Senin, 18 November 2013

OLI RECOMMENDED UNTUK SUZUKI SHOGUN 125

Hasil riset om bro Davy T. Acmaea

share info oli2 yg pernah gw pake ah..inget ya,just share..ga usah di intimidasi dll..

1. Motul 5100 ester 10w-40 harga,95rb an --> ini oli ok bgt dah,selama gw pake..oli ini mantab..getaran minim,gear shifting smooth..pas belah mesin,smua komponen part yg bergesekan mantab terlindungi..hanya saja ini oli di motor gw,ga kuat sm penguapan nya..cepet bgt nguap..n masa pakai yah normal saja per 2000km..

2. Pertamina Enduro racing 4t 10w-40 harga 42rb an --> ini oli enak cm 200km saja di motor gw..sisa nya,mesin kasar,panas berlebih,shifting kasar..n yg parah nya nih oli sempet ngebut motor gw nge jim..walau ga parah..tp ring piston gw kena..jd mnurut gw ini oli ga bgt deh

3. Shell VSX 10w-40 (skr nama nya Shell AX7 10w-40)harga 45rb an --> ini oli enak,mirip2 lah sm si motul 5100..penguapan nya juga ga nahan..cepet bgt..suhu mesin relatif lebih panas drpd pake si motul 5100..sisa nya mirip..

4. Petro Canada Duron E-XL 15w-40 (di forum SML125 terkenal dg sebutan oli TRAKTOR yg fenomenal)harga 160rb an --> ini oli paling ajib yg pernah gw gunain..selain masa pakai nya lama,hasil riset di motor gw n 2 rekan SML125 lain nya,berbeda spec motor,berbeda domisili,berbeda jarak tempuh,berbeda taun produksi..ini oli max digunakan utk shogun FL RCMD itu sampai 15.000km..performa nya mirip sm motul 5100..tp penguapan nya RENDAH bgt..mesin halus,suhu mesin relatif rendah dr si motul 5100,shifting juga halus..nikmat bgt deh..di gadang2 oli ini bs sampai 80.000km,tp knp kita2 ganti di 15.000km..karna di motor2 yg kita coba pakai,di 15.000km itu oli sudah ada penguapan yg klw di cek di lubang intip oli FL..sudah sampai batas level L..jd bukan karna performa nya yg brubah atw turun..tp karna sudah di level L..klw performa nya,beeeuuhh sm aja ky wkt ini oli di tuang..ga brubah..

5. Xado supersyntetic 10w-40 harga 80rb an --> ini oli sempet gw n rekan SML125 bandung sempet nyoba nih oli,maklum kita khan sedang meriset oli utk tunggangan kita..ini oli ga bgt..performa mirip bgt enduro racing..ga ada enak2 nya..jd ga sangat tidak rekomen bgt deh..

6. Repsol Moto Rider 15w-50 harga 40rb an --> ini oli sudah di coba di motor gw n rekan SML125 reg.bandung..diem2 nih oli ok juga..mesin halus,relatif adem,shifting halus,penguapan minim..yah salut deh buat oli 40rb an..cm ini oli pas mau mnuju 2.000km..sudah mulai penurunan performa..ya nama nya juga oli kelas pahe..so emg cocok utk yg rutin ganti di 2.000km..

3 komentar:

  1. Jadi yang paling bagus untuk Shogun itu oli Petro Canada Duron E-XL 15w-40? apakah itu juga sintetik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana ni oli buat kopling basah? karena pasti lendir nya kuat, apa selip ke kopling ?

      Hapus
    2. Tidak selip kopling. Saya juga udah pakai ini Shogun 125 FD.

      Hapus