Halooo,..
Setelah kita bahas motor sport entry level buat turing, kayaknya masih ada yang galau aja. Galau kenapa?? yaa mungkin aja apa yang saya advice kan belum sreg di hati. Bisa berbagai faktor, diantara nya mungkin performa mesin yang dirasa kurang mumpuni atau ingin yang dari OEM nya sudah kencang, atau bisa jadi ingin beli yang langsung high performance tinggal pakai tanpa oprek dan hal lain sebagai nya..
Masih bertema motor sport, khusus hari ini saya ingin bahas BAJAJ..iya BAJAJ tapi bukan yang beroda 3. Melainkan Bajaj Pulsar 180. Sekaligus, tulisan ini saya bikin sebagai bentuk respek kepada seorang brother saya yang sangat konsisten dengan Bajaj sejak awal kemunculannya. Ya, This special for U bro, Khaerullah Bin Yusuf.. Happy birthday, wish u all the best and keep enjoy for read my article.
Ok bro, langsung ajah gass bahas Bajaj Pulsar.
Bajaj Pulsar 180 pertama kali diperkenalkan tahun 2007 di Indonesia. Mengusung teknologi baru dalam hal pengapian, yakni teknologi 2 busi yang dikenal dengan nama DTS-i (Digital Twin Spark - Ignition) yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna, rendah emisi, lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar tentunya.
Dapat dikatakan berani berinovasi!!! mengapa?
lihat dari segi design, disaat pabrikan jepang masih konsisten dengan design headlamp yang membulat. Bajaj mengeluarkan model dengan headlamp yang memiliki batok, yang sepintas mirip serigala. Teknologi DTS-i, knalpot dengan teknologi TEC sehingga lebih ramah lingkungan, digital CDI, lampu belakang LED.. dapat dikatakan, Bajaj lebih maju beberapa langkah dibanding pabrikan jepang. Harga baru yang ditawarkan juga kompetitif, bahkan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan motor sport sejenis dari pabrikan jepang.Benar benar menggiurkan.. Luar biasa...
berikut ini spesifikasi nya :
Mesin Jenis DTS-i Empat Langkah, Berpendingin udara, 1 silinder SOHC
Bore 63,50 mm
Stroke 56,40 mm
Kapasitas Mesin 178,60 cc
Rasio Kompresi 9,5 + 0,5 : 1
Kecepatan Stasioner 1400 + 100 rpm
Tenaga Bersih Maksimum 12,52 KW (17,02 Ps) @ 8500 rpm
Torsi Bersih Maksimum 14,22 Nm / 1,45 Kgm @ 6500 rpm
Sistem Pengapian Microprocessor Controlled Digital CDI
Waktu Pengapian 10° BTDC pada 1400 rpm, 25° BTDC pada 3000 rpm
Karburator UCAI-MIKUNI BS29, Side Drought, CV Type
Busi 2 Buah Champion RG4HC (Resistive)
Celah Busi 0,6 - 0,8 mm
Pelumasan Pelumasan Basah,
Starting Starter Elektrik
Kopling Basah, Jenis Multidisc
Transmisi 5 Tingkat Kecepatan dengan Constant Mesh
Primary Reduction 3,47 : 1 (66/19)
Rasio Gigi Gigi 1 26,93 : 1 (36/13)
Gigi 2 18,31 : 1 (32/17)
Gigi 3 13,43 : 1 (29/21)
Gigi 4 10,54 : 1 (26/24)
Gigi 5 8,98 : 1 (24/26)
Final Drive Ratio 2,78 : 1 (39/14)
Chasis Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Garpu Depan Teleskopik dengan Bush Anti Gesek (Stroke 130 mm)
Belakang Trailing Arm dengan Coaxial Hydraulic Cum, Peredam kejut berisi gas yang dapat disesuaikan dan per kumparan triple rate
Rem Depan Jenis Cakram yang dioperasikan secara Hidrolis
Belakang Jenis Tromol dan Kanval yang diperluas secara mekanis
Ban Depan 90 x 90 x 17 , 49 P (Tubeless)
Belakang 120 / 80 x 17 , 61 P (Tubeless)
Tekanan Ban Depan 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Sendiri 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Berboncengan 2,15 kg/cm² (30,5 Psi)
Pelek (Roda Alloy) Depan 1,85 x 17
Belakang 2,50 x 17
Kapasitas Penuh Tangki Penuh 15 liter
Bahan Bakar Cadangan 3,2 liter
Cadangan yang dapat digunakan 2,0 liter
Kelistrikan Sistem 12 V (DC)
Battery Tipe 12 V 9 Ah MF
Lampu Utama 35/35 W-HS1
Indikator Lampu Utama 5W - 2 Buah
Lampu Belakang/Stop LED / LED
Lampu Sen 10W (2 Buah)
Indikator Lampu Sen LED
Lampu Indikator Standar Samping LED
Indikator Lampu Jauh LED
Lampu Indikator Gigi Netral LED
Lampu Speedometer Layar LCD
Lampu Plat Nomot Belakang 5W
Klakson 12 V DC
Dimensi Panjang 2035 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1165 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm
Radius Putaran Belok 2500 mm (Minimum)
Jarak Terendah dengan Tanah 165 mm (Minimum)
Performa Kemampuan Mendaki 28% (Maksimum 160)
perbandingan dengan motor sport lain yang sejenis
Dari segi model dan spesifikasi, ternyata cukup menggiurkan bagi orang orang yang suka performa. Spesifikasi dan daya tahan mesin tidak main main.Untuk riding impression nya sendiri, handling bagus, stabil dan nyaris tanpa goyang. AKselerasi cukup baik meski bisa dikatakan lebih lemot sedikit dari honda tiger. untuk top speed juga lumayan bisa tembus 130 kmh. Karakter nya bengis diputaran tengah atas. Sangat mumpuni untuk touring jarak jauh karena segitiga berkendara begitu nyaman.
Saat ini, memang ATPM Bajaj tak lagi ada di Indonesia karena kebijakan marketing perusahaan. Untuk soal spareparts tak perlu khawatir, masih bisa dibeli di dealer Kawasaki atau di bengkel specialist Bajaj. Bisa juga diperoleh melalui komunitas atau klub Bajaj. Harga seken nya cukup murah, antara 5-10 jt rupiah tergantung kondisi dan tahun perakitan. Testimoni pribadi saya sih, motor ini cukup menarik karena design yang anti mainstream dan kaya akan fitur serta performa yang mantap.. joss pokok nya buat orang orang yang berkarakter berani beda.
ok, hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar