Haloo semua,. maaf nih ye baru aktif lagi ngeblogg maklum lah orang sibuk,. hihihi..
yups,. kenapa artikel sekarang kok judulnya " Terima kasih Suzuki" walah.. jangan jangan aye blogger afiliasi nya suzuki atau rekanan nya Suzuki. bukan... bukan itu, gak ada salahnya bilang terimakasih sama yang ngasih kesempatan untuk nonton motogp secara live langsung dari sirkuit.. owww, sirkuit mana nih?? yang deket deh, kebetulan di Negeri sebrang alias negeri jiran Malaysia. Tepatnya di Sepang International Circuit.. ya udah, ada tawaran yo ambil saja.. hehehehe
Bulan September lalu, aye dikabarin sama Om Arris Kurniawan yang juga owner Fanpage Techno Racing Manufacture. Ada event nih di Sepang, mau ikut gak nih? buat aye itu kesempatan luar biasa.. akhirnya tawaran itu diambil. Dari Bandung sendiri, kebetulan selain aye ada bro Dhione dari SSFC pengda Bandung yang juga member dari IMSB (Ikatan Motor Suzuki Bandung) dan FCMB (Forum Club Motor Bandung)..dan pada hari Jumat, kita ketemu di Bandara Soetta .. nih orang nya ... hehe
Lanjut ke hotel untuk istirahat dan persiapan terbang ke Malaysia keesokan harinya.
Kita berangkat ke Malaysia 29 okt 2016 pagi..sampai di Kuala Lumpur International Airport langsung menuju Sirkuit Sepang untuk mengunjungi paddock Team Ecstar Suzuki dimana #25 Maverick Vinales dan #41 Aleix Espargaro menjadi pembalapnya..
ok ... langsung aja lihat pict nya
penampakan sirkuit sepang
suasana sepang
booth Suzuki
GSX S 1000
GSX R 1000
suasana paddock
suasana sirkuit saat kualifikasi
itu hari kualifikasi..
Hari kedua, lain lagi situasi nya,. nih ...
buat brother brother user Suzuki Satria F 150 dan owner R2 Suzuki di Indonesia... dapet salam dari crew HSBR Malaysia..
para ksatria yang tak sengaja terjepret
special request by bro Victor from Manado.. salken bro dari Bandung. hehee
ok.. mungkin itu aja yang bisa di share...
gak bahas hasil kualifikasi sama race ya, aye memang gak fokus ke motogp nya..tapi lebih ke pengalaman pribadi sama teman teman kesatria yang dapat kesempatan buat datang ke sepang..
terima kasih.. hatur nuhun
Selasa, 01 November 2016
Sabtu, 08 Oktober 2016
Akhir dari sebuah penantian..Suzuki GSX R 150
Welcome october bahagia...
Haha...
Yups ah... gak pake basa basi..
Pelototin nih model nya..
Yaa.. itulah sosok GSX R 150, untuk pasar eropa menggunakan mesin 125 cc.
Walau begitu, performa nya pasti mengagumkan. Yang launching di Intermot Jerman itu GSX R 125.. fitur nya kelas wahid dah...
Tunggu saja, di Indonesia juga akan diperkenalkan GSX R 150 dan GSX S 150 dalam waktu dekat ini..
Semoga saja.. segera launching..
Hehehe
Haha...
Yups ah... gak pake basa basi..
Pelototin nih model nya..
Yaa.. itulah sosok GSX R 150, untuk pasar eropa menggunakan mesin 125 cc.
Walau begitu, performa nya pasti mengagumkan. Yang launching di Intermot Jerman itu GSX R 125.. fitur nya kelas wahid dah...
Tunggu saja, di Indonesia juga akan diperkenalkan GSX R 150 dan GSX S 150 dalam waktu dekat ini..
Semoga saja.. segera launching..
Hehehe
Kamis, 29 September 2016
Suzuki New Shogun 150 ... Harapan atau Kenyataan ???
Halooo....
Sedang melamun malam ini,.. tiba tiba pengin banget bikin postingan tentang harapan akan bangkitnya kembali sang legenda underbone Suzuki...
Motor underbone apa sih??
Hayooo apa???
Shogun...
Ohyaaa itu enang legend..
Dari sejak kemunculannya di tahun 1996 sampe terakhir 2015 an masih menyisakan banyak penggemar...
Ingin tau ekspektasinya apa?
Ya kurang lebih seperti ini...
1. Mesin FUFi
2. Design super underbone
3. Speedometer full digital
Ya seperti inilah kira kira...
Yaa... ingin nya sih diproduksi untuk meramaikan pasar superunderbone buat lawan Yamaha MX King 150 dan Honda Supra GTR 150...
Tetapi, jika lihat kondisi pasar sih untuk segmen underbone sudah sangat lesu..
Ditunggu inovasinya Suzuki..
Hanya sekedar harapan..
Haturnuhun
*Sumber foto dari TRM
Sedang melamun malam ini,.. tiba tiba pengin banget bikin postingan tentang harapan akan bangkitnya kembali sang legenda underbone Suzuki...
Motor underbone apa sih??
Hayooo apa???
Shogun...
Ohyaaa itu enang legend..
Dari sejak kemunculannya di tahun 1996 sampe terakhir 2015 an masih menyisakan banyak penggemar...
Ingin tau ekspektasinya apa?
Ya kurang lebih seperti ini...
1. Mesin FUFi
2. Design super underbone
3. Speedometer full digital
Ya seperti inilah kira kira...
Yaa... ingin nya sih diproduksi untuk meramaikan pasar superunderbone buat lawan Yamaha MX King 150 dan Honda Supra GTR 150...
Tetapi, jika lihat kondisi pasar sih untuk segmen underbone sudah sangat lesu..
Ditunggu inovasinya Suzuki..
Hanya sekedar harapan..
Haturnuhun
*Sumber foto dari TRM
Jumat, 23 September 2016
Fenomena Supersport 150 cc Suzuki
Hallooo.... halooo ..hallooo...
Yaps, maaf baru aktif lagi nulis setelah sekian lama libur dulu. maklum orang sibuk.. ngoahahaaa...
Eh, apa sih yang lagi ngehits sekarang???
apa ...
apa ...
apa ...
Yappps bener banget,. beredarnya video test ride dan spyshoot Suzuki New GSX R 150 di jalanan Bekasi. Beredar secara viral di internet dan banyak sekali blogger yang memberitakan tentang hal ini. Yaaa heboh lah.. secara gitu ATPM yang "katanya" fansboy mau bangkrut koq bisa bisa nya mau rilis motor segmen light supersport.
Ok ini opini pribadi saya setelah melihat gambar spyshot Suzuki New GSX R 150.
Kesan pertama, ini motor dengan campuran konsep membulat dan tajam, terlihat dari lekuk fairing dan sektor buritan yang lancip layaknya model motor light supersport yang kekinian. Jika dibandingkan dengan kakak nya yakni Suzuki FXR 150, desain sama ganteng nya brooo...
Kesan selanjutnya... lebih menggoda bro..
Terlihat semangat para engineering Suzuki untuk membuat rancang bangun light supersport high performance. Lihat sektor mesin yang serupa namun tak sama dengan All New Satria F 150Fi. Kabar burung mengatakan mesin GSX 150 ini lebih superior dibandingkan dengan mesin F150Fi sendiri, apalagi jika dikomparasi secara head to head dengan kompetitor dengan spek DOHC Nearsquare nya dan SOHC 6 Speed yang kabarnya lagi akan bertransformasi menjadi DOHC. Namun, entahlah.. ini hanya sebuah harapan saja tapi satu hal yang nampaknya dijanjikan yakni performa mesin yang diatas rata-rata
Ada apalagi sih???
Mungkin saja ada fitur baru yang tidak diterapkan oleh kompetitor. Saran saja lebih baik dipatenkan biar gak dijiplak kompetitor..
Apalagi hayoooo???
Riding style nya... ini cuman tebakan aja loh ya mudah mudahan bener...
Stang jepit model underyoke.. wew... ini nih yang ditawarkan. Tentu sensasi berkendara yang berbeda ditawarkan GSX R 150. Kapan lagi merasakan sensasi motor balap yang dipakai harian dalam keadaan standar lho.Bukan modif dan bukan pakai part aftermarket. yaa semoga saja.
Harapan saya sih pihak ATPM Suzuki benar benar serius menggarap segmen pasar light supersport ini. Tidak hanya serius dalam menggarap produk, tetapi juga apparel, accesories, bahkan racing part kit yang bolt on untuk produk Suzuki ini. Sehingga timbul rasa tertarik bagi calon konsumen baru bahkan kalau perlu bisa bikin layanan khusus untuk model GSX series ini sehingga terkesan eksklusif..
cuman bisa bilang, SABAAAARRR BROOOO,..!!! TUNGGU TANGGAL LAUNCHING NYA SAJA!!!
thanks... hatur nuhun
*foto diambil dari LASKAR SUZUKI
Yaps, maaf baru aktif lagi nulis setelah sekian lama libur dulu. maklum orang sibuk.. ngoahahaaa...
Eh, apa sih yang lagi ngehits sekarang???
apa ...
apa ...
apa ...
Yappps bener banget,. beredarnya video test ride dan spyshoot Suzuki New GSX R 150 di jalanan Bekasi. Beredar secara viral di internet dan banyak sekali blogger yang memberitakan tentang hal ini. Yaaa heboh lah.. secara gitu ATPM yang "katanya" fansboy mau bangkrut koq bisa bisa nya mau rilis motor segmen light supersport.
Ok ini opini pribadi saya setelah melihat gambar spyshot Suzuki New GSX R 150.
Kesan pertama, ini motor dengan campuran konsep membulat dan tajam, terlihat dari lekuk fairing dan sektor buritan yang lancip layaknya model motor light supersport yang kekinian. Jika dibandingkan dengan kakak nya yakni Suzuki FXR 150, desain sama ganteng nya brooo...
Kesan selanjutnya... lebih menggoda bro..
Terlihat semangat para engineering Suzuki untuk membuat rancang bangun light supersport high performance. Lihat sektor mesin yang serupa namun tak sama dengan All New Satria F 150Fi. Kabar burung mengatakan mesin GSX 150 ini lebih superior dibandingkan dengan mesin F150Fi sendiri, apalagi jika dikomparasi secara head to head dengan kompetitor dengan spek DOHC Nearsquare nya dan SOHC 6 Speed yang kabarnya lagi akan bertransformasi menjadi DOHC. Namun, entahlah.. ini hanya sebuah harapan saja tapi satu hal yang nampaknya dijanjikan yakni performa mesin yang diatas rata-rata
Ada apalagi sih???
Mungkin saja ada fitur baru yang tidak diterapkan oleh kompetitor. Saran saja lebih baik dipatenkan biar gak dijiplak kompetitor..
Apalagi hayoooo???
Riding style nya... ini cuman tebakan aja loh ya mudah mudahan bener...
Stang jepit model underyoke.. wew... ini nih yang ditawarkan. Tentu sensasi berkendara yang berbeda ditawarkan GSX R 150. Kapan lagi merasakan sensasi motor balap yang dipakai harian dalam keadaan standar lho.Bukan modif dan bukan pakai part aftermarket. yaa semoga saja.
Harapan saya sih pihak ATPM Suzuki benar benar serius menggarap segmen pasar light supersport ini. Tidak hanya serius dalam menggarap produk, tetapi juga apparel, accesories, bahkan racing part kit yang bolt on untuk produk Suzuki ini. Sehingga timbul rasa tertarik bagi calon konsumen baru bahkan kalau perlu bisa bikin layanan khusus untuk model GSX series ini sehingga terkesan eksklusif..
cuman bisa bilang, SABAAAARRR BROOOO,..!!! TUNGGU TANGGAL LAUNCHING NYA SAJA!!!
thanks... hatur nuhun
*foto diambil dari LASKAR SUZUKI
Sabtu, 13 Agustus 2016
Sejarah Honda Beat 110
haloooooo....punten ah baru nongol, sibuk.. hehehhe..abis main dari launching All New Honda beAt nih.. ada apa aja?? bahas sejarahnya dulu yukkk
Berbobot ringan, akselerasi bagus, disukai perempuan, inilah 3 kesan awal saat mendengar Honda beAt. Apa sih Honda beAt itu??
Juni 2008, AHM memperkenalkan Honda beAt yang di plot sebagai skuter matic entry level. Buat yang baru belajar riding, untuk ke sekolah, atau untuk perempuan yang aktif dan dinamis.Segmentasinya jelas, ingin menggerus pasar skuter matic yang saat itu dikuasai Yamaha Mio dan menjadikan Honda Vario 110 sebagai skuter matic middle level alias level menengah..
berikut ini spek nya ...
Spesifikasi Honda Beat
Dimensi(PXLXT): 1.859 x 676 x 1053 mm
Jarak Sumbu Roda : 1240 mm
Jarak terendah ke tanah : 156 mm
Berat kosong : 89,3 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC pendingin udara
Diameter x langkah : 50 x 55 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1
Daya Maksimum : 8,22 PS/8.000 rpm
Torsi Maksimum : 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Gigi Transmisi : Otomatis V-Matic
Kopling Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe kering
Pola Pengoperan Gigi : -
Starter : Pedal dan Elektrik
Aki : MF 12 V – 3 Ah
Busi : ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Pengapian : DC-CDI, Baterai
Di tahun 2011, Honda beAt mengalami facelift disektor body dan warna sementara spesifikasi mesin nya tetap sama dengan generasi sebelumnya...
Tahun 2013, diperkenalkan Honda All New Beat Fi. Dimana design body berubah total dan sektor mesin kini menjadi sistem injeksi bahan bakar atau PGM-FI. Honda beAt kini semakin mendominasi pasar skuter matic segmen entry level dan semakin digemari oleh remaja..
Tahun 2015, mengalami minor facelift dengan beberapa update fitur yaitu : ACG Starter supaya starter mesin bersuara halus tidak keras dan kasar, ESP atau enhanced smart power yang meminimalisir tenaga yang terbuang percuma, Idling Stop System yang memungkinkan mesin mati otomatis dalam 3 detik dan dihidupkan dengan hanya memutar grip gas perlahan pada saat jalanan macet, CBS atau Combi Brake System yakni rem depan dan belakang berfungsi bersamaan saat tuas rem belakang dioperasikan.
Selain itu, muncul Honda beAt pop.. versi stylish dari honda beAt.. karena honda beAt sendiri di plot menjadi skuter matic sporty..
spesifikasi honda beat fi & beat pop
Mesin: 108,2cc SOHC berpendingin udara, eSP
Diameter x Langkah: 50 x 55.1 mm
Volume Langkah: 108,2
Perbandingan Kompresi: 9.5 : 1
Daya Max: 6.38 kW (8.68 PS) / 7500 rpm
Torsi Max: 9.01 Nm (0.92 kgf.m) / 6500 rpm
Kopling: otomatis, Sentrifugal, Tipe kering
Starter: ACG Starter, Pedal & Electric
Busi: NGK MA9c-9n / Denso U27EPR-N9
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem Pengapian: Full Transistorized, Baterai.
Dimensi: PxLxT: 1.873x678x1.074mm (BeAT eSP) dan 1.867x678x1.074mm (BeAT POP eSP)
Wheelbase: 1.256mm
Ground Clearance: 140mm
Tinggi Jok: 740mm (BeAT eSP) dan 735 (BeAT POP eSP)
Berat Kosong: 94 kg (CW) dan 95 kg (CBS dan CBS-ISS)
Volume Tangki: 3,7 liter
Tipe Rangka: Tulang Punggung
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Monosok
Ban Depan: 80/90-14
Ban Belakang: 90/90-14
Sistem Pengereman: Standar (CW) dan Combi Brake System (CBS dan CBS-ISS)
Kapasitas Tanki: 3.7 liter
Pelumas: 0.7 liter pergantian periodik
Kelistrikan: Accu 12V-3Ah, Tipe MF (CW dan CBS), Accu 12V5Ah, Tipe MF (CBS-ISS)
Nahhh... tepat tanggal 13 agustus 2016 ini..keluar lagi Honda All New Beat FI dengan model yang lebih futuristis. Speedometer perpaduan analog dan digital seperti vario 125,dan dengan design velg baru..
untuk spesifikasi mesin.. masih sama dengan generasi 2015 alias tidak ada perubahan sama sekali, hanya ada tambahan indikator ECO riding pada speedometer.
Riding Impression...
dari segi kenyamanan, masih menawarkan gaya lama..khas beat yang ringan dan lincah. handling sangat enteng akselerasi cepat bahkan sedikit lebih baik dari generasi 2015 apalagi 2008.. sangat jauh. Ini nyaman, setidaknya tidak terlalu lelah saat digunakan riding jauh.Indikator ECO akan menyala secara bertahap, mati lalu menyala sedikit redup dan menyala semakin terang. Itu menandakan konsumsi bbm yang semakin irit bila nyala indikator ECO semakin terang. Tapi jika indikator tidak menyala misalnya dari tempat berangkat sampai ke tujuan, berarti gaya berkendara nya masih belum ekonomis alias masih sering bleyer bleyer yang bikin boros bbm. performa pengereman sama persis dengan vario 125 cbs iss tetapi terasa lebih baik karena bobot kendaraan yang jauh lebih ringan dari vario 125. untuk performa mesin, masih sama seperti generasi sebelumnya yang galak di putaran bawah tengah, cocok untuk komuter di perkotaan yang lebih membutuhkan akselerasi daripada top speed.
over all ... all new honda beat ini recomended buat entry level. skuter matic untuk pemula dengan fitur berlimpah. Hanya saja, untuk mesin sama sekali tidak ada perubahan dari generasi 2015 dan sedikit perubahan dari generasi 2013. Seandainya saja ada perubahan kubikasi dari 108 cc/8.68dk menjadi 115 cc/9.2 dk tentu menjadi nilai lebih, selain itu head lamp yang masih mengandalkan bohlam harusnya di update juga menjadi LED seperti Vario series tentu akan menjadi lebih berkelas.
harga bandung : 14.9 jt - 15.575 jt (all new honda beat),14.8 jt - 15.475 jt (honda beat 2016 old), 14.475 jt - 15.150 jt (beat pop)
sekarang, pilihan di tangan ente ... mau pilih yang mana?
sesuaikan dengan kebutuhan...
hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Berbobot ringan, akselerasi bagus, disukai perempuan, inilah 3 kesan awal saat mendengar Honda beAt. Apa sih Honda beAt itu??
Juni 2008, AHM memperkenalkan Honda beAt yang di plot sebagai skuter matic entry level. Buat yang baru belajar riding, untuk ke sekolah, atau untuk perempuan yang aktif dan dinamis.Segmentasinya jelas, ingin menggerus pasar skuter matic yang saat itu dikuasai Yamaha Mio dan menjadikan Honda Vario 110 sebagai skuter matic middle level alias level menengah..
berikut ini spek nya ...
Spesifikasi Honda Beat
Dimensi(PXLXT): 1.859 x 676 x 1053 mm
Jarak Sumbu Roda : 1240 mm
Jarak terendah ke tanah : 156 mm
Berat kosong : 89,3 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC pendingin udara
Diameter x langkah : 50 x 55 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1
Daya Maksimum : 8,22 PS/8.000 rpm
Torsi Maksimum : 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Gigi Transmisi : Otomatis V-Matic
Kopling Otomatis: otomatis, sentrifugal, tipe kering
Pola Pengoperan Gigi : -
Starter : Pedal dan Elektrik
Aki : MF 12 V – 3 Ah
Busi : ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Pengapian : DC-CDI, Baterai
Di tahun 2011, Honda beAt mengalami facelift disektor body dan warna sementara spesifikasi mesin nya tetap sama dengan generasi sebelumnya...
Tahun 2013, diperkenalkan Honda All New Beat Fi. Dimana design body berubah total dan sektor mesin kini menjadi sistem injeksi bahan bakar atau PGM-FI. Honda beAt kini semakin mendominasi pasar skuter matic segmen entry level dan semakin digemari oleh remaja..
Tahun 2015, mengalami minor facelift dengan beberapa update fitur yaitu : ACG Starter supaya starter mesin bersuara halus tidak keras dan kasar, ESP atau enhanced smart power yang meminimalisir tenaga yang terbuang percuma, Idling Stop System yang memungkinkan mesin mati otomatis dalam 3 detik dan dihidupkan dengan hanya memutar grip gas perlahan pada saat jalanan macet, CBS atau Combi Brake System yakni rem depan dan belakang berfungsi bersamaan saat tuas rem belakang dioperasikan.
Selain itu, muncul Honda beAt pop.. versi stylish dari honda beAt.. karena honda beAt sendiri di plot menjadi skuter matic sporty..
spesifikasi honda beat fi & beat pop
Mesin: 108,2cc SOHC berpendingin udara, eSP
Diameter x Langkah: 50 x 55.1 mm
Volume Langkah: 108,2
Perbandingan Kompresi: 9.5 : 1
Daya Max: 6.38 kW (8.68 PS) / 7500 rpm
Torsi Max: 9.01 Nm (0.92 kgf.m) / 6500 rpm
Kopling: otomatis, Sentrifugal, Tipe kering
Starter: ACG Starter, Pedal & Electric
Busi: NGK MA9c-9n / Denso U27EPR-N9
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem Pengapian: Full Transistorized, Baterai.
Dimensi: PxLxT: 1.873x678x1.074mm (BeAT eSP) dan 1.867x678x1.074mm (BeAT POP eSP)
Wheelbase: 1.256mm
Ground Clearance: 140mm
Tinggi Jok: 740mm (BeAT eSP) dan 735 (BeAT POP eSP)
Berat Kosong: 94 kg (CW) dan 95 kg (CBS dan CBS-ISS)
Volume Tangki: 3,7 liter
Tipe Rangka: Tulang Punggung
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Monosok
Ban Depan: 80/90-14
Ban Belakang: 90/90-14
Sistem Pengereman: Standar (CW) dan Combi Brake System (CBS dan CBS-ISS)
Kapasitas Tanki: 3.7 liter
Pelumas: 0.7 liter pergantian periodik
Kelistrikan: Accu 12V-3Ah, Tipe MF (CW dan CBS), Accu 12V5Ah, Tipe MF (CBS-ISS)
Nahhh... tepat tanggal 13 agustus 2016 ini..keluar lagi Honda All New Beat FI dengan model yang lebih futuristis. Speedometer perpaduan analog dan digital seperti vario 125,dan dengan design velg baru..
untuk spesifikasi mesin.. masih sama dengan generasi 2015 alias tidak ada perubahan sama sekali, hanya ada tambahan indikator ECO riding pada speedometer.
Riding Impression...
dari segi kenyamanan, masih menawarkan gaya lama..khas beat yang ringan dan lincah. handling sangat enteng akselerasi cepat bahkan sedikit lebih baik dari generasi 2015 apalagi 2008.. sangat jauh. Ini nyaman, setidaknya tidak terlalu lelah saat digunakan riding jauh.Indikator ECO akan menyala secara bertahap, mati lalu menyala sedikit redup dan menyala semakin terang. Itu menandakan konsumsi bbm yang semakin irit bila nyala indikator ECO semakin terang. Tapi jika indikator tidak menyala misalnya dari tempat berangkat sampai ke tujuan, berarti gaya berkendara nya masih belum ekonomis alias masih sering bleyer bleyer yang bikin boros bbm. performa pengereman sama persis dengan vario 125 cbs iss tetapi terasa lebih baik karena bobot kendaraan yang jauh lebih ringan dari vario 125. untuk performa mesin, masih sama seperti generasi sebelumnya yang galak di putaran bawah tengah, cocok untuk komuter di perkotaan yang lebih membutuhkan akselerasi daripada top speed.
over all ... all new honda beat ini recomended buat entry level. skuter matic untuk pemula dengan fitur berlimpah. Hanya saja, untuk mesin sama sekali tidak ada perubahan dari generasi 2015 dan sedikit perubahan dari generasi 2013. Seandainya saja ada perubahan kubikasi dari 108 cc/8.68dk menjadi 115 cc/9.2 dk tentu menjadi nilai lebih, selain itu head lamp yang masih mengandalkan bohlam harusnya di update juga menjadi LED seperti Vario series tentu akan menjadi lebih berkelas.
harga bandung : 14.9 jt - 15.575 jt (all new honda beat),14.8 jt - 15.475 jt (honda beat 2016 old), 14.475 jt - 15.150 jt (beat pop)
sekarang, pilihan di tangan ente ... mau pilih yang mana?
sesuaikan dengan kebutuhan...
hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Minggu, 10 Juli 2016
Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200, Anti Mainstream...
Masih dalam suasana lebaran,. Taqobalallahu Minna Waminkum, Mohon maaf lahir batin untuk semua pembaca, maklum da aku mah suka hereuy broh.. hehehe. Di tengah kebingungan yang luar biasa saya coba mencari ide untuk nulis artikel,... eh tiba tiba seorang kawan dari planet bekasi Bro Vega ngasih kabar kalo doi lagi iseng iseng test ride Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200, dan Rute nya pun lumayan jauh.. Bekasi - Parung Kuda Sukabumi... wehehehee... yaudah yuk geber aja tulisan nya...
Sejak dirilis tahun 2013 lalu, motor ini menjadi alternatif bagi orang yang mau tampil beda. Motor dengan tampilan perkasa sudah menjadi suatu ciri khas yang melekat pada Kawasaki Bajaj Pulsar NS200 ini. Lho kok Kawasaki gabung Bajaj?? ini info nya ...
Sejak berafiliasi dengan Kawasaki, pabrikan motor asal negeri bollywood India, Bajaj mulai menghasilkan produk terbaru dan penyempurnaan dari Bajaj Pulsar yang menjadi ikon motor anti mainstream di Indonesia. Dengan berafiliasi bersama Kawasaki, produk ini berganti nama menjadi Kawasaki Bajaj Pulsar. Motor dengan segmen sport bike ini, menjadi lebih difavoritkan dan disukai masyarakat setelah Kawasaki ikut terlibat dalam teknologi dan proses produksi motor ini.
Sebagai hasil kolaborasi dari 2 perusahaan otomotif ternama, Kawasaki Bajaj Pulsar NS200 hadir dengan teknologi baru yang lebih unggul dari Bajaj Pulsar versi pertama. Sebut saja, mulai dari peningkatan kapasitas mesin menjadi 200cc ditambah dengan penyempurnaan pembakaran yang ditopang oleh sistem 3 busi menjadikan motor ini mampu melaju dengan responsif serta irit bahan bakar.
adapun yang menjadi keunggulan dari Kawasaki Pulsar NS 200 ini antara lain :
1.Performa - Ini keunggulan utamanya, Kawasaki Bajaj Pulsar sanggup menghasilkan tenaga hingga 23,52 dk / 9500 rpm serta torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm. Ini lebih besar dari Honda Tiger yang bermain di kisaran 17dk dan Yamaha Scorpio 225 yang memiliki tenaga 18dk
2.Rangka - rangka Perimeter Frame dengna Pressed Steel membuat Kawasaki Bajaj Pulsar melesat dengan stabil di segala medan.
3.Suspensi - menggunakan suspensi model teleskopik Antifriction Bush pada bagian depan, dan Nitrox Mono Shock Absorber untuk suspensi belakang. Kombinasi kedua suspensi tersebut membuat handling Pulsar NS200 stabil dan nyaman walau melewati jalan yang bergelombang dan rusak.
4 Teknologi Mesin - hadir dengan kapasitas mesin 200cc (199,5cc). Setara dengan Honda Tiger, namun Kawasaki Pulsar sudah menganut mesin SOHC 4valves dengan cairan radiator. Dengan teknologi 3 busi membuat pembakaran menjadi sempurna dan irit. Klaim pabrikan , 1 liter : 58 km. Sangat irit untuk ukuran mesin 200cc SOHC 4V LC
5. Rem - Penggunaan kaliper 280 mm dan 230 mm pada cakram kaliper depan dan belakang menjadikan performa pengereman yang sangat baik.
6. Ban - Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS juga hadir dengan tapak ban yang cukup lebar untuk belakang serta memakai ban tubeless.
motor yg dipake test ride ...
Berikut ini testimoni dari masbro Vega ...
spesifikasi nya monggo di intip dulu ...
btw thanks bro Vega sudah mau berbagi informasi, bisa dijadikan alternatif pilihan bagi yang suka performa dengan harga motor yg cenderung ramah di kantong.. hehheehe. ok semoga bermanfaat buat baraya semua.. hatur nuhun
*dirangkum dari berbagai sumber
Sejak dirilis tahun 2013 lalu, motor ini menjadi alternatif bagi orang yang mau tampil beda. Motor dengan tampilan perkasa sudah menjadi suatu ciri khas yang melekat pada Kawasaki Bajaj Pulsar NS200 ini. Lho kok Kawasaki gabung Bajaj?? ini info nya ...
Sejak berafiliasi dengan Kawasaki, pabrikan motor asal negeri bollywood India, Bajaj mulai menghasilkan produk terbaru dan penyempurnaan dari Bajaj Pulsar yang menjadi ikon motor anti mainstream di Indonesia. Dengan berafiliasi bersama Kawasaki, produk ini berganti nama menjadi Kawasaki Bajaj Pulsar. Motor dengan segmen sport bike ini, menjadi lebih difavoritkan dan disukai masyarakat setelah Kawasaki ikut terlibat dalam teknologi dan proses produksi motor ini.
Sebagai hasil kolaborasi dari 2 perusahaan otomotif ternama, Kawasaki Bajaj Pulsar NS200 hadir dengan teknologi baru yang lebih unggul dari Bajaj Pulsar versi pertama. Sebut saja, mulai dari peningkatan kapasitas mesin menjadi 200cc ditambah dengan penyempurnaan pembakaran yang ditopang oleh sistem 3 busi menjadikan motor ini mampu melaju dengan responsif serta irit bahan bakar.
adapun yang menjadi keunggulan dari Kawasaki Pulsar NS 200 ini antara lain :
1.Performa - Ini keunggulan utamanya, Kawasaki Bajaj Pulsar sanggup menghasilkan tenaga hingga 23,52 dk / 9500 rpm serta torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm. Ini lebih besar dari Honda Tiger yang bermain di kisaran 17dk dan Yamaha Scorpio 225 yang memiliki tenaga 18dk
2.Rangka - rangka Perimeter Frame dengna Pressed Steel membuat Kawasaki Bajaj Pulsar melesat dengan stabil di segala medan.
3.Suspensi - menggunakan suspensi model teleskopik Antifriction Bush pada bagian depan, dan Nitrox Mono Shock Absorber untuk suspensi belakang. Kombinasi kedua suspensi tersebut membuat handling Pulsar NS200 stabil dan nyaman walau melewati jalan yang bergelombang dan rusak.
4 Teknologi Mesin - hadir dengan kapasitas mesin 200cc (199,5cc). Setara dengan Honda Tiger, namun Kawasaki Pulsar sudah menganut mesin SOHC 4valves dengan cairan radiator. Dengan teknologi 3 busi membuat pembakaran menjadi sempurna dan irit. Klaim pabrikan , 1 liter : 58 km. Sangat irit untuk ukuran mesin 200cc SOHC 4V LC
5. Rem - Penggunaan kaliper 280 mm dan 230 mm pada cakram kaliper depan dan belakang menjadikan performa pengereman yang sangat baik.
6. Ban - Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS juga hadir dengan tapak ban yang cukup lebar untuk belakang serta memakai ban tubeless.
motor yg dipake test ride ...
Berikut ini testimoni dari masbro Vega ...
spesifikasi nya monggo di intip dulu ...
btw thanks bro Vega sudah mau berbagi informasi, bisa dijadikan alternatif pilihan bagi yang suka performa dengan harga motor yg cenderung ramah di kantong.. hehheehe. ok semoga bermanfaat buat baraya semua.. hatur nuhun
*dirangkum dari berbagai sumber
Rabu, 29 Juni 2016
Bajaj Pulsar 180, Si Perkasa dari India
Halooo,..
Setelah kita bahas motor sport entry level buat turing, kayaknya masih ada yang galau aja. Galau kenapa?? yaa mungkin aja apa yang saya advice kan belum sreg di hati. Bisa berbagai faktor, diantara nya mungkin performa mesin yang dirasa kurang mumpuni atau ingin yang dari OEM nya sudah kencang, atau bisa jadi ingin beli yang langsung high performance tinggal pakai tanpa oprek dan hal lain sebagai nya..
Masih bertema motor sport, khusus hari ini saya ingin bahas BAJAJ..iya BAJAJ tapi bukan yang beroda 3. Melainkan Bajaj Pulsar 180. Sekaligus, tulisan ini saya bikin sebagai bentuk respek kepada seorang brother saya yang sangat konsisten dengan Bajaj sejak awal kemunculannya. Ya, This special for U bro, Khaerullah Bin Yusuf.. Happy birthday, wish u all the best and keep enjoy for read my article.
Ok bro, langsung ajah gass bahas Bajaj Pulsar.
Bajaj Pulsar 180 pertama kali diperkenalkan tahun 2007 di Indonesia. Mengusung teknologi baru dalam hal pengapian, yakni teknologi 2 busi yang dikenal dengan nama DTS-i (Digital Twin Spark - Ignition) yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna, rendah emisi, lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar tentunya.
Dapat dikatakan berani berinovasi!!! mengapa?
lihat dari segi design, disaat pabrikan jepang masih konsisten dengan design headlamp yang membulat. Bajaj mengeluarkan model dengan headlamp yang memiliki batok, yang sepintas mirip serigala. Teknologi DTS-i, knalpot dengan teknologi TEC sehingga lebih ramah lingkungan, digital CDI, lampu belakang LED.. dapat dikatakan, Bajaj lebih maju beberapa langkah dibanding pabrikan jepang. Harga baru yang ditawarkan juga kompetitif, bahkan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan motor sport sejenis dari pabrikan jepang.Benar benar menggiurkan.. Luar biasa...
berikut ini spesifikasi nya :
Mesin Jenis DTS-i Empat Langkah, Berpendingin udara, 1 silinder SOHC
Bore 63,50 mm
Stroke 56,40 mm
Kapasitas Mesin 178,60 cc
Rasio Kompresi 9,5 + 0,5 : 1
Kecepatan Stasioner 1400 + 100 rpm
Tenaga Bersih Maksimum 12,52 KW (17,02 Ps) @ 8500 rpm
Torsi Bersih Maksimum 14,22 Nm / 1,45 Kgm @ 6500 rpm
Sistem Pengapian Microprocessor Controlled Digital CDI
Waktu Pengapian 10° BTDC pada 1400 rpm, 25° BTDC pada 3000 rpm
Karburator UCAI-MIKUNI BS29, Side Drought, CV Type
Busi 2 Buah Champion RG4HC (Resistive)
Celah Busi 0,6 - 0,8 mm
Pelumasan Pelumasan Basah,
Starting Starter Elektrik
Kopling Basah, Jenis Multidisc
Transmisi 5 Tingkat Kecepatan dengan Constant Mesh
Primary Reduction 3,47 : 1 (66/19)
Rasio Gigi Gigi 1 26,93 : 1 (36/13)
Gigi 2 18,31 : 1 (32/17)
Gigi 3 13,43 : 1 (29/21)
Gigi 4 10,54 : 1 (26/24)
Gigi 5 8,98 : 1 (24/26)
Final Drive Ratio 2,78 : 1 (39/14)
Chasis Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Garpu Depan Teleskopik dengan Bush Anti Gesek (Stroke 130 mm)
Belakang Trailing Arm dengan Coaxial Hydraulic Cum, Peredam kejut berisi gas yang dapat disesuaikan dan per kumparan triple rate
Rem Depan Jenis Cakram yang dioperasikan secara Hidrolis
Belakang Jenis Tromol dan Kanval yang diperluas secara mekanis
Ban Depan 90 x 90 x 17 , 49 P (Tubeless)
Belakang 120 / 80 x 17 , 61 P (Tubeless)
Tekanan Ban Depan 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Sendiri 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Berboncengan 2,15 kg/cm² (30,5 Psi)
Pelek (Roda Alloy) Depan 1,85 x 17
Belakang 2,50 x 17
Kapasitas Penuh Tangki Penuh 15 liter
Bahan Bakar Cadangan 3,2 liter
Cadangan yang dapat digunakan 2,0 liter
Kelistrikan Sistem 12 V (DC)
Battery Tipe 12 V 9 Ah MF
Lampu Utama 35/35 W-HS1
Indikator Lampu Utama 5W - 2 Buah
Lampu Belakang/Stop LED / LED
Lampu Sen 10W (2 Buah)
Indikator Lampu Sen LED
Lampu Indikator Standar Samping LED
Indikator Lampu Jauh LED
Lampu Indikator Gigi Netral LED
Lampu Speedometer Layar LCD
Lampu Plat Nomot Belakang 5W
Klakson 12 V DC
Dimensi Panjang 2035 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1165 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm
Radius Putaran Belok 2500 mm (Minimum)
Jarak Terendah dengan Tanah 165 mm (Minimum)
Performa Kemampuan Mendaki 28% (Maksimum 160)
perbandingan dengan motor sport lain yang sejenis
Dari segi model dan spesifikasi, ternyata cukup menggiurkan bagi orang orang yang suka performa. Spesifikasi dan daya tahan mesin tidak main main.Untuk riding impression nya sendiri, handling bagus, stabil dan nyaris tanpa goyang. AKselerasi cukup baik meski bisa dikatakan lebih lemot sedikit dari honda tiger. untuk top speed juga lumayan bisa tembus 130 kmh. Karakter nya bengis diputaran tengah atas. Sangat mumpuni untuk touring jarak jauh karena segitiga berkendara begitu nyaman.
Saat ini, memang ATPM Bajaj tak lagi ada di Indonesia karena kebijakan marketing perusahaan. Untuk soal spareparts tak perlu khawatir, masih bisa dibeli di dealer Kawasaki atau di bengkel specialist Bajaj. Bisa juga diperoleh melalui komunitas atau klub Bajaj. Harga seken nya cukup murah, antara 5-10 jt rupiah tergantung kondisi dan tahun perakitan. Testimoni pribadi saya sih, motor ini cukup menarik karena design yang anti mainstream dan kaya akan fitur serta performa yang mantap.. joss pokok nya buat orang orang yang berkarakter berani beda.
ok, hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Setelah kita bahas motor sport entry level buat turing, kayaknya masih ada yang galau aja. Galau kenapa?? yaa mungkin aja apa yang saya advice kan belum sreg di hati. Bisa berbagai faktor, diantara nya mungkin performa mesin yang dirasa kurang mumpuni atau ingin yang dari OEM nya sudah kencang, atau bisa jadi ingin beli yang langsung high performance tinggal pakai tanpa oprek dan hal lain sebagai nya..
Masih bertema motor sport, khusus hari ini saya ingin bahas BAJAJ..iya BAJAJ tapi bukan yang beroda 3. Melainkan Bajaj Pulsar 180. Sekaligus, tulisan ini saya bikin sebagai bentuk respek kepada seorang brother saya yang sangat konsisten dengan Bajaj sejak awal kemunculannya. Ya, This special for U bro, Khaerullah Bin Yusuf.. Happy birthday, wish u all the best and keep enjoy for read my article.
Ok bro, langsung ajah gass bahas Bajaj Pulsar.
Bajaj Pulsar 180 pertama kali diperkenalkan tahun 2007 di Indonesia. Mengusung teknologi baru dalam hal pengapian, yakni teknologi 2 busi yang dikenal dengan nama DTS-i (Digital Twin Spark - Ignition) yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna, rendah emisi, lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar tentunya.
Dapat dikatakan berani berinovasi!!! mengapa?
lihat dari segi design, disaat pabrikan jepang masih konsisten dengan design headlamp yang membulat. Bajaj mengeluarkan model dengan headlamp yang memiliki batok, yang sepintas mirip serigala. Teknologi DTS-i, knalpot dengan teknologi TEC sehingga lebih ramah lingkungan, digital CDI, lampu belakang LED.. dapat dikatakan, Bajaj lebih maju beberapa langkah dibanding pabrikan jepang. Harga baru yang ditawarkan juga kompetitif, bahkan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan motor sport sejenis dari pabrikan jepang.Benar benar menggiurkan.. Luar biasa...
berikut ini spesifikasi nya :
Mesin Jenis DTS-i Empat Langkah, Berpendingin udara, 1 silinder SOHC
Bore 63,50 mm
Stroke 56,40 mm
Kapasitas Mesin 178,60 cc
Rasio Kompresi 9,5 + 0,5 : 1
Kecepatan Stasioner 1400 + 100 rpm
Tenaga Bersih Maksimum 12,52 KW (17,02 Ps) @ 8500 rpm
Torsi Bersih Maksimum 14,22 Nm / 1,45 Kgm @ 6500 rpm
Sistem Pengapian Microprocessor Controlled Digital CDI
Waktu Pengapian 10° BTDC pada 1400 rpm, 25° BTDC pada 3000 rpm
Karburator UCAI-MIKUNI BS29, Side Drought, CV Type
Busi 2 Buah Champion RG4HC (Resistive)
Celah Busi 0,6 - 0,8 mm
Pelumasan Pelumasan Basah,
Starting Starter Elektrik
Kopling Basah, Jenis Multidisc
Transmisi 5 Tingkat Kecepatan dengan Constant Mesh
Primary Reduction 3,47 : 1 (66/19)
Rasio Gigi Gigi 1 26,93 : 1 (36/13)
Gigi 2 18,31 : 1 (32/17)
Gigi 3 13,43 : 1 (29/21)
Gigi 4 10,54 : 1 (26/24)
Gigi 5 8,98 : 1 (24/26)
Final Drive Ratio 2,78 : 1 (39/14)
Chasis Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Garpu Depan Teleskopik dengan Bush Anti Gesek (Stroke 130 mm)
Belakang Trailing Arm dengan Coaxial Hydraulic Cum, Peredam kejut berisi gas yang dapat disesuaikan dan per kumparan triple rate
Rem Depan Jenis Cakram yang dioperasikan secara Hidrolis
Belakang Jenis Tromol dan Kanval yang diperluas secara mekanis
Ban Depan 90 x 90 x 17 , 49 P (Tubeless)
Belakang 120 / 80 x 17 , 61 P (Tubeless)
Tekanan Ban Depan 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Sendiri 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Berboncengan 2,15 kg/cm² (30,5 Psi)
Pelek (Roda Alloy) Depan 1,85 x 17
Belakang 2,50 x 17
Kapasitas Penuh Tangki Penuh 15 liter
Bahan Bakar Cadangan 3,2 liter
Cadangan yang dapat digunakan 2,0 liter
Kelistrikan Sistem 12 V (DC)
Battery Tipe 12 V 9 Ah MF
Lampu Utama 35/35 W-HS1
Indikator Lampu Utama 5W - 2 Buah
Lampu Belakang/Stop LED / LED
Lampu Sen 10W (2 Buah)
Indikator Lampu Sen LED
Lampu Indikator Standar Samping LED
Indikator Lampu Jauh LED
Lampu Indikator Gigi Netral LED
Lampu Speedometer Layar LCD
Lampu Plat Nomot Belakang 5W
Klakson 12 V DC
Dimensi Panjang 2035 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1165 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm
Radius Putaran Belok 2500 mm (Minimum)
Jarak Terendah dengan Tanah 165 mm (Minimum)
Performa Kemampuan Mendaki 28% (Maksimum 160)
perbandingan dengan motor sport lain yang sejenis
Dari segi model dan spesifikasi, ternyata cukup menggiurkan bagi orang orang yang suka performa. Spesifikasi dan daya tahan mesin tidak main main.Untuk riding impression nya sendiri, handling bagus, stabil dan nyaris tanpa goyang. AKselerasi cukup baik meski bisa dikatakan lebih lemot sedikit dari honda tiger. untuk top speed juga lumayan bisa tembus 130 kmh. Karakter nya bengis diputaran tengah atas. Sangat mumpuni untuk touring jarak jauh karena segitiga berkendara begitu nyaman.
Saat ini, memang ATPM Bajaj tak lagi ada di Indonesia karena kebijakan marketing perusahaan. Untuk soal spareparts tak perlu khawatir, masih bisa dibeli di dealer Kawasaki atau di bengkel specialist Bajaj. Bisa juga diperoleh melalui komunitas atau klub Bajaj. Harga seken nya cukup murah, antara 5-10 jt rupiah tergantung kondisi dan tahun perakitan. Testimoni pribadi saya sih, motor ini cukup menarik karena design yang anti mainstream dan kaya akan fitur serta performa yang mantap.. joss pokok nya buat orang orang yang berkarakter berani beda.
ok, hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Senin, 27 Juni 2016
Pilihan Motor Sport Untuk Peturing Entry Level Part 2
Halloooo brayyy,.. masih shaum kah? hahaha
kita lanjut yang kemaren nyook .... hihihi.. Jika kemaren kita bahas Suzuki Thunder dan Bajaj XCD 125, maka hari ini akan kita bahas beberapa motor sport entry level yang cucooo dipake buat turing atau mejeng.. so, langsung geber aja yook...
3. Bajaj Pulsar 135 LS (Light Sport)
taun 2010'an, Bajaj Auto Indonesia merilis Bajaj Pulsar 135 LS. Dilengkapi teknologi DTSi seperti hal nya Bajaj Pulsar 180, 200, dan 220F yang efisien karena penggunaan 2 busi sehingga pembakaran lebih sempurna hingga konsumsi bbm pun menjadi irit. Banyak pengguna XCD 125 yang beralih ke pulsar 135 LS, ya mungkin karena power yang jauh lebih besar dan design yang leih macho. 13.5 dk kondisi std cukup enak untuk touring jarak dekat dan menengah..
dengan harga seken kisaran 5-7 juta, menurut saya cukup recomended untuk dipilih jadi motor touring.. tinggal tambah side box sama tuning mesin dikit.. ngacir nih motor. hehhe
4. Honda Verza
Pertama kali diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2012-2013 an. Menggunakan mesin yang hampir mirip dengan New Mega Pro Fi, 150 cc SOHC Fi dengan power 13.5dk. Adalah merupakan versi ekonomis dari New Mega Pro. Harga baru nya sekitar 18 Jt an bro, sedang harga second hand sekitar 9.5-13 jt an. Berkarakter kuat di putaran bawah-tengah, namun jangan harap dapet top speed lebih dari 100kmh karena motor ini dirancang untuk keperluan komuter dalam kota. Tapi bukan berarti gak bisa diajak ke luar kota. Menurut saya, verza cukup tangguh untuk touring luar kota walau gak bisa diajak lari kencang.
cukup keren, jika ingin dimodifikasi tampilannya ala honda tiger
Mungkin, segini dulu dari saya. karena bahasannya entry level ya saya batasi. jadi kita gak bahas Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Yamaha MT25, Honda Tiger, Bajaj Pulsar 180, 200, 220, Yamaha Scorpio 225, Suzuki Thunder 250, Suzuki Inazuma 250 karena motor yang disebut bukan lagi kategori entry level. Ini dikhususkan bagi yang suka motor sport, suka turing, namun memiliki dana minim.
Ok,. Hatur nuhun
*artikel part 1 dan part 2 diolah dari berbagai sumber
kita lanjut yang kemaren nyook .... hihihi.. Jika kemaren kita bahas Suzuki Thunder dan Bajaj XCD 125, maka hari ini akan kita bahas beberapa motor sport entry level yang cucooo dipake buat turing atau mejeng.. so, langsung geber aja yook...
3. Bajaj Pulsar 135 LS (Light Sport)
taun 2010'an, Bajaj Auto Indonesia merilis Bajaj Pulsar 135 LS. Dilengkapi teknologi DTSi seperti hal nya Bajaj Pulsar 180, 200, dan 220F yang efisien karena penggunaan 2 busi sehingga pembakaran lebih sempurna hingga konsumsi bbm pun menjadi irit. Banyak pengguna XCD 125 yang beralih ke pulsar 135 LS, ya mungkin karena power yang jauh lebih besar dan design yang leih macho. 13.5 dk kondisi std cukup enak untuk touring jarak dekat dan menengah..
dengan harga seken kisaran 5-7 juta, menurut saya cukup recomended untuk dipilih jadi motor touring.. tinggal tambah side box sama tuning mesin dikit.. ngacir nih motor. hehhe
4. Honda Verza
Pertama kali diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2012-2013 an. Menggunakan mesin yang hampir mirip dengan New Mega Pro Fi, 150 cc SOHC Fi dengan power 13.5dk. Adalah merupakan versi ekonomis dari New Mega Pro. Harga baru nya sekitar 18 Jt an bro, sedang harga second hand sekitar 9.5-13 jt an. Berkarakter kuat di putaran bawah-tengah, namun jangan harap dapet top speed lebih dari 100kmh karena motor ini dirancang untuk keperluan komuter dalam kota. Tapi bukan berarti gak bisa diajak ke luar kota. Menurut saya, verza cukup tangguh untuk touring luar kota walau gak bisa diajak lari kencang.
cukup keren, jika ingin dimodifikasi tampilannya ala honda tiger
Mungkin, segini dulu dari saya. karena bahasannya entry level ya saya batasi. jadi kita gak bahas Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Yamaha MT25, Honda Tiger, Bajaj Pulsar 180, 200, 220, Yamaha Scorpio 225, Suzuki Thunder 250, Suzuki Inazuma 250 karena motor yang disebut bukan lagi kategori entry level. Ini dikhususkan bagi yang suka motor sport, suka turing, namun memiliki dana minim.
Ok,. Hatur nuhun
*artikel part 1 dan part 2 diolah dari berbagai sumber
Minggu, 26 Juni 2016
Pilihan Motor Sport Untuk Peturing Entry Level Part 1
Halooo... masihkah ente shaum hari ini?? alhamdulillah ... harus bertahan ya, wkwkwkwkk biar afdol.
Di awal ramadhan kemarin, saya melakukan solo touring rute Rancaekek-Tambun-Tanah abang- Tambun dan kembali ke Rancaekek menggunakan rute Tambun-Kalimalang-Durensawit-Cililitan-Cimanggis-Cibinong-Bogor- Puncak-Cianjur-KBB- Cimahi- Bandung - Rancaekek.. Ya biasalah, karena suatu urusan pekerjaan yang menunutut musti solo touring. hehehhee...
Terpikir saat jalan pulang karena lihat sekelompok bikers jalan beriringan dengan menggunakan motor sport di wilayah cisarua puncak, kayaknya nikmat banget tuh ya riding jauh pake motor batangan. Gak kayak saya, jalan jauh cuman modal bebek bore up dgn power gak lebih dari 14 dk, wkwkwkkwkwkkwkwk....
Ok, pengin juga nih bahas motor sport yang enak buat dipake jalan jauh, modifable, dan modis buat diajak nongkrong. Kalo dibahas secara per produk mungkin sudah ya di tulisan saya yang lalu. Pernah kita bahas diantaranya Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Gak ada salahnya kita bahas lagi namun dari sudut pandang lain, yaitu dari sudut pandang pemula/newbie yang ingin motor sport yang oke buat dimodif atau diajak turing.... siiip,.. geber brooooo
1.Suzuki Thunder 125 (EN125) ....
Saya gak akan bahas Suzuki Thunder 250 (GS250X) karena bukan buat peturing newbie.
Suzuki Thunder 125, adalah pilihan yang sangat pas untuk peturing newbie. Kombinasi mesin tangguh didukung juga oleh model neo classic styling membuat Suzuki Thunder 125 digemari oleh para entry level yang naik kelas dari bebek 110 cc ke motor sport touring.
Meski begitu, bukan nya Thunder 125 ini tidak memiliki kekurangan. Kubikasi mesin yang hanya 125 cc (bore x stroke 57.0 mm x 48.8 mm)dengan power maksimum 11dk dirasa sangat kurang mumpuni untuk turing jarak jauh. Karakter mesin yang gak bisa disentak atau di gas spontan membuatnya sering disebut lemot, walaupun putaran tengah-atas nya cukup nendang. Solusi nya ya bore up, walau begitu mesin thunder ini modifable lho..mau dibikin 150cc seperti FU150 pun bisa.. apalagi lebih dengan melakukan stroke up dan custom noken as. Biaya untuk bangun Thunder 125 jadi motor touring harian bertenaga cukup ramah di kantong, dengan estimasi sebagai berikut :
1. Beli motor Thunder 125 seken keluaran 2006-2009 : 3.5-5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5- 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki :2 - 2.5 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi :700 rb - 1 jt rupiah..
total maksimum budget : 10.5 jt rupiah
total minimum budget : 7.7 jt rupiah
perhitungan di atas ini hanya ilustrasi saja, karena setiap orang punya selera berbeda. utamanya saat memodifikasi mesin biaya nya relatif. bisa lebih besar atau lebih kecil dari ilustrasi.
2. Bajaj XCD 125
Di Tahun 2008, Bajaj merilis XCD 125. Sepeda motor yang diperuntukkan bagi pemula. Dengan kubikasi murni 125 cc, rem double drum brake (versi std) dan speedometer full digital yang menjadi nilai plus bagi motor ini. Top speednya hanya 90kmh dengan power 8.4 dk jadi benar-benar untuk pemula. Kelebihannya motor ini adalah sangat irit bbm seperti honda grand. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bukan berarti motor ini tidak layak dilirik untuk jadi bahan modifikasi turing. Justru ini pilihan pas buat yang pengin motor sport dengan harga sangat murah. Berikut estimasi biayanya :
1. Beli bajaj xcd 125 2008 : 3-4.5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5 - 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki : 1.5-2 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi : 700rb-1 jt rupiah
total maksimum budget : 9.5 jt rupiah
total minimum budget : 6.7 jt rupiah
Last,... ntar disambung ke Part 2 yah. masih banyak motor entry level yang bisa jadi pilihan buat turing
Di awal ramadhan kemarin, saya melakukan solo touring rute Rancaekek-Tambun-Tanah abang- Tambun dan kembali ke Rancaekek menggunakan rute Tambun-Kalimalang-Durensawit-Cililitan-Cimanggis-Cibinong-Bogor- Puncak-Cianjur-KBB- Cimahi- Bandung - Rancaekek.. Ya biasalah, karena suatu urusan pekerjaan yang menunutut musti solo touring. hehehhee...
Terpikir saat jalan pulang karena lihat sekelompok bikers jalan beriringan dengan menggunakan motor sport di wilayah cisarua puncak, kayaknya nikmat banget tuh ya riding jauh pake motor batangan. Gak kayak saya, jalan jauh cuman modal bebek bore up dgn power gak lebih dari 14 dk, wkwkwkkwkwkkwkwk....
Ok, pengin juga nih bahas motor sport yang enak buat dipake jalan jauh, modifable, dan modis buat diajak nongkrong. Kalo dibahas secara per produk mungkin sudah ya di tulisan saya yang lalu. Pernah kita bahas diantaranya Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Gak ada salahnya kita bahas lagi namun dari sudut pandang lain, yaitu dari sudut pandang pemula/newbie yang ingin motor sport yang oke buat dimodif atau diajak turing.... siiip,.. geber brooooo
1.Suzuki Thunder 125 (EN125) ....
Saya gak akan bahas Suzuki Thunder 250 (GS250X) karena bukan buat peturing newbie.
Suzuki Thunder 125, adalah pilihan yang sangat pas untuk peturing newbie. Kombinasi mesin tangguh didukung juga oleh model neo classic styling membuat Suzuki Thunder 125 digemari oleh para entry level yang naik kelas dari bebek 110 cc ke motor sport touring.
Meski begitu, bukan nya Thunder 125 ini tidak memiliki kekurangan. Kubikasi mesin yang hanya 125 cc (bore x stroke 57.0 mm x 48.8 mm)dengan power maksimum 11dk dirasa sangat kurang mumpuni untuk turing jarak jauh. Karakter mesin yang gak bisa disentak atau di gas spontan membuatnya sering disebut lemot, walaupun putaran tengah-atas nya cukup nendang. Solusi nya ya bore up, walau begitu mesin thunder ini modifable lho..mau dibikin 150cc seperti FU150 pun bisa.. apalagi lebih dengan melakukan stroke up dan custom noken as. Biaya untuk bangun Thunder 125 jadi motor touring harian bertenaga cukup ramah di kantong, dengan estimasi sebagai berikut :
1. Beli motor Thunder 125 seken keluaran 2006-2009 : 3.5-5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5- 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki :2 - 2.5 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi :700 rb - 1 jt rupiah..
total maksimum budget : 10.5 jt rupiah
total minimum budget : 7.7 jt rupiah
perhitungan di atas ini hanya ilustrasi saja, karena setiap orang punya selera berbeda. utamanya saat memodifikasi mesin biaya nya relatif. bisa lebih besar atau lebih kecil dari ilustrasi.
2. Bajaj XCD 125
Di Tahun 2008, Bajaj merilis XCD 125. Sepeda motor yang diperuntukkan bagi pemula. Dengan kubikasi murni 125 cc, rem double drum brake (versi std) dan speedometer full digital yang menjadi nilai plus bagi motor ini. Top speednya hanya 90kmh dengan power 8.4 dk jadi benar-benar untuk pemula. Kelebihannya motor ini adalah sangat irit bbm seperti honda grand. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bukan berarti motor ini tidak layak dilirik untuk jadi bahan modifikasi turing. Justru ini pilihan pas buat yang pengin motor sport dengan harga sangat murah. Berikut estimasi biayanya :
1. Beli bajaj xcd 125 2008 : 3-4.5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5 - 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki : 1.5-2 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi : 700rb-1 jt rupiah
total maksimum budget : 9.5 jt rupiah
total minimum budget : 6.7 jt rupiah
Last,... ntar disambung ke Part 2 yah. masih banyak motor entry level yang bisa jadi pilihan buat turing
Selasa, 31 Mei 2016
Yamaha R25, Revs Your Ego Even More!!!
Saat riding malam ini, dan lagi jalan santai.. Tiba tiba dari belakang terdengar raungan suara khas motor supersport 2 silinder yang khas. Awalnya saya kira, ini Kawasaki Ninja 250, tetapi rupanya saya salah.. sebuah motor Yamaha bertipe supersport melaju kencang melintas di jalan raya Bandung -Garut.. Ya, Yamaha R25. Penasaran juga nih sama ini motor, dengan susah payah berhasil juga di tempel dari belakang hanya untuk melihatnya dari dekat walau si kebo Vario Techno 125 ngos ngos an ngejar nya ... hehehhe
Yamaha R25 diperkenalkan bersamaan dengan Yamaha R15 di tahun 2013. Mengusung DNA YZF-R series, menjadikannya sebagai sepeda motor dengan segmen supersport. Rival langsung dari Yamaha R25 adalah Kawasaki Ninja 250 R Fi. dimana, motor tersebut memiliki mesin yang sangat memanjakan pengendara yang performance oriented. Bagaimana tidak,..??? mesin DOHC 2 silinder 8 Klep with liquid cooled merupakan modal utama yang sangat menarik perhatian para bikers ditambah dengan model yang sangat sporti terutama dari bagian belakang membuat nya semakin menguatkan aura sport yang sangat pekat.
Sejak munculnya motor yang bernama lengkap Yamaha YZF R25 ini, Kawasaki Ninja 250 yang muncul dipertengahan 2008 tak lagi main berdua dengan Honda CBR 250 R yang muncul di tahun 2011. R25 diklaim lebih bertenaga karena powernya yang lebih besar dari Kawasaki Ninja 250 R yang saat itu dianugrahi gelar the best performance oleh beberapa tabloid otomotif nasional. Namun, dibalik mesinnya yang High Performance ternyata ada sebuah kekurangan yakni konsumsi bbm nya dianggap paling boros dibandingkan dengan rival sekelasnya, utamanya Honda CBR 250 R. Ya gimana gak boros, mesin 2 silinder koq dibandingkan dengan yang 1 silinder. Padahal sejatinya, para owner motor di segmen ini sudah tak lagi memikirkan konsumsi bbm kendaraannya. Iya lah, masa mampu beli motor puluhan juta, beli pertamax masih itung itungan,. hahhahaha... Lagipula, yang pake motor ini rata-rata cuman buat hobby doank, alias segmen premium atau kelas mahal. hehehe
Di sektor pengereman. R25 sudah dilengkapi dengan teknologi ABS (antilock brake system) sama seperti rivalnya Honda CBR 250 dan Ninja 250 yang menghadirkan varian yang dilengkapi ABS. Versi standar pun ada.
berikut ini spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat isi : 166 kg
Kapasitas tangki bensin : 14,3 L
Rangka
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban Depan : 110/70 – 17 M/C
Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C
Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder : 2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah : 60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 27,2 kW/ 36 PS / 1.200 rpm
Torsi maksimum : 23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi : CR 93 (NGK)
Gimana? Terkesankah.. Jujur deh ini motor manteb secara tampilan maupun performa.. hehehehe..
semoga bermanfaat.. hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber
Yamaha R25 diperkenalkan bersamaan dengan Yamaha R15 di tahun 2013. Mengusung DNA YZF-R series, menjadikannya sebagai sepeda motor dengan segmen supersport. Rival langsung dari Yamaha R25 adalah Kawasaki Ninja 250 R Fi. dimana, motor tersebut memiliki mesin yang sangat memanjakan pengendara yang performance oriented. Bagaimana tidak,..??? mesin DOHC 2 silinder 8 Klep with liquid cooled merupakan modal utama yang sangat menarik perhatian para bikers ditambah dengan model yang sangat sporti terutama dari bagian belakang membuat nya semakin menguatkan aura sport yang sangat pekat.
Sejak munculnya motor yang bernama lengkap Yamaha YZF R25 ini, Kawasaki Ninja 250 yang muncul dipertengahan 2008 tak lagi main berdua dengan Honda CBR 250 R yang muncul di tahun 2011. R25 diklaim lebih bertenaga karena powernya yang lebih besar dari Kawasaki Ninja 250 R yang saat itu dianugrahi gelar the best performance oleh beberapa tabloid otomotif nasional. Namun, dibalik mesinnya yang High Performance ternyata ada sebuah kekurangan yakni konsumsi bbm nya dianggap paling boros dibandingkan dengan rival sekelasnya, utamanya Honda CBR 250 R. Ya gimana gak boros, mesin 2 silinder koq dibandingkan dengan yang 1 silinder. Padahal sejatinya, para owner motor di segmen ini sudah tak lagi memikirkan konsumsi bbm kendaraannya. Iya lah, masa mampu beli motor puluhan juta, beli pertamax masih itung itungan,. hahhahaha... Lagipula, yang pake motor ini rata-rata cuman buat hobby doank, alias segmen premium atau kelas mahal. hehehe
Di sektor pengereman. R25 sudah dilengkapi dengan teknologi ABS (antilock brake system) sama seperti rivalnya Honda CBR 250 dan Ninja 250 yang menghadirkan varian yang dilengkapi ABS. Versi standar pun ada.
berikut ini spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat isi : 166 kg
Kapasitas tangki bensin : 14,3 L
Rangka
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban Depan : 110/70 – 17 M/C
Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C
Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder : 2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah : 60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 27,2 kW/ 36 PS / 1.200 rpm
Torsi maksimum : 23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi : CR 93 (NGK)
Gimana? Terkesankah.. Jujur deh ini motor manteb secara tampilan maupun performa.. hehehehe..
semoga bermanfaat.. hatur nuhun
*diolah dari berbagai sumber