Senin, 16 Januari 2017

Sebuah Catatan tentang Yamaha YZF R15

Hallo... nulis lagi artikel denk .. mumpung lagi ada bahan dan lagi mood..
yaps,. ini tentang pengalaman riding pake salah satu jagoan nya Yamaha.. yes.. Yamaha YZF R 15..😅
Alhamdulillah, dapet kepercayaan buat ngetest performa si gagah ini di awal bulan Desember 2016 sampai 3 minggu ke depannya..

Ya, dicoba di hari pertama sampai hari ke 20....ini komentar nya :
1. Termasuk motor lightweight supersports yang cocok untuk pemula
    kenapa ???
  •  Bobot motor terhitung berat (138 kg) jika dibandingkan dengan Honda CBR 150 (136 kg) atau Suzuki GSX R 150 (131kg) melatih rider untuk menguasai kendaraannya. Menurut bro Bobby, salah satu kawan owe, bobot yang bikin berat terletak di swing arm. walau almunium tetapi cukup berat dibandingkan dengan pipa kotak swing arm biasa
  • Power yang keluar sangat smooth bahkan terlalu lembut. Bagi rider yang doyan ngebut, karakter ini mungkin tidak cocok. Tetapi sebaliknya, untuk pemula yang baru naik grade R15 cocok. Powernya gak njengat
2. Konsumsi BBM terhitung irit. Setelah digunakan riding rute Bandung - Garut pp sebanyak 8x didapat 
    perbandingan konsumsi bbm 1 liter : 45 km
3. Harus melakukan penyesuaian riding position/ segitiga berkendara.
    kenapa?
  • Untuk orang yang terbiasa menggunakan motor sport harus adaptasi dulu dengan segitiga berkendara yang ditawarkan R15. Desain total Yamaha R15 ini secara umum mengharuskan rider untuk merunduk. Posisi stang yang bisa dikatakan rendah dibandingkan kompetitor, ground clearance yang cukup tinggi serta bobot yang berat menjadikan rider harus menemukan kenyamanan nya sendiri. sedangkan bagi yang baru naik grade, butuk waktu penyesuaian sekitar seminggu 







spesifikasi :

Dimensions & Capacity
Wheelbase 1345 mm
Fuel Tank Capacity 12 L
Rear Wheel Size R17
Front Wheel Size R17
Rear Tyre Size 130/70 R17
Front Tyre Size 90/80 R17
Kerb weight 138 kg
Tinggi 1070 mm
Lebar 660 mm
Panjang 1975 mm
Kapasitas Tempat Duduk 2
Ground Clearance 160 mm
Oil Tank Capacity 1.15 L
Fuel Reserve Tank Capacity 1.5 L

Engine Details
Rasio Kompresi 10.4:1
Engine type 4-Stroke, SOHC
Diameter x langkah 57 mm x 58.5 mm
Cooling System Liquid Cooled
No. of Strokes 4-Stroke
Jenis penggerak Chain Drive
Spark plugs per cylinder 1
Air Filter Type Replacement Air Filter
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection
Injection Type Direct Injection
Ignition type TDCI
Fuel Type Petrol
Jenis Transmisi Manual
Lubrication System Wet Sump
Gear Box 6-Speed
Konfigurasi Katup SOHC
Start Option Electric
Katup per Silinder 4
Displacement 150
No. of Cylinder 1
Engine Capacity 0.15 L

sekedar opini pribadi saja. walaupun cocok untuk pemula tetapi menurut owe power nya sangat kurang..
perlu di bore up menggunakan piston 62mm atau 65mm biar lebih seimbang antara bobot motor dengan output power yang dihasilkan.. cmiiw

demikian catatan nya, hatur nuhun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar