Selasa, 26 April 2016

Yamaha Vixion Dari Masa ke Masa

Malam ini,. seperti biasa saat jalan sendirian di daerah Jatinangor Kab Sumedang saya melihat beberapa orang (mungkin mahasiswa) riding menggunakan Yamaha Vixion berbagai generasi. Ada yang pakai NVA (New Vixion Advance), ada pula yang menggunakan versi 2010. Dilihat lihat secara detail, ternyata menarik juga untuk dibahas di lapak saya ini.. hehehe. Tampang agresif, mesin responsif, dan mesin halus khas Yamaha membuat Vixion menjadi primadona motor sport kelas 150cc selama beberapa tahun.

Yamaha Vixion diperkenalkan ke publik pada sekitar semester 2 tahun 2007. Mengusung konsep sport touring, lengkap dengan frame baru yakni model deltabox, mesin 150cc SOHC 4 klep, dan suspensi monoshock di belakang membuat Vixion menjadi primadona. Karena pada saat itu, untuk sport 150 cc++ non built up dapat dikatakan masih sepi. Honda yang saat itu masih pede dengan New Mega Pro 160 yang tampang nya dibikin semirip mungkin dengan Honda Tiger di kelas 200cc.



Penjualan nya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pabrikan sebelah pun tidak tinggal diam, mereka berupaya memfacelift line up produk mereka. Maka dari itu, pada awal 2010, Vixion mengalami facelift pada Headlamp dengan model yang lebih futuristis. Namun sangat disayangkan untuk body dan mesin sama sekali tidak ada perubahan. Yang ada hanya permainan warna dan stripping yang lebih eye catching dan headlamp saja.. sungguh miriss!!!


Versi 2010 ini hanya bertahan 3 tahun, pertengahan tahun 2013 muncul versi face lift total pada sektor body dan kaki-kaki. Diberi nama New Vixion Lightning atau biasa disebut NVL. Garis body yang tegas, kekar, dan berisi membuat tampilan Vixion lebih menggoda. Apalagi setelah rem belakang menjadi sistem cakram hidrolik 1 piston dengan velg yang lebih lebar dan ban besar. rasanya semakin mantap saja. Namun sayangnya, untuk mesin masih mempertahankan generasi awal, artinya mesin masih menggunakan mesin lama dan desain lampu depan yang sedikit belo, membuat NVL ini sering disebut "VIXION SHINCHAN" hehehe...


Saat AHM merilis Honda CB150R pada 2013.. Penjualan Vixion sangat terganggu. Kenapa? ya jelas terganggu karena AHM menawarkan nilai lebih pada CB150R yakni mesin DOHC 150 cc, desain rangka truss frame (rangka tralis yang dikenal ringan) dan desain yang lebih kompak walau sebenarnya dari segi desain sangat hampir mirip dengan Vixion versi 2010. Banyak konsumen awam yang mulai beralih memilih Honda CB 150 R sebagai kendaraan harian nya dibandingkan Vixion. Pada pertengahan 2015, Yamaha kembali merilis Vixion facelift dengan nama New Vixion Advance. Dirilis hampir bersamaan dengan Yamaha Byson Fi dan Yamaha MT 25. Ini bertujuan untuk menguatkan image pada masyarakat bahwa Yamaha adalah penguasa pangsa pasar motor sport. Setelah dealer dengan layanan R shop untuk layanan penjualan dan service Yamaha R15 dan R25 series, kini muncul 3 sport naked yakni NVA, Byson Fi,dan MT 25..
untuk NVA, ada perubahan pada design headlamp yang menjadi lebih futuristis dan enak dilihat dibanding NVL, desain speedmoeter berubah, dilengkapi dengan under cowling yang membuat tampilan makin berisi, dan spakbor belakang yang lebih pendek. Kode produksi mesin berubah dari 1PA menjadi 2TP. Sayangnya lagi meski kode berubah namun konfigurasi mesin tetap sama seperti generasi awal yakni SOHC 4 Valve, 5 speed, liquid cooled, 150cc!!.. kenapa nanggung ya? coba kalau DOHC...


spek NVA nih ... monggo :

Mesin

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, berpendingin cairan
Jumlah/posisi silinder: Silinder tunggal/tegak
Isi silinder : 149,7 cc
Diameter x langkah : 57.0 x 58.7 mm
Perbandingan kompresi : 10.4 : 1
Daya maksimum: 12.2kW/8500 rpm
Torsi maksimum: 14.5 Nm / 7500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sitem Pelumasan: Basah
Kapasitas Oli Mesin: Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L; ganti Filter Oli = 1 L
Sistem starter : starter elektrik & kick starter
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5 – kecepatan

Dimensi

P x L x T : 1925mm x 720mm x 1030mm
Jarak sumbu roda : 1300mm
Jarak terendah ke tanah : 165mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 130kg
Kapasitas tangki bensin : 12 liter

Kelistrikan

Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V / YTZ4V
Tipe Busi: NGK / CR8E & DENSO /U24ESR-N


Rangka

Rangka : Diamond
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang : Swingarm
Ban depan: 90 /80-17M/C (46P)
Ban Belakang : 120/70-17M/C (58P)
Rem Depan: Single disc brake
Rem Belakang: Single disc brake


Sebenernya, ini motor enak loh. Dipake harian nyaman, dipake touring mantab, digunakan cornering pun asyik. Tenaga yang terus ngisi dari putaran bawah-tengah membuat cepat berakselerasi namun untuk topspeed sepertinya kurang. Karena karakter mesin putaran atasnya kurang bengis. Namun jangan khawatir, saat ini banyak obat kuat untuk vixion. sehingga motor bisa lebih mantap lagi putaran atasnya. berikut ini pilihan piston 57mm untuk menaikkan kompresi, 62 mm dan 65 mm untuk bore up.



demikian ulasannya, semoga bermanfaat

*diolah dari berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar