halooo wilujeng malam minggu barayaaaaa .... hahahaha
Kemarin sore, sebelum berangkat Friday Night Ride ke Garut. saya terima bbm dari seorang kawan yang kerja di Bekasi Timur. Intinya sedikit berdiskusi tentang ban apa yang cocok untuk Yamaha Vega R 2007 nya, lalu apa saja yang harus di service, dan apa efeknya jika ada peggantian parts yang ditunda..
Ya, untuk hari ini ada sedikit inspirasi ingin membahas Yamaha Vega dari generasi awal sampai generasi terakhir saat ini, Yamaha Vega Force. Yamaha Vega memang sebuah nama sepeda motor yang cukup legendaris, generasi awal yang memiliki garis bodi serupa dengan Yamaha F1ZR, torsi besar dengan performa yang baik di kelas 100-105cc. Saat itu, Yamaha Vega dipasarkan untuk membendung dominasi Honda Supra X.
sumber : google
Generasi awal Yamaha Vega, cukup diminati anak muda karena desain yang identik dengan Yamaha F1ZR yang dikenal jawara road race era 1990'an. Tahun 2004, Yamaha Vega mengalami minor Facelift kapasitas mesin berubah dari awalnya 102 cc kini menjadi 105 cc. Perubahan lain yakni warna mika sein yang awalnya berwarna orange, kini menjadi transparan atau bening dan nama nya berubah menjadi Yamaha Vega R. Awalnya keluar hanya versi rem tromol, namun beberapa waktu kemudian launching versi rem cakram depan.
sumber: google
Di tahun 2005, penjualan Yamaha Vega R semakin membaik. Bisa dibilang lebih laku dibanding kompetitor se kelas nya yakni Honda Supra Fit. Tidak cukup puas, Yamaha melakukan Facelift total terhadap Vega R. Perubahan frontal terlihat dari desain bodi yang tajam, kubikasi silinder juga meningkat menjadi 110cc.
Desain dan mesin Yamaha Vega R 110 ini bertahan sampai tahun 2009. Di tahun ini, Yamaha Vega R di facelift total menjadi Yamaha Vega ZR. Desain bodi berubah total dan kubikasinya berubah menjadi 115cc. Tentu, Yamaha Vega ZR ini lebih bertenaga dan torsinya lebih baik dibanding versi sebelumnya.
Yamaha Vega ZR, mengalami facelift lagi di tahun 2011 menjadi Yamaha Vega RR, desain lebih lancip berbeda dengan ZR yang cenderung membulat, rims warna hitam menambah kesan gagah Yamaha Vega RR.
Di tahun 2015, Yamaha Vega RR mengalami perubahan total. Kini menggunakan mesin injeksi khas Yamaha (YM-Jet Fi) dengan desain yang lebih sporti dan desain bodi yang berubah total..Namanya juga berubah menjadi Vega Force..
spek Vega R
Mesin Tipe mesin 4 Langkah,
SOHC berpendingin
udara
Model 5er
susunan Silinder
Tunggal, 10º terhadap Horisontal
Kapasitas silinder 101.8 cc
Bore*Stroke 49*54
Timing Klep
Masuk
IN 27º-57º OUT 57º-33º
Sudut overlap 60º
Renggang Klep
Masuk 0.05-0.10
Keluar 0.08-0.13
Perbandingan Kompresi 9.0 : 1
Starter Kaki dan Starter
Listrik
Pelumasan Wet Sump dg
pompa Trochoid
Karburator VM 16 SH Mikuni
Busi C7HSA
Kopling basah, sepatu
sentrifugal, plat
majemuk
Performa Daya maksimum 8.3
PS/8000 RPM
Torsi maksimum 0.87
Kgm/6500 RPM
Radius Belok Minimum
1.800mm Transmisi Tipe Transmisi Bertautan
Tetap
4speed
Rantai Suspensi dan Rem Rem Depan Cakram
dioperasikan dengan
tangan kanan
Rem Belakang Tromol
dioperasikan dengan
kaki kanan Suspensi depan Garpu
teleskopik, pegas
berperedam oli
Suspensi belakang
Lengan ayun, pegas
berperedam oli Kelisrikan Sistem pengapian CDI
New Vega R
Tipe Mesin : 4 Langkah Air Cooled
Diameter Langkah : 51.0 x 54.0
Volume Silinder : 110.3 cc
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu Mendatar
Gigi Transmisi : 4 kecepatan
Pola pengoperasian gigi : N-1-2-3-4 (Return)
Karburator : VM 17 x 1 Mikuni
Baterai : 12V5AH
Busi : C6HSA / U20 FS-U
Sistem Pengapian : CDI
Berat : 95,1 kg
Tipe Rangka : Pipa
Kapasitas Tangki : 4,2 lt
Jarak sumbu roda : 1199mm
Jarak terendah ke tanah : 146mm
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ukuran ban depan : 70/90-17M/C38P
Ukuran ban belakang : 80/90-17M/C44P
Dimensi P X L X T : 1905 x 658 x 1030 mm
Sistem starter : Kick & Electric
Daya Maksimum : 6.6 kw/8000 rpm
Torsi Maksimum : 9.0 Nm / 5000 rpm
Rem depan : Cakram hidrolik
Rem belakang : tromol
Vega ZR
- Kapasitas mesin : 113,7 cc
- Daya maksimum : 6,0 kw/7.500 rpm
- Torsi maksimum : 8,3 Nm/4.500 rpm
- Diameter x langkah : 50×57,9 mm
- Panjang x lebar x tinggi : 1930 x 660 x 1055 mm
- Jarak sumbu roda : 1235 mm
- Jarak terendah : 126 mm
- Berat : 97 kg
- Kunci jok : body belakang
- Lampu sein : pada dek
- Indikator gigi persneling : hanya netral dan top
- Behel : pipa silindris
- Dudukan footstep belakang : dari pipa bulat
- Air induction system : di atas mesin
Yamaha Vega Force
Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah Berpendingin Udara, SOHC
Jumlah Silinder Silinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder 114 cc
Diameter x Langkah 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,3:1
Daya Maksimum 6,41 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum 9,53 Nm / 5.500 rpm
Sistem Starter Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Pengapian TCI (Transistor controlled ignition)
Kapasitas Oli Mesin 1 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Battery YTZ4V/GTZ4V (MF Battery)
Tipe Busi NGK / CR6HSA
Tipe Kopling Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat
Tipe Transmisi Constant mesh, 4-Kecepatan
Transmisi N-1-2-3-4
Dimensi
P x L x T 1940 x 715 x 1075 mm (Disk Brake)
1940 x 710 x 7075 mm (Drum Brake/Spoke)
Jarak Sumbu Roda 1235 mm
Jarak Terendah ke Tanah 155 mm
Tinggi Tempat Duduk 775 mm
Berat Isi 96 kg
Kapasitas Tangki BBM 4 L
Rangka
Tipe Rangka Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun, Suspensi Ganda
Pengereman
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Kaki-kaki
Ukuran Ban Depan 70/90-17M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90-17M/C 44P
Untuk riding impression sendiri, saya sudah menguji dengan jarak yang lumayan jauh pada hari Minggu, 31 Agustus 2014. Sebuah Yamaha Vega R 110 2007 saya uji dari Cibatu Garut dengan tujuan Tambun Bekasi Timur, kurang lebih 200 km. Konsumsi bbm sangat irit, didapat 1 liter premium bisa menempuh 52 km. Suspensi depan dan belakang bantingannya cukup lembut, torsi mesin besar membuat motor begitu lincah melahap setiap tikungan di wilayah Cikalong Wetan. Mesin bertenaga buas dari putaran bawah sampai tengah, sedangkan untuk putaran atas nya cukup pas-pasan. Hal ini wajar, karena Vega R diperuntukkan untuk segmen komuter di dalam kota sementara saya menguji ke luar kota dengan jarak yang lumayan jauh dan "menyiksa mesin" selalu di high rpm. Top speed didapat 100kmh.
Overall, lebih dari cukup untuk segmen entry level...
hatur nuhun..
*diolah dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar