… hanya titan yang pakai TPS…, so… tanpa memperhatikan merek dari semua mesin yaitu revo, vega dan titan… kalo jujur pasti mengakui mesin titan lebih bertenaga dan lebih canggih teknologinya karena pakai TPS


DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 1.930
Lebar Keseluruhan mm 655
Tinggi Keseluruhan mm 1.050
Jarak Antara As Roda mm 1.240
Jarak Mesin ke Tanah mm 140
Berat Kendaraan kg 100
Tinggi Tempat Duduk mm 755

MESIN
Jenis Mesin 4 tak, SOHC
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Sistem Pelumasan SALCS (Suzuki Advanced)
Silinder x Langkah Piston 51.0 x 55.2 mm
Kapasitas Mesin 113
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimum ps/rpm 8.4/8.000
Torsi Maksimum Nm/rpm 8.9/5.000
Karburator MIKUNI VM 18 SH
Sistem Starter Listrik dan engkol

KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bensin L 4.3
Oli Mesin (Penggantian) ml 800
Oli Mesin (Pembongkaran) ml 1000

RANGKA
Kapasitas Bagasi 8 ltr
Velg Jari – Jari/Cast Wheel
Rem Depan Cakram Hidraulis dgn piston tunggal/tromol
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38 P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44 P

SISTEM LISTRIK
Jenis Pengapian Suzuki DC (CDI)
Busi NGK C6 HSA / ND U 20 FS-U
Accu 12 Volt / 5 Ah

gimana? ok kan? ini lebih baik loh dari motor merk sebelah

1 komentar: