Selasa, 31 Mei 2016

Honda CBR 150 R & 250 R, Simpel dan Menggoda

Beberapa minggu terakhir ini, dunia cyber ramai ramai memberitakan akan hadirnya sesosok motor baru keluaran AHM.. Yappss, Itulah Honda Supra GTR 150 dengan nama Vietnam Honda Winner 150. Menggunakan basic mesin Honda Sonic RS 150 yang juga menggunakan basic mesin Honda CB 150 R dan yang juga masih menggunakan basic mesin Honda CBR 150 R.. Loh?? kok basic mesin nya kayak turunan gitu?? Lah emang iya,. mesin turunan CBR koq. Jadi gak salah kalau orang beli Honda Sonic RS 150 atau Honda Supra GTR 150 itu bisa bilang beli CBR rasa Ayam Jago atau Bebek Perkasa... Hahaha.. Itu sah saja dilakukan oleh pabrikan/ATPM. Istilahnya Common Parts. jadi, spare part 1 tipe mesin bisa digunakan di motor lain, ya kurang lebih seperti itu. Lumrah dilakukan sih, seperti hal nya Yamaha New Vixion Advance (Vixion all series) dengan Jupiter MX 150/MX King, Honda Grand sampai generasi Revo 100, Generasi Honda Karisma sampai Supra X 125 2014, semua nya common parts. Keuntungannya ya, selain bisa menghemat production cost juga spare parts yg bisa saling subtitusi.

Tapi, bukan soal common parts topik yang akan dibahas melainkan hanya sedikit menyinggung saja. Bukan pula soal Honda Supra GTR/ Honda Sonic RS 150. Ya, ini semua tentang Honda CBR 150 R. Segmen sport Honda yang memiliki penggemar yg antusiasme nya luar biasa. Kita mulai dari sejarah Honda CBR 150 R di Indonesia.

Honda CBR 150 R, dipersiapkan sebagai suksesor pengganti Honda NSR 150 yang bermesin 2 tak. Ini sama dengan halnya Suzuki FXR 150 yang dipersiapkan sebagai pengganti Suzuki RGR 150. Dilengkapi dengan mesin DOHC 4 Klep, berpendingin air (radiator), double disk brake, desain yang simpel dan slim, dan juga bertenaga besar (17.8 dk). Diperkenalkan di Thailand tahun 2002, masuk ke Indonesia tahun 2003 melalui importir umum dengan harga jual saat itu mencapai 35 juta rupiah.. wooow




Spesifikasi singkat mesin old CBR 150 CBU

Kapasitas: 149,4
Power: 17,1 PS @10,500
Torsi: 13,06 Nm @8500
Pendinginan: Radiator
6 kecepatan
Bore x Stroke: 63.5 x 47,2
Kompresi: 11:1
Ukuran ban: depan 80/90/17 Belakang 100/80/17
Kapasitas tangki: 10 liter

Honda CBR 150 R model ini bertahan sampai tahun 2010-2011 awal. AP Honda Thailand kemudian meluncurkan versi Facelift dengan sistem PGM Fi sekaligus mengeluarkan Honda CBR 250 R

Honda CBR 150 R Fi 2011-2014

Honda CBR 250 R

spesifikasi Honda CBR 150 Fi

spesifikasi Honda CBR 250 R
Spesifikasi All New Honda CBR250R
Dimensi

Panjang X Lebar X Tinggi: 2.033 x 720 x 1.119 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.378 mm
Jarak terendah ke tanah: 146 mm
Berat kosong: 164 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar: 13 liter

Rangka

Rangka: Twin Spar Steel
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Lengan Ayun (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran Ban Depan: 110/70-17M/C (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang: 140/70-17M/C (Tubeless)
Rem Depan: Cakram Hidrolik (Tersedia versi Anti-Lock Brake System)
Rem Belakang: Cakram Hidrolik (Tersedia versi Anti-Lock Brake System)

Mesin

Mesin: 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Volume Langkah: 249,67 cm3
Diameter X Langkah: 76,0 x 55,0 mm
Perbandingan Kompresi: 10.7 : 1
Daya Maksimum: 29,0 PS (21,0kW) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum: 23,0 Nm (2,3 kgf.m) / 7.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 1,8 liter
Tipe Kopling: Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmsi: Constant Mesh 6-Speed Return
Pola Pengoperan Gigi: 1-N-2-3-4-5-6
Tipe Starter: Elektrik Starter

Kelistrikan

Tipe Battery: 12V - 6Ah
Busi: NGK 81MR8A9
Pengapian: Full-Transistor Baterry Ignition

Di tahun 2014, AHM mulai memproduksi sendiri Honda CBR 150 R Fi, dengan perbedaan desain Head lamp yang dual keen eyes dan rangka trallis. berbeda dengan Honda CBR 150 R Fi Thailand yang masih single keen eyes dan rangka deltabox. Harga nya pun berbeda, Jika Honda CBR thailand dijual dengan harga 42 juta rupiah, maka Honda CBR 150 R Fi buatan AHM hanya 28 juta rupiah saja. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan dominasi CBR di segmen light supersport yang mulai mendapatkan tantangan dari Yamaha dengan R15 nya. Honda CBR 250 juga mengalami facelift, tetapi produksi tetap oleh AP Honda Thailand

CBR 150 R (K45)

CBR 250 R

Pertengahan semester pertama 2016, Honda CBR 150 R kembali mengalami facelift total. Bisa dikatakan all new karena baik desain maupun mesin mengalami ubahan total. Mesin yang dulu memiliki karakter overbore, kini menjadi near square, head lamp full led dan design body yang lebih sporti dari versi sebelum nya. Untuk CBR 250 "katanya" akan keluar versi 2 silinder dengan power yang lumayan besar..



spesifikasi :
Mesin

Engine Type : 4 Langkah, DOHC-4 Katup, Liquid Cooled with Auto Fan
Displacement : 149,16 cc
Carburation : PGM-FI [Programmed Fuel Injection]
Bore x Stroke : 57,3 mm x 57.8 mm
Compression Ratio : 11.3 : 1
Maximum Power : 17.1 PS/9,000 rpm
Maximum Torque : 13.7 Nm/7,000 rpm
Starter Type : Electric Starter
Oil Capacity : 1.1 Liters

Transmisi

Type : Constant Mesh 6-Speed Return
Clutch Type : Wet Multiplate with Coil Spring

Dimensi

Overall (L x W x H) : 1.983 mm x 694 mm x 1.038 mm
Wheelbase : 1,311 mm
Ground Clearance : 166 mm
Seat Height : 787 mm
Curb Weight : 135 kg
Fuel Capacity : 12 Liters

Frame

Type : Diamond (Trust) Frame
Suspensi Depan :
Telescopic
Suspensi Belakang :
Steel Square Pipe Swingarm with Pro-link system

Kelistrikan

Battery Capacity : MF Wet 12V 5Ah
Busi : NGK MR9C9N / ND U27EPR-N9, Full Transisterized

Sistem Pengereman

Depan :
Cakram Hidrolik
Belakang :
Cakram Hidrolik
Ukuran Ban / Velg Depan :
100/80 52P – 17 Tubeless
Ukuran Ban / Velg Belakang :
130/70 62P – 17 Tubeless

Color

– Revolution White
– Honda Racing RED
– MotoGP Edition
– Nitro Black

Nah, diantara model dan spesifikasi mesin Honda CBR 150-250 series menurut saya yang paling mantap itu jika diurut dari no 1 adalah Old CBR, yang kedua adalah CBR K45, dan yang ketiga adalah CBR 250 R 2014.. dari segi design keren, sangat modifable, mesin juga bagus walau ada sedikit kekurangan diputaran atas yang menurut beberapa speedfreak masih kalah galak dibandingkan dengan Suzuki FXR 150, wajar wong power FXR 21 dk sedangkan CBR 150 17 dk'an. Overall, motor ini layak dimiliki oleh seorang speedfreak. Saran, untuk yang suka power lebih disarankan memilih tahun produksi 2003++ untuk versi karbu, dan tahun produksi 2011-2013 yang masih built up. Alasannya masih barang thailand, AP Honda Thailand terkenal apik dalam hal quality control.

demikian..
hatur nuhun

*diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar