Semalam, saat sedang melamunkan kira-kira motor apa yang mau dibahas di Blog.. Tiba tiba teringat sama seorang kawan baik sejak SMP dulu. Dia ini orangnya anti Mainstream, dimana dia ingin menjadi yang berbeda dari yang lain..Tahun 2008, dimana saat anak muda lain memilih Honda Supra X 125, Honda CS1, Suzuki Thunder 125, Suzuki Satria F150, atau Kawasaki Ninja dan Yamaha Vixion. Dia memilih Bajaj XCD 125.. entah apa alasannya saat itu, yang pasti satu hal ANTI MAINSTREAM!!!
Ok,. setelah blusukan di BBM dan Facebook... akhirnya dikirimlah Riding Experience nya dia tentang Bajaj XCD 125.. Berikut ini ulasan nya..
BAJAJ XCD 125 DTS-SI (Digital Twin Spark – Swirl induction) yang mesinnya dirancang menyeluruh oleh bagian R and D bajaj Auto. Motor ini mengusung tema fitur seperti motor 150 CC, Performa motor 125 CC, dan Efesiensi BBM layaknya motor 100 CC. SUngguh tiga fitur yang sangat dibutuhkan, terutama saat krisis energi seperti saat ini. Mari kita membahas Tema EXCEED 125 ini.
Fitur Motor 150 CC
Motor ini memiliki beberapa fitur yang biasanSya dibenamkan pada motor top end 150 CC seperti :
• Speedometer Digital
• Lampu stoplap dengan teknologi LED
• Headlamp dengan lampu dengan pengarah twin prismatic
• Sensor kecepatan ban yang non contack sehingga akan Less maintenance.
• Sistem listrik DC
• Pnutup Rantai ban dengan peredam suara
Performa Motor 125 CC
Torsi XCD 125 yang sebesar 10.85 Nm cukup besar dan didapat pada RPM yang rendah yakni 5000 RPM membuatnya Motor bertenaga dan memungkinkan kita jarang melakukan pemindahan gear bahkan saat pemakaian pada kecepatan rendah. Performa ini diklaim sesuai dengan pemakaian perkotaan yang LALIN nya lebih bersifat stop and go. Powernya sih biasa-biasa saja yakni 9,5 Daya Kuda pada 7000 RPM.
User Opinion: Akselerasi motor ini bisa melebihi motor sekelasnya (thunder) namun akan kalah pada topspeed mungkin pengaruh perbedaan jumlah percepatan transmisi
Efesien BBM layaknya Motor 100 CC
Teknologi Digital Twin Spark – Swirl induction merupakan pengembangan dari Teknologi DTS-I yang dicangkokkan pada kakak kandungnya Bajaj 180 dan 200 CC. DTS SI, dengan perbedaan terletak pada perubahan posisi terminal inlet dan outlet sehingga dihasilkan induksi perputaran (swirl induction) yang lebih besar yang diharapkan menghasilkan pekngkabutan campuran Udara-BM yang lebih efesien. Ditambah lagi sistem busi kembar dan mokroprosesor yang bekerja terus menerus megatur timing pembakaran berdasarkan kecepatan dan beban yang dirasakan sensor, sehingga menjadikan pembakaran yang Optimal dan ramah lingkungan. Klaim bajaj India motor ini memiliki efesiensi yang cukup mencengankan 109 kilometer per liter… what a bike
Spesifikasi Bajaj XCD 125 :
Engine/Tranmission
Type: Four-stroke, natural air-cooled
Jumlah silinder: 1
Bore: 54 mm
Stroke: 54.4 mm
Displacement: 124.58 cc
Compression: 9.5:1
Idling speed: 1400 rpm
Maximum power: 9.53 bhp @ 7000 rpm (Bajaj converts PS to bhp at 1:1)
Maximum torque: 1.1 kgm@5000 rpm
Ignition system: Microprocessor controlled, digital CDI with TRICS in Carburettor
Ignition timing: Variable timing with multiple maps
BBM : Bensin, 87 RON minimum
Spark plug: #2 Champion RG4HC
Lubrication: Wet sump, forced
Clutch: Tipe Basah, multi-disc type
Transmission: 4-speed (all-down) constant mesh
SASIS
Type: Single down tube with engine as stressed member. Square section tubes
SUSPENSI
Depan: Telescopic (125mm travel)
Belakang: Swing arm with 5-step adjustable shock with dual SNS spring (105 mm travel)
REM : 130 mm drum type
BAN : 2.75-17 (front), 3.00-17 (rear)
Dimensions
Panjang: 1980 mm
Lebar: 760 mm
Tingg: 1200 mm
Jarak sumbu ban: 1275 mm
Ground clearance: 170 mm
Radius putar: 1990 mm
Berat: 112 kg
Performance Max speed: 92 kph
itulah ulasan mengenai Bajaj XCD125 dalam kondisi standar,. lalu bagaimana dengan yang sudah mengalami modifikasi??
lihat sini
MODIFIKASI
Mesin
Piston Bore-up : piston thunder 125 ukuran 57mm, atau piston KLX 150 ukuran 58mm
Blok mesin : pulsar 135
Otomatis tensioner (tonjokan) : kharisma
Busi : karisma (model panjang)
Kopling
~ Kampas kopling : tiger, new jupiter mx, GL Pro, CBR, Kawasaki KX
~ Plat kopling : supra x 125, new jupiter mx
~ Holder kopling : honda win
~ Per kopling : jupiter mx, ninja, KX (lebih keras dari standar xcd), helios spring untuk pulsar (lebih keras lagi)
~ Rumah kopling : karisma (punya x-moq sis Rini)
Rem
~ Kampas rem tromol belakang : shogun, smash
~ Kampas rem tromol depan : kampas king belakang dipasang di depan
~ Mengubah rem depan dari tromol menjadi cakram : pakai tabung shock depan rx-king, disc/cakram, kaliper, master rem, selang rem, semuanya bisa pakai punya rx-king. Atau yg penting pakai tabung shock depan rx-king, parts yg lain menyesuaikan saja.
Kelistrikan
~ Accu/aki : yg penting ukuran/dimensinya sama kayak ori xcd, Toyo 7A (135rb), MOTOBATT
~ Kiprok / Regulator : Tiger ori (250rb), Tiger KW (150-175rb)
~ CDI Cheetah Power Programable for XCD
~ KOIL : Blue thunder, NS Upgrade (Available only at NS Service Bandung), Protec, Kitaco, YZ
Body / lain-lain
~ Stang : ninja 150, rx king, pulsar 180 UG3, stang trail dengan raiser
~ Knalpot : knalpot standar pulsar 135 bisa langsung PNP langsung pasang di XCD (info dari bro Adhit)
~ Gearset : depan supra 15 mata, belakang kaze 42 mata (biasanya merk Tajima), rantai scorpio ukuran 428 type H (standar xcd : 15-42, rantai ukuran 420)
~ Swing arm : pulsar 180 UG3, pulsar 135. pake pibo UG4/p200/p220 dengan ubah busing dan bosh arm
~ Pilot jet karburator : supra/kharisma
~ Kaki Kaki Plug and Play Pulsar 135 Series
~ Plug and Play Body Set Pulsar 135 Series
Testimonial bro Khaerullah Bin Yusuf (owner) ....
Saya menggunakan BAJAJ XCD 2008 (UG1) merasa puas dengan performa dan ketahanan produk tersebut, 6 tahun tetap setia menggunakan walaupun BAI meninggalkan, beberapa hal akan saya bagikan kepada kalian semua para pengguna roda dua.
PENGALAMAN BERKENDARA
Motor ini sudah saya coba dimedan paling extreme dijakarta pada saat melewati banjir sekitar tahun 2012 (saya agak lupa) tingginya hampir setanki motor, berhubung motor sudah terjebak ditengah maka harus berani untuk menerjang banjir, berbekal pengalaman saat melewati banjir dibandung ternyata berguna walaupun dengan kondisi lebih extreme.
Perjalanan paling jauh saya hanya 150km tidaklah jauh bagi para senior, mungkin Cuma menghangatkan mesin atau ban, tapi menurut saya posisi riding dari zaman XCD keluar hingga saya modifikasi menggunakan Stang milik Pulsar 135 memang lebih nyaman dibanding dengan motor manapun atau bahkan Pulsar sekalipun.
Kecepatan memang bukan yang dapat kita andalkan dari motor varian ini, karena memang motor ini didesign untuk kenyamanan dalam mobilitas tinggi dan irit bahan bakar top speed motor ini hanya mampu tercatat 90km/h faktanya sangatlah susah untuk mencapai top speed dengan motor ini, tapi percaya atau tidak jika anda membawa motor ini dalam keadaan 80km/h itu rasanya sangat cepat setelah ditelisik dari berbagai sumber ternyata jika speedo bajaj 80km/h maka dimotor asal jepang akan tercatat 100km/h ada selisih sekitar 20km/h (Faktor perbedaan teknologi yang digunakan dalam metode pencatatan kecepatan)
SPAREPARTS
alhamdulillah spareparts tidak mengalami kesulitan mungkin ini tergantung dengan persebaran distribusi suku cadang, sehubungan saya sekarang bertepat tinggal dijakarta justru sangatlah mudah bahkan banyak yang menawarkan ori, vendor dan bahkan subtitusi.
MODIFIKASI
Selama 6 tahun ini tidaklah banyak modifikasi yang saya lakukan pada kendaraan saya, beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan pada kendaraan Bajaj XCD anda:
1. Cakram Set RX King Ori dengan Master Rem Yamaha Mio
2. Velg Pulsar 135 dengan beberapa penyesuaian pada bosh, nap gear, dan rantai set
3. Karbu Ori XCD Reamer by Pakde Dono (Owner Warrock Workshop – Jakarta Timur)
4. Seting PJ MJ by Pakde Dono (Owner Warrock Workshop – Jakarta Timur)
5. Busi Iridium/Busi Racing Duration “murah meriah”
6. Coil Upgrade For P220 by Agus Seno (Owner Next Step Pulsar – Bandung)
7. Custom Knalpot dengan Silincer Satria FU by Chuenk (Owner IMS Knalpot)
8. Kampas Kopling Kawasaki Kx from Faiz Afnoes
9. Perkopling Kopling Kawasaki KX From Faiz Afnoes
10. Porting Polished by Pakde Dono (Owner Warrock Workshop – Jakarta Timur)
Berikut ini adalah detail harga yang dikeluarkan untuk modif mesin
1. Cakram Set RX King Ori dengan Master Rem Yamaha Mio Rp1.000.000
2. Velg Pulsar 135 Originar Bajaj Rp400.000
3. Karbu Ori XCD Reamer Call Pakde Dono
4. Seting PJ MJ by Warrock Workshop Rp 50.000
5. Busi Iridium/Busi Racing Duration “murah meriah” Rp40.000
6. Coil Upgrade For Pulsar by Agus Seno Rp150.000
7. Custom Knalpot dengan Silincer Satria FU by Chuenk Rp 550.000
8. Kampas Kopling&Per Kopling Kawasaki Kx from Faiz Afnoes Rp 250.000
9. Porting Polished by Warrock Workshop Call Pakde Dono
Semoga ini semua dapat bermanfaat dan menambah khazanah ilu bagi kita para penggemar roda dua baik dari segi kenyamanan dan permforma,
nih,. skalian doi kasih referensi bengkel modif atau minimal servis ringan bisa di mari...
WARROCK WORKSHOP (Pakde Dono)
Terima Service Ringan Service Besar Airbrush Modifikasi
Jalan Madrasah 2 No 27 Duren Sawit – Jakarta Timur
087859561719 – 081807163271
FKM BOC Motor
Service spare part accesories
Terima forting polliss,service besar,board-up BAJAJ PULSAR dll..
Jl.Kolonel Masturi no 96. Cimahi Bandung
Tlp : 085220371007
IMUNK MOTOSHOP [IMOS]
Jl. Daeng M.Ardiwinata 52A Cihanjuan Cimahi Bandung
Telp. 082127049171 , 022-96020222
BUDI KOMPAK MOTOR
(Bengkel Bajaj Komunitas Pulsar Kebumen)
Menerima servis rutin.servis besar.setel balancer.modifikasi custom
Jl. Raya Kebumen Banyumas No.12
(Dari arah barat sebelum lampu merah jalan lingkar Kebumen
Tlp : Bro Budi 081703396692 , Bro Wahib 085292096144
RAT MOTORSPORT INDONESIA
Bengkel Modif Pulsar
Jl. Raya Bypass Juanda Baru no. 17 Sidoarjo - Jawa Timur
Tlp : 0856.455.77.007
Dragswega201@yahoo.com
www.ratmotorsport.wordpress.com
SEMITO RACING SPORT
Perum Citra Kebun Mas Blok Rapia BG 12. RT.34/RW.11 Karawang Jabar
Bengle Majalaya Pantokannya Terminal Karawang
Tlp. 085716915525 (Bro Daryanto )
NEXT STEP PULSAR SERVICE (NS)
Terima Service Ringan Service Besar Bore Up Polish
Jl. Terusan Pasirkoja Babakan Tarogong 395a/194b Bandung
Tlp : 089-656571318
TRIO MOTOR (Doctor Pulsar)
Jl. Pahlawan No.43 aren jaya Bulak kapal Bekasi timur
(patokan lampu merah bulakkapal masuk k arah Perumnas 3 setelah Rel kereta api..20 m)
Tlp : 087788663361 / 021-99688438
thanks broo.....
Jumat, 23 Mei 2014
Sabtu, 17 Mei 2014
SPEC UP MY SHOGUN 125 SP
Setelah beberapa waktu menanti, akhirnya sang "dana" cair juga. Entah mengapa, koq rasa-rasanya motor ini gak enak dikendarai. Akhirnya diboyonglah ke bengkel terpercaya milik bro Arief "Surip" Rahman Hanafiah. Bengkel SURIP SPEED PERFORMANCE yang terletak di bilangan Cimanggung Kabupaten Sumedang itu akhirnya disambangi tanggal 6 Maret 2014.
Setelah dibongkar dan diperiksa, ternyata memang ada beberapa komponen yang musti diganti seperti kanvas kopling
Selain itu, saya pikir langkah bore up musti dilakukan, dipilihlah piston original Suzuki Thunder os 0. kapasitas silinder pun meningkat dari 124.1 cc menjadi 140.7 cc. Beberapa penyesuaian dilakukan pada lubang intake head cylinder, revisi porting dilakukan untuk mengoptimalkan debit gas pengabutan bahan bakar. dan untuk memaksimalkan, dibuatkan juga leher knalpot custom dan mengganti silincer dengann bawaan Satria F 150 2007..
Dengan demikian, tampilan otomatis berubah..
Sebelum
sesudah
Sayangnya, meski sudah spec up, saya belum mau untuk test akselerasi dan topspeed nya..
mungkin lain waktu, dengan kondisi yang lebih siap akan saya review hasilnya..
Spesifikasi Mesin
Pengapian :
1. Busi NGK G Power (Platinum Series)
2. Tutup Busi Kitaco
3. 9 Power & TDK Japan (supplement pengapian)
Mesin :
1. Kanvas Kopling Smash
2. Bore Up Piston Suzuki Thunder (57.0 mm) didapat Bore x Stroke (57.0 mm x 55.2 mm) : 140.7cc
3. PJ 15 MJ 97.5
4. Porting Polish
5. Per kopling ganjal ring custom 2mm
6. Leher knalpot custom + Silincer Satria F150
Next Plan :
CDI Cheetah Power 32 Maps
Reamer karbu up to 22mm
Setelah dibongkar dan diperiksa, ternyata memang ada beberapa komponen yang musti diganti seperti kanvas kopling
Selain itu, saya pikir langkah bore up musti dilakukan, dipilihlah piston original Suzuki Thunder os 0. kapasitas silinder pun meningkat dari 124.1 cc menjadi 140.7 cc. Beberapa penyesuaian dilakukan pada lubang intake head cylinder, revisi porting dilakukan untuk mengoptimalkan debit gas pengabutan bahan bakar. dan untuk memaksimalkan, dibuatkan juga leher knalpot custom dan mengganti silincer dengann bawaan Satria F 150 2007..
Dengan demikian, tampilan otomatis berubah..
Sebelum
sesudah
Sayangnya, meski sudah spec up, saya belum mau untuk test akselerasi dan topspeed nya..
mungkin lain waktu, dengan kondisi yang lebih siap akan saya review hasilnya..
Spesifikasi Mesin
Pengapian :
1. Busi NGK G Power (Platinum Series)
2. Tutup Busi Kitaco
3. 9 Power & TDK Japan (supplement pengapian)
Mesin :
1. Kanvas Kopling Smash
2. Bore Up Piston Suzuki Thunder (57.0 mm) didapat Bore x Stroke (57.0 mm x 55.2 mm) : 140.7cc
3. PJ 15 MJ 97.5
4. Porting Polish
5. Per kopling ganjal ring custom 2mm
6. Leher knalpot custom + Silincer Satria F150
Next Plan :
CDI Cheetah Power 32 Maps
Reamer karbu up to 22mm