Jumat, 22 April 2016

Test Ride All New Honda Vario Techno 125 CBS ISS

Halooo Hollaaa ...
ya, lagi lagi karena kesibukan, baru sempat review motor matic keluaran AHM. Versi facelift Honda Vario 125. Awalnya dikira yang All New ini cuman versi 150 CC, taunya yang 125 cc juga ada dan urusan body 100% plek. Mirip banget gak ada beda. Saya dapet motor ini, tepat 31 Agustus 2015. Lagi lagi karena gak sempet, ya belum explore gimana "rasa" dan "performa" dari motor matic yang terbilang cukup gambot dan sangat berat bobotnya ini. Baru malam ini, Jumat 22 April 2016 saya coba explore habis-habisan. Rute pengetesan terbilang tidak terlalu jauh. Hanya dari Rancaekek menuju Pasir koja, kurang lebih sekitar 60km pp..


Mesin sangat mudah dihidupkan. Sekali tekan tombol starter mesin mudah hidup, tanpa berisik karena dilengkapi teknologi ACG Starter. Katanya AHM sih, buat sensasi menghidupkan mesin tanpa suara berisik. Dan memang iya.. berisik banget untuk Honda Vario 110 dari 1st gen sampai Vario 125 generasi awal non ESP. Saking berisiknya, kucing tidur di kolong motor sampe kabur karena kaget,. ngoahahahhahahaahahahahaha... Jurus AHM ini tepat sekali bagi individu yang suka senyap. ESP dan ACG starter kini diterapkan di seluruh varian matic Honda.

Mencoba riding di kondisi jalanan macet di sekitaran simpang Samsat Soekarno-Hatta, handling cukup mudah dikendalikan. Hanya saja untuk pemula akan mengalami kendala yaitu bobot kendaraan yang terhitung cukup berat dan body yang cukup besar untuk ukuran motor matic. Akselerasi sangat responsif saat throttle dibetot sangat mendadak, mudah sekali mencapai 0-60 kmh dengan waktu yg cukup singkat.Mengingatkan akan responsifnya Honda Supra X 125 R, yang memiliki bore 52.4 mm x stroke 57.9 mm.

Untuk top speed, saya coba cari lawan seimbang. didapatlah Vario 125 CBS 1st gen dan Yamaha Byson yang menurut data teknis memiliki power 12.9 dk. Saya coba di jalan yang cukup panjang, yakni dari terminal Leuwi Panjang sampai bunderan Cibiru. Power yang keluar cukup merata dari putaran bawah sampai putaran atas. Memang, All New Vario 125 ini terasa lebih responsif dari 1st gen nya, istilahnya edisi penyempurnaan. Top speed didapat sekitar 110 kmh. Dari 0-80 memang cepat naik, 80-100 nya agak lambat. Menurut saya, segitu udah sangat cukup untuk ukuran matic 125 cc. Mengapa? kodratnya motor matic adalah sebagai kendaraan komuter di dalam kota. Apalagi jika dilihat dari segmen pasar, Vario 125 menyasar keluarga muda mapan alias buat kalangan bapak-bapak muda yang membutuhkan matic dengan bagasi besar. Konsumsi bensin didapat 1 liter pertalite bisa melaju sampai 48 km, lumayan irit.


Lampu led nya juga cukup terang, bisa lah kalau sekedar buat nyorot tante kunt****ak, wkwkwkwkwkkwkwk


Fitur ISS (idling stop system) cukup membantu menghemat bahan bakar, karena setiap melalui macet atau traffic light mesin bisa mati sendiri dalam 3 detik dan bisa hidup lagi cukup dengan sedikit memutar grip throttle.
Suspensi depan cukup empuk, tetapi bagian belakang agak sedikit keras. mungkin untuk kenyamanan ya? mengingat motor ini bobotnya mencapai 122kg. Over all, cukup nyaman digunakan harian. Tapi buat yang suka cornering wajib ganti shock belakang, minimal yss dan ban standar bawaan nya wajib dilengserkan. Licin dan keras banget, macam dibuat dari ember plastik.. hahahaha..
saran aja,. ban depan pakai 90/80-14 dan belakang 100/80-14.. nyaman banget kek nya...



Combi Brake System (CBS) adalah salah satu fitur unggulan dari All New Vario Techno 125 ini. Dengan menekan 1 tuas rem belakang, maka rem akan berfungsi untuk menghentikan roda depan dan belakang. Akan tetapi, lebih efektif jika kedua tuas rem digunakan bersamaan untuk hasil braking yang baik. Perlu diperhatikan, kondisi kanvas rem nya lebih cepat aus dibanding dengan versi lawas yang non CBS. Sebuah harga yang pantas dibayar untuk fitur braking yang tak ada di motor matic merk lain.

ok.. berikut spek lengkap nya ...

Honda Vario 125 eSP
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Berat isi 122 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter

Rangka
rangka Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol – sistem pengereman CBS


Mesin
Kelas 125/150
Volume Langkah 124,8 cc/ 149.2 cc
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm / 57.3 x 57.9
Perbandingan Kompresi 11,0 : 1 / 10.7 : 1
Daya Maksimum 8,3 kW (11.4 dk) / 8.500 rpm / 9,3 kW (12.4 dk) / 8500 rpm
Torsi Maksimum 10,8 N.m/5.500 rpm /12,8 N.m/5.500 rpm
Kapasitas Oli 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi –
Tipe Starter Pedal & Elektrik

Kelistrikan
Tipe Battery 12 V – 5 A.h (tipe MF)
Busi ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Pengapian Full Transisterize, Baterai

semoga membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar