Seminggu lebih gak nge blogg, kangen juga nih hihihi...
Kemarin saat London,.. eh Bandung diguyur hujan lebat pas banget lagi riding pake motor sport neo classic Styling Honda Tiger lansiran 2011. Tiba tiba keingetan, belum pernah bahas motor sport di sini. Yaudah, dari sekian banyak motor sport pilihan pembahasan jatuh pada motor yang canggih melewati zaman nya.. Motor apa itu?? ... CBR?? bukan... R15? bukan.. Ninja series?? bukaan jugaaa ... adalah Suzuki FXR 150, teknologi canggih yang melampaui zaman nya...
Suzuki FXR yang memiliki tagline "Cybermatic Sports Cruiser" adalah sepeda motor sport kelas 150cc yang diproduksi oleh Lion Suzuki Motor Sdn Bhd, Malaysia, bukan buatan Thailand seperti klaim salah satu admin tabloid motor nasional. Di produksi mulai tahun 1997-2002 di Malaysia dan diimpor secara utuh / CBU oleh Suzuki Indonesia. Motor ini bisa dibilang canggih melebihi zaman nya, kenapa demikian??? Saat itu di tahun 1997-2000 an, ATPM lain masih fokus pada penjualan motor sport 2 tak 150 cc dan motor sport 4 tak mesin konvensional seperti honda tiger, megapro dsb. Suzuki memilih langkah lain, yakni memproduksi motor sport yang memiliki kelebihan dibanding merk lain.
Dibekali mesin twincam atau dua noken as atau double over head camshaft (DOHC) dengan 4 klep serta berpendingin oli (oil cooled) dan mesin 150cc menjadikan Suzuki FXR 150 lebih unggul segala-galanya dari sudut pandang spesifikasi mesin dibandingkan dengan motor sport 4 tak merk lain pada saat itu yang hanya mengandalkan mesin SOHC 2 klep. Power yang keluar dari mesin cukup besar, yakni 20.11 hp atau hampir 21 dk, sangat jauh dibandingkan dengan rata2x power motor sport 4tak dengan cc besar yang hanya 17 hp.
Speedometer yang dipakai sudah full digital dengan informasi yang lengkap, dimana ATPM lain masih menggunakan speedometer analog lengkap dengan kabel sensor speedometer. Ini adalah bukti bahwa Suzuki FXR sudah jauh melampaui zaman nya,karena ATPM lain menggunakan speedometer digital pada tahun 2011 sedangkan Suzuki sudah menggunakan speedometer digital sejak 1997.. Jauuh bgt kan??
Desain body yg lancip cenderung membulat adalah desain yang kekinian era 2010an, Suzuki menggunakannya di tahun 1997 begitu pula dengan rangka twinspar atau deltabox lengkap dengan swing arm model banana. Makin menguatkan karakter sport bertenaga buas dan bertampang gahar menjadi nilai lebih dari Suzuki FXR 150. Benar benar motor idaman anak muda yang memiliki pandangan ke depan pada saat itu.
yaps, penasaran sama spesifikasi lengkapnya ... monggo disimak ..
SPESIFIKASI TEKNIK
Engine and transmission
Displacement : 147.00 ccm (8.97 cubic inches)
Engine type : Single cylinder with Double Over Head Camshaft (DOHC)
Stroke : 4
Power : 20.11 HP (14.7 kW)) @ 13.000 RPM
Torque : 18 Nm (1.27 kgf-m) @ 10.000 RPM
Max RPM : 15.000
Compression : 10.7:1
Bore x stroke : 62.0 x 48.8 mm (2.4 x 1.9 inches)
Fuel system : Carburettor. Mikuni BS29SS
Valves per cylinder : 4 Valve
Ignition : CDI, 9 degree BTDC at 1500rpm
Starter : Electric&kick
Lubrication system : Wet sump
Cooling system : Oil cooler & air
Gearbox : 6-speed
Transmission type
final drive : Chain
Clutch : Wet multi-plate type
Dimensions
Dry weight : 118.0 kg (260.1 pounds)
Seat height : 760 mm (29.9 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height : 1,080 mm (42.5 inches)
Overall length : 1,985 mm (78.1 inches)
Overall width : 665 mm (26.2 inches)
Wheelbase : 1,325 mm (52.2 inches)
Chassis and dimensions
Rake (fork angle) : 24.0°
Trail : 85 mm (3.3 inches)
Front suspension : telescopic, coil spring, oil damped forks
Rear suspension : swinging arm, coil spring, oil damped, spring pre-load 4-way adjustable
Front tyre dimensions : 80/90-17
Rear tyre dimensions : 100/90-17
Front brakes : Single disc 275mm with twin pots brake calipers
Rear brakes : Single disc 220mm with twin pots brake calipers
Speed and acceleration
Top speed : 150.0 km/h
Power/weight ratio : 0.1704 HP/kg
Other specifications
Fuel capacity : 15.00 litres (3.96 gallons)
Reserve fuel capacity : 3.40 litres (0.90 gallons)
Fuel consumption pr. 100 km (6.2 miles): 3.00 litres (0.79 gallons)
Karena saya belum pernah test ride motor ini, saya coba tampilkan testimoni dari temen-temen forum owner Suzuki FXR, diantara nya om Sandy dan om Tria ...
Om Sandy said about Suzuki FXR 150....
"power 21dk, handling nya mantap minusnya pegel karena posisi setang lumayan jauh, bensin sy pernah pakai PP jkt bandung 50rb waktu harga bensin masih 4750"
Om Tria Hendra said about Suzuki FXR 150 ....
"Power super gede om, emang tarikan rpm bawahagak berat ciri khas overbore dohc..
Tp di rentang RPM atas siap2 pegang setang kemudi kuat2.. "
"Konsumsi BBM klo menurut saya irit coz saya pakai Pertamax plus..
Pernah coba 1 liter Pertamax+ bisa sampe 1: 40km dengan TopSpeed dibawah 135kpj..
Klo main Rpm atas terus ya lumayan boros..."
"Jossh buat nikung, tergantung stelan monoshock dan penggunaan ban.."
"Sisi plusnya speedo full digital yg mudah dibaca , ada trip dan odo meter..
Top speed pengalaman pribadi 157kpj belum mentok jalan udah habis.."
Tuh kurang mantabbb apalagi?? gimana gak dibilang melampaui zaman? ATPM lain teriak2x mesin DOHC 150 cc baru pada tahun 2009, Suzuki dah mulai dari 1997.. dulu sempet ada gosip Suzuki mau reborn FXR dengan tampilan berikut ini ...
Gimana?? keren kan?.. sayang nya kini tinggal kabar burung.. Namun jangan khawatir, dalam waktu dekat ini Suzuki mau produksi adik dari FXR 150,. motor apa?? disinyalir kuat Suzuki GSX R 150 Fi, semoga menjadi kenyataan untuk mengobati kerinduan para loyalis Suzuki akan kehadiran motor sport yang bertenaga dan model yang benar benar sporti..
demikian...
hatur nuhun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar