Minggu, 26 Juni 2016

Pilihan Motor Sport Untuk Peturing Entry Level Part 1

Halooo... masihkah ente shaum hari ini?? alhamdulillah ... harus bertahan ya, wkwkwkwkk biar afdol.

Di awal ramadhan kemarin, saya melakukan solo touring rute Rancaekek-Tambun-Tanah abang- Tambun dan kembali ke Rancaekek menggunakan rute Tambun-Kalimalang-Durensawit-Cililitan-Cimanggis-Cibinong-Bogor- Puncak-Cianjur-KBB- Cimahi- Bandung - Rancaekek.. Ya biasalah, karena suatu urusan pekerjaan yang menunutut musti solo touring. hehehhee...
Terpikir saat jalan pulang karena lihat sekelompok bikers jalan beriringan dengan menggunakan motor sport di wilayah cisarua puncak, kayaknya nikmat banget tuh ya riding jauh pake motor batangan. Gak kayak saya, jalan jauh cuman modal bebek bore up dgn power gak lebih dari 14 dk, wkwkwkkwkwkkwkwk....

Ok, pengin juga nih bahas motor sport yang enak buat dipake jalan jauh, modifable, dan modis buat diajak nongkrong. Kalo dibahas secara per produk mungkin sudah ya di tulisan saya yang lalu. Pernah kita bahas diantaranya Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Gak ada salahnya kita bahas lagi namun dari sudut pandang lain, yaitu dari sudut pandang pemula/newbie yang ingin motor sport yang oke buat dimodif atau diajak turing.... siiip,.. geber brooooo

1.Suzuki Thunder 125 (EN125) ....
Saya gak akan bahas Suzuki Thunder 250 (GS250X) karena bukan buat peturing newbie.
Suzuki Thunder 125, adalah pilihan yang sangat pas untuk peturing newbie. Kombinasi mesin tangguh didukung juga oleh model neo classic styling membuat Suzuki Thunder 125 digemari oleh para entry level yang naik kelas dari bebek 110 cc ke motor sport touring.
Meski begitu, bukan nya Thunder 125 ini tidak memiliki kekurangan. Kubikasi mesin yang hanya 125 cc (bore x stroke 57.0 mm x 48.8 mm)dengan power maksimum 11dk dirasa sangat kurang mumpuni untuk turing jarak jauh. Karakter mesin yang gak bisa disentak atau di gas spontan membuatnya sering disebut lemot, walaupun putaran tengah-atas nya cukup nendang. Solusi nya ya bore up, walau begitu mesin thunder ini modifable lho..mau dibikin 150cc seperti FU150 pun bisa.. apalagi lebih dengan melakukan stroke up dan custom noken as. Biaya untuk bangun Thunder 125 jadi motor touring harian bertenaga cukup ramah di kantong, dengan estimasi sebagai berikut :

1. Beli motor Thunder 125 seken keluaran 2006-2009 : 3.5-5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5- 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki :2 - 2.5 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi :700 rb - 1 jt rupiah..
total maksimum budget : 10.5 jt rupiah
total minimum budget : 7.7 jt rupiah

perhitungan di atas ini hanya ilustrasi saja, karena setiap orang punya selera berbeda. utamanya saat memodifikasi mesin biaya nya relatif. bisa lebih besar atau lebih kecil dari ilustrasi.



2. Bajaj XCD 125
Di Tahun 2008, Bajaj merilis XCD 125. Sepeda motor yang diperuntukkan bagi pemula. Dengan kubikasi murni 125 cc, rem double drum brake (versi std) dan speedometer full digital yang menjadi nilai plus bagi motor ini. Top speednya hanya 90kmh dengan power 8.4 dk jadi benar-benar untuk pemula. Kelebihannya motor ini adalah sangat irit bbm seperti honda grand. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bukan berarti motor ini tidak layak dilirik untuk jadi bahan modifikasi turing. Justru ini pilihan pas buat yang pengin motor sport dengan harga sangat murah. Berikut estimasi biayanya :

1. Beli bajaj xcd 125 2008 : 3-4.5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5 - 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki : 1.5-2 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi : 700rb-1 jt rupiah
total maksimum budget : 9.5 jt rupiah
total minimum budget : 6.7 jt rupiah


Last,... ntar disambung ke Part 2 yah. masih banyak motor entry level yang bisa jadi pilihan buat turing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar