Yappss.. Segmen motor sport touring memang gak ada mati nya.Terbukti sampai hari ini masih ada aja peminatnya. hehhehe..Saat ini penyumbang penjualan motor sport kelas 125-200 cc masih dipegang oleh jenis sport naked touring seperti Yamaha Vixion atau Honda CB150 R, sementara untuk Honda Tiger sendiri yang jadi primadona sudah discontinue sejak 2014. Tapi sekarang kita gak lagi bahas Vixion atau CB 150. Kita coba angkat tema Suzuki Thunder, yang katanya harga bekas nya jatuh.. yang katanya lelet, yang katanya model nya gak kekinian, yang katanya power super lemot, yang katanya boros, yang katanya style bapak bapak yg gak pantes dipake anak muda... bener gak sih??? yuk kita buktikan.. Tak kenal maka tak sayang..
Suzuki Thunder, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999. Mengusung mesin SOHC 4 Valve 250cc, menjadikannya motor sport naked touring yang berkapasitas mesin terbesar di kelasnya dibandingkan dengan Honda Tiger yang masih mengusung mesin SOHC 2 Valve 200cc. Namun, dari segi kepopuleran masih menang Honda Tiger. Suzuki Thunder 250 sangat diminati oleh para biker-biker tajir pada saat itu, karena harga nya yang termasuk kategori mahal dan design yang eksotis sehingga terkesan mewah. Karena itu, unit nya pun tidak sebanyak populasi Honda Tiger. Suzuki Thunder 250 juga merupakan penantang dari Kawasaki Eliminator dan Yamaha Scorpio.
Thunder 250
kekar bgt kan??
modif gini? keren bgt
Tuh penampakan nya... keren banget kan??? Sekarang ini, jadi incaran kolektor karena harga seken nya saja berbagai tahun minimal 15 juta rupiah saja, dari harga baru sekitar 20 juta'an dan harga nya stabil seperti harga seken Suzuki FXR yang stabil.
Penasaran sama power nya?? ini termasuk big power loh. Suzuki Thunder 250 memiliki power 20 dk, jauh lebih besar dari Yamaha Scorpio yang 18 dk atau Honda Tiger yang 17 dk. Nih Spek lengkap nya ...
Spesifikasi Teknik
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi: 1.975 x 765 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda : 1.310 mm
Berat kosong : 132 kg
Suspensi depan : Teleskopik 37 mm
Suspensi belakang : Lengan ayun, sokbreker ganda, Showa standart
Ban depan : Dunlop TT800 3.00 x 18
Ban belakang : Dunlop TT800 120/80 - 17
Rem depan : Cakram hidraulik 260 mm
Rem belakang : Teromol
Kapasitas tangki BBM : 15 Liter
Mesin
Tipe mesin : 4 Langkah SOHC 4 Valve, TSCC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 72 x 61,2 mm
Volume langkah : 249 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Sistem pengapian : CDI
Karburator : Mikuni BSR32 mm
Daya maksimum : 20 dk / 7.500 rpm
Torsi maksimum : 2,1 kg-m / 6.000 rpm
Transmisi
Kopling : Manual , tipe basah
Gigi transmisi : 5 kecepatan
Arah perpindahan gigi : 1-N-2-3-4-5
Gimana ??? Keren kan?? cocok deh buat yang ngidam motor ini dgn budget yang minim ..
hahahahaha.. mantabb.. ini sih bukan motor orang tua, tapi pemuda dewasa banget..
Pembahasan lanjut ya ke Suzuki Thunder 125.
Untuk mengisi kekosongan segmentasi light sport touring, Suzuki memperkenalkan Thunder 125 di tahun 2004 tidak lama setelah launching Suzuki Satria F 150 (kalau tdk salah. Thunder 125 yang merupakan versi mini dari Thunder 250. Di awal peluncuran nya, Suzuki Thunder 125 laku keras dan sangat diminati masyarakat utama nya penggemar motor sport touring naked yang memiliki budget pas. Tidak cukup untuk nebus Tiger, masih ada Thunder 125 walaupun secara kubikasi silinder sangat jauh dari Tiger. Penjualan suzuki Thunder 125 sempat merajai pangsa pasar light sport touring di tahun 2006-2008 sebelum akhirnya dierbut Yamaha Vixion.
Thunder 125 2004-2005 non kick starter
Di awal kemunculan nya tahun 2004, Suzuki Thunder 125 tidak dilengkapi kick starter. Namun sejak akhir tahun 2005, mulai dipakai kick starter pada suzuki thunder 125. Tahun 2007, Suzuki memfacelift Thunder 125 dengan penambahan undercowling dan speedometer dengan design baru.
4 Tahun kemudian di tahun 2011, Suzuki kembali memfacelift Suzuki Thunder. Perubahan yang sangat terlihat adalah desain body belakang dan lampu rem yang baru, desain velg palang 5 baru, dan speedometer semi digital seperti shogun 125. Sayangnya generasi terakhir ini kurang begitu diminati masyarakat. Karena di tahun 2011 ini lebih diminati motor sport 150 cc seperti Honda CBR 150, Yamaha Vixion, Yamaha Byson, Honda Mega pro, dan Honda verza.
Spesifikasinya ...
Spesifikasi Teknik
MESIN
Tipe Mesin: 4 Tak, SOHC
Jumlah Silinder: 1
Diameter x Langkah: 57,0 mm x 48,8 mm
Daya Maksimum: 11,8 PS / 9,000 rpm
Torsi Maksimum: 9,4 Nm/7,500
Kapasitas Silinder: 125 cc
Sistem Starter: Engkol & Listrik
Sistem Pelumasan: Basah
RANGKA
Tipe: Diamond
Ban Depan: 80/90 - 18 M / C 45 P
Ban Belakang: 90/90 - 18 M / C 51 P
Rem Depan: Cakram Hidraulis
Rem Belakang: Tromol
DIMENSI
P x L x T: 1.970 mm x 745 mm x 1.045 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.270 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 165 mm
Bagasi: 8 Liter
Berat Kosong: 130 Kg
Kapasitas Tangki Bensin: 15 Liter
TRANSMISI
Tipe transmisi: 5 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi: 1-N-2-3-4-5
Yang saya rasakan sendiri saat riding pake Thunder 125 milik teman. Motor sport touring naked yang ringan, bertenaga walau agak sedikit lemot dan nyaman untuk jarak jauh serta irit bbm 1 liter pertamax : 55km... lumayan kan.. dan jangan remehkan ini motor ya.. bisa dimodif jadi kencang atau modis kayak gini...
Itulah contoh modifikasi Suzuki Thunder 125.. iya donk thunder,. bisa gini gitu... hahhahaaa
ok ,. hatur nuhun
* diolah dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar