Cornering adalah pekerjaan yg enggak mudah tapi menyenangkan. Menikung enggak semudah melihat tayangan di televisi lalu mempraktikannya di jalan raya. Kita perlu mencantumkan baik2 bahwa teknik slow in fast out adalah teknik dasar yg sangat penting demi keselamatan. dengan mempraktikan teknik menikung yg benar, kita nggak akan khawatir dengan beragam bentuk tikungan(jg udah pernah di bahas di page sebelumnya jenis2 tikungan) sehingga dapat menikmati seni membesut roda 2 yg menyenangkan ini dimana teknik dasarnya pada umumnya kita perlu memperlambat kecepatan dengan menutup gas dan mengaktifkan rem depan. Sehingga posisi motor agak menukik. Lakukan ini di jalan yg lurus Lalu setelah di tengah tikungan,buka gas supaya maju motor tetap stabil. Kita perlu juga mengamati kondisi tikungan, baik lebar jalan, sudut dan permukannya, kenapa???
karena pengambilan titik menikung atau rasio menikung(di balap disebut racing line) mempengaruhi arah keluar motor,sedangkan kemiringan motor dan sudut menikung bisa membuat membuat motor berpindah ke arah jalur berlawanan.
TIPS DAN TRICKS
1. Old school style cornering (lean bike)
Style ini boleh dibilang sebagai style yang banyak dipake pembalap era
80-90an dimana posisi motor cenderung lebih miring dari badan dan
terlihat si rider mendekap tuh motor dan menekan roda depan motornya
untuk mendapatkan traksi maksimal dari roda depannya,dan posisi pantat
juga ngga terlalu jauh bergeser dari jok. Ban belakang juga menjadi
lebih awet karna meminimalisir gejala sliding.
Banyak rider top menggunakan style ini kaya Michael Doohan,Neil Hodgson,
dan jaman sekarang diwakili oleh Toni Elias.
2. New school style cornering (lean body)
Style ini mewakili style dari pembalap era sekarang dimana posisi badan
cenderung lebih miring dari posisi motor dan seolah olah terlihat bahwa
si rider menahan motor bertumpu pada lututnya, kelebihan dari style ini
adalah ketika keluar tikungan akan menjadi lebih cepat dan tajam karena
ban belakang akan bergeser (sliding) sedikit sehingga memperkecil sudut
tikungan, tapi kalau si rider ngga pintar buka tutup gas di tikungan
yang ada malah gejala sliding yg berlebih sehingga motor akan sedikit
terbawa keluar tikungan dan akan mudah disalip rider yg dibelakangnya
dan ban belakang akan cepat kehilangan traksinya karena tergerus oleh
torsi motor.
rider2 top jaman sekarang hampir semuanya memakai style ini.
3. Natural/netral style
Style ini banyak dipakai oleh rider sehari hari dan juga ketika touring,
style ini juga sangat cocok untuk motor bercc kecil yang notabene ngga
perlu turun badan untuk menghandle motor karena bobotnya yang ringan dan
sudut kemudi yang lebar. Style ini dapat dilihat dari posisi rider
sudut kemiringan badannya sama dengan sudut kemiringan motornya juga
posisi kepala juga yang seirama dengan sudut kemiringan motor.
Tapi ada juga rider motoGP yg suka mengaplikasikan style ini seperti
Jorge Lorenzo kadang2 dia pakai style ini di fast corner
4. Posisi kaki
Posisi kaki ada baiknya bila kita sedang rebah kekiri posisi kaki juga
jinjit (menekan) di footstep sebelah kiri dan kaki kanan dikaitkan di
footstep sebelah kanan, dan sebaliknya juga jika kita rebah ke kanan
posisi kaki juga jinjit (menekan) di footstep sebelah kanan dan kaki
kiri dikaitkan di footstep sebelah kiri, hal ini dilakukan untuk menekan
motor agar lebih rebah waktu melakukan cornering dan membantu beban
bahu agar tidak lekas pegal menahan bobot motor, juga bermanfaat untuk
reflek kita untuk menghadapi tikungan yang tidak terduga (ada lubang
atau jalan bumpy).
5. Rolling speed
Rolling speed adalah teknik menggantung gas / RPM pas lagi cornering.
Teknik ini bertujuan agar tenaga motor ngga ngedrop pas di tengah
tikungan sehingga motor dapat meluncur cepat keluar tikungan. Rider yang
memegang 2 tak biasanya lebih gape soal teknik ini karena 2 tak
tenaganya mulai keluar dr RPM tengah ke atas dan untuk yg megang 2 tak
teknik ini juga bisa dilakukan dengan menekan setengah tuas kopling
untuk menjaga agar RPM nya ngga ngedrop lalu pas mau meluncur keluar
tikungan lepaskan perlahan lahan tuas kopling tersebut diiringi dengan
bukaan gas yang tepat/seirama. Sedangkan pada 4tak si rider kerap
melakukan teknik ini dengan menyentuh sedikit saja tuas rem sambil tetap
menahan RPM di putaran yg optimal, hal ini jg membantu mengarahkan
moncong motor agar tidak terlalu keluar jalur.
6. Powerband
Setiap rider harus memahami powerband dr engine motornya, hal ini
bertujuan agar motor tetap terjaga performa mesinnya dan mengurangi
gejala overheat akibat pemakaian yang salah kaprah (RPM motor dipaksa
untuk meraung tinggi di tikungan), sehingga motor dapat dengan mulus
keluar ma$uk tikungan, dan mengurangi resiko roda motor kehilangan
traksi maksimalnya yg bisa mengagetkan/mengganggu konsentrasi.
Powerband ini sangat berkaitan erat dengan teknik rolling speed.
7. Braking.
Teknik pengereman juga sangat krusial sebelum memasuki tikungan,
pengereman yg efektif adalah 65% depan dan sisanya 35%belakang, transfer
bobot juga sangat berpengaruh ketika melakukan pengereman karena ketika
kita menekan tuas rem depan maka otomatis beban berpindah semua ke
depan yang kalau dilakukan dengan panik maka roda depan kehilangan
traksinya, beda sama kalau kita ngegas beban berpindah semua ke
belakang.
Kalau mau melakukan overtaking, teknik late braking sangat mumpuni untuk
mendukung aksi tersebut. Teknik ini biasa dilakukan dalam dunia balap
seperti yg sering diperagakan oleh Valentino Rossi, dia melakukan itu
untuk menutupi kekurangan tenaga motornya,dikala rivalnya udah nutup gas
dia masih terus saja ngegas motornya dan mengerem tepat di depan
rivalnya. Karena setau ane Rossi memiliki ukuran disc brake yg paling
besar diantara semua konstestan motoGP yg lainnya untuk mendukung aksi
late braking tersebut.
8. Rider view
Disini kita membahas tentang penglihatan rider ketika menikung,
biasakanlah tatapan melihat jauh tikungan di depan dan biarkan motor
meluncur dengan sendirinya dalam artian pandangan kita jangan tertuju
terus ke depan motor atau moncong motor yg kita naiki karena
dikhawatirkan kita tidak sigap dalam menghadapi tikungan tersebut
sehingga tidak bisa mengantisipasi keadaan sesudah keluar tikungan.
Teknik ini butuh skill khusus atau bagi yang sudah terbiasa melakukan
cornering.
Semoga tips & trick tersebut
bermanfaat buat semua
sumber: http://www.knc-bandung.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=161 & www.sml125.cc
Kamis, 05 Desember 2013
Minggu, 24 November 2013
Suzuki Smash
Lagi lagi berbicara segmen sepeda motor entry-mid level,. ada kesan bahwa motor murah itu murahan. Tapi itu tidak berlaku untuk satu jagoan Suzuki ini. Motor apalagi nih? yaa.. Smash.. Motor bebek berkapasitas murni 109.1 cc ini diproduksi untuk menghalau atau men "smash" serbuan motor bebek murah produksi cina seperti Viar, Jialing, Zealsun, Tossa, Kanzen, Angsa, dan masih banyak lagi. ok ok ok,. kita ulas dari awal kemunculan nya..
Oktober 2002, saat penjualan Suzuki Shogun 110 R (FD110XSD)sedang mencapai puncaknya Suzuki memproduksi Smash 110 untuk segmen entry-mid level karena pada saat itu sedang booming motor murah made in china dengan harga yang cukup menggiurkan, yakni dibawah 9 juta rupiah. 22 November 2002, Suzuki Smash diuji 24 jam nonstop di sirkuit sentul dan dilanjutkan dengan turing dari Jakarta menuju Surabaya. Awalnya, Suzuki Smash hadir dengan 1 tone colour (merah, baby blue, biru, dan hitam) dan tanpa rem cakram di depan serta blok mesin yang berwarna hitam.
Enam bulan setelau launching, Suzuki Smash 110 hadir dengan varian yang menggunakan rem cakram depan, dan 2 tahun kemudian tepatnya pada bulan mei 2005 mengeluarkan varian Street Runner, yang gagah dan sporty
spesifikasi teknis :
SPESIFIKASI TEKNIS :
dimension:
Dimensi (mm) (P x L x T ) : 1.932 mm x 650 mm x 1.062 mm
Jarak antara as roda : 650 mm
Jarak mesin ke tanah : 153 mm
Tinggi tempat duduk : 755 mm
Berat kendaraan : 93.70 kg
mesin:
Mesin : 4 langkah SOHC, pendingin udara
Diameter Silinder : 53,5 mm
Langkah Torak : 48,8 mm
Kapasitas Silinder : 109 cc
Daya Maksimum : 7,7 ps pada 7.000 rpm
Torsi Maksimum : 0,81 kg-m pada 5.500 rpm
Karburator : MIKUNI VM 17SS, Tunggal
Saringan Udara : Elemen kertas
Sistem Starter : Listrik dan engkol
Sistem Pelumasan : Perendaman oli, SUZUKI Advanced Lubrication and Cooling System (SALCS)
Transmisi:
Kopling : Basah, otomatis, Power Engagement Clutch System (PECS)
Transmisi : 4 percepatan, N-1-2-3-4
Arah Perpindahan Gigi : Ke bawah
Rantai Penggerak : 98 mata
rangka:
Rangka : Pipa segi empat, SUZUKI Single Rectangular Frame (SSRF)
Suspensi Depan : Teleskopik, perendam oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, per spiral, perendam oli
Sudut kemudi : 45o (kiri dan kanan)
Radius Putar : 1,9 m
lain-lain:
Rem Depan : Cakram Hidraulis
Rem Belakang : Tromol
Ukuran roda depan : 2.50 - 17 - 4PR
Ukuran roda belakang : 2.75 - 17 - 4PR
Jenis pengapian : Suzuki DC-CDI
Busi : NGK C6 HS/ND U20 FS-U
Accu :` 12 volt / 5 Ah
Tangki Bahan Bakar + cadangan : 4,5 Liter
Oli Mesin : -
Penggantian : 800 ml
Pembongkaran : 1000 ml
setahun kemudian,. pada bulan april 2006 Suzuki mengeluarkan kembali facelift Smash 110, dengan nama New Smash Revo 110 SR, dengan kode FK110
di tahun 2011, smash ga cuman ganti baju dan nama tapi juga ganti mesin jooo... mantab nih dengan kode produksi FW115
SUZUKI NEW SMASH TITAN 115..
Suzuki kini mempermak penampilan bebek Si gesit irit Smash Titan dengan memiliki dwi warna dan stripping baru. Kini Smash Titan series hadir dengan 9 kombinasi warna-warna trendy. Harga naik? Wow nggak gan,perubahan ini tidak membawa dampak terhadap harga OTR Jakarta, untuk tipe Smash Titan Tromol (FW110D) dijual Rp 10,825 juta, tipe Smash Titan R (FW110SD) adalah Rp 11,9 juta dan tipe Smash Titan SR (FW110SCD) adalah Rp 12,975 juta.
Dari aspek mesin, tetep aja gan, mesin 4 langkah berkapasitas 113cc, SOHC, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI berteknologi TPS (Throttle Position Switch), lum ada injeksi. diantara first entry level yaitu revo, vega dan titan… hanya titan yang pakai TPS…, so… tanpa memperhatikan merek dari semua mesin yaitu revo, vega dan titan… kalo jujur pasti mengakui mesin titan lebih bertenaga dan lebih canggih teknologinya karena pakai TPS
DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 1.930
Lebar Keseluruhan mm 655
Tinggi Keseluruhan mm 1.050
Jarak Antara As Roda mm 1.240
Jarak Mesin ke Tanah mm 140
Berat Kendaraan kg 100
Tinggi Tempat Duduk mm 755
MESIN
Jenis Mesin 4 tak, SOHC
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Sistem Pelumasan SALCS (Suzuki Advanced)
Silinder x Langkah Piston 51.0 x 55.2 mm
Kapasitas Mesin 113
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimum ps/rpm 8.4/8.000
Torsi Maksimum Nm/rpm 8.9/5.000
Karburator MIKUNI VM 18 SH
Sistem Starter Listrik dan engkol
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bensin L 4.3
Oli Mesin (Penggantian) ml 800
Oli Mesin (Pembongkaran) ml 1000
RANGKA
Kapasitas Bagasi 8 ltr
Velg Jari – Jari/Cast Wheel
Rem Depan Cakram Hidraulis dgn piston tunggal/tromol
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38 P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44 P
SISTEM LISTRIK
Jenis Pengapian Suzuki DC (CDI)
Busi NGK C6 HSA / ND U 20 FS-U
Accu 12 Volt / 5 Ah
gimana? ok kan? ini lebih baik loh dari motor merk sebelah
Oktober 2002, saat penjualan Suzuki Shogun 110 R (FD110XSD)sedang mencapai puncaknya Suzuki memproduksi Smash 110 untuk segmen entry-mid level karena pada saat itu sedang booming motor murah made in china dengan harga yang cukup menggiurkan, yakni dibawah 9 juta rupiah. 22 November 2002, Suzuki Smash diuji 24 jam nonstop di sirkuit sentul dan dilanjutkan dengan turing dari Jakarta menuju Surabaya. Awalnya, Suzuki Smash hadir dengan 1 tone colour (merah, baby blue, biru, dan hitam) dan tanpa rem cakram di depan serta blok mesin yang berwarna hitam.
Enam bulan setelau launching, Suzuki Smash 110 hadir dengan varian yang menggunakan rem cakram depan, dan 2 tahun kemudian tepatnya pada bulan mei 2005 mengeluarkan varian Street Runner, yang gagah dan sporty
spesifikasi teknis :
SPESIFIKASI TEKNIS :
dimension:
Dimensi (mm) (P x L x T ) : 1.932 mm x 650 mm x 1.062 mm
Jarak antara as roda : 650 mm
Jarak mesin ke tanah : 153 mm
Tinggi tempat duduk : 755 mm
Berat kendaraan : 93.70 kg
mesin:
Mesin : 4 langkah SOHC, pendingin udara
Diameter Silinder : 53,5 mm
Langkah Torak : 48,8 mm
Kapasitas Silinder : 109 cc
Daya Maksimum : 7,7 ps pada 7.000 rpm
Torsi Maksimum : 0,81 kg-m pada 5.500 rpm
Karburator : MIKUNI VM 17SS, Tunggal
Saringan Udara : Elemen kertas
Sistem Starter : Listrik dan engkol
Sistem Pelumasan : Perendaman oli, SUZUKI Advanced Lubrication and Cooling System (SALCS)
Transmisi:
Kopling : Basah, otomatis, Power Engagement Clutch System (PECS)
Transmisi : 4 percepatan, N-1-2-3-4
Arah Perpindahan Gigi : Ke bawah
Rantai Penggerak : 98 mata
rangka:
Rangka : Pipa segi empat, SUZUKI Single Rectangular Frame (SSRF)
Suspensi Depan : Teleskopik, perendam oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, per spiral, perendam oli
Sudut kemudi : 45o (kiri dan kanan)
Radius Putar : 1,9 m
lain-lain:
Rem Depan : Cakram Hidraulis
Rem Belakang : Tromol
Ukuran roda depan : 2.50 - 17 - 4PR
Ukuran roda belakang : 2.75 - 17 - 4PR
Jenis pengapian : Suzuki DC-CDI
Busi : NGK C6 HS/ND U20 FS-U
Accu :` 12 volt / 5 Ah
Tangki Bahan Bakar + cadangan : 4,5 Liter
Oli Mesin : -
Penggantian : 800 ml
Pembongkaran : 1000 ml
setahun kemudian,. pada bulan april 2006 Suzuki mengeluarkan kembali facelift Smash 110, dengan nama New Smash Revo 110 SR, dengan kode FK110
di tahun 2011, smash ga cuman ganti baju dan nama tapi juga ganti mesin jooo... mantab nih dengan kode produksi FW115
SUZUKI NEW SMASH TITAN 115..
Suzuki kini mempermak penampilan bebek Si gesit irit Smash Titan dengan memiliki dwi warna dan stripping baru. Kini Smash Titan series hadir dengan 9 kombinasi warna-warna trendy. Harga naik? Wow nggak gan,perubahan ini tidak membawa dampak terhadap harga OTR Jakarta, untuk tipe Smash Titan Tromol (FW110D) dijual Rp 10,825 juta, tipe Smash Titan R (FW110SD) adalah Rp 11,9 juta dan tipe Smash Titan SR (FW110SCD) adalah Rp 12,975 juta.
Dari aspek mesin, tetep aja gan, mesin 4 langkah berkapasitas 113cc, SOHC, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI berteknologi TPS (Throttle Position Switch), lum ada injeksi. diantara first entry level yaitu revo, vega dan titan… hanya titan yang pakai TPS…, so… tanpa memperhatikan merek dari semua mesin yaitu revo, vega dan titan… kalo jujur pasti mengakui mesin titan lebih bertenaga dan lebih canggih teknologinya karena pakai TPS
DIMENSI
Panjang Keseluruhan mm 1.930
Lebar Keseluruhan mm 655
Tinggi Keseluruhan mm 1.050
Jarak Antara As Roda mm 1.240
Jarak Mesin ke Tanah mm 140
Berat Kendaraan kg 100
Tinggi Tempat Duduk mm 755
MESIN
Jenis Mesin 4 tak, SOHC
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Sistem Pelumasan SALCS (Suzuki Advanced)
Silinder x Langkah Piston 51.0 x 55.2 mm
Kapasitas Mesin 113
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimum ps/rpm 8.4/8.000
Torsi Maksimum Nm/rpm 8.9/5.000
Karburator MIKUNI VM 18 SH
Sistem Starter Listrik dan engkol
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bensin L 4.3
Oli Mesin (Penggantian) ml 800
Oli Mesin (Pembongkaran) ml 1000
RANGKA
Kapasitas Bagasi 8 ltr
Velg Jari – Jari/Cast Wheel
Rem Depan Cakram Hidraulis dgn piston tunggal/tromol
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38 P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44 P
SISTEM LISTRIK
Jenis Pengapian Suzuki DC (CDI)
Busi NGK C6 HSA / ND U 20 FS-U
Accu 12 Volt / 5 Ah
gimana? ok kan? ini lebih baik loh dari motor merk sebelah
Jumat, 22 November 2013
Sport Honda 150 cc entry-mid Level
Honda memang benar-benar berambisi menguasai pangsa pasar 150 cc.. terbukti dengan diluncurkannya 3 model sekaligus.. check this out..
New Megapro 150
PT AHM (Astra Honda Motor) telah meluncurkan generasi terbaru dari Motor Honda Mega Pro yang dinamakan Honda New Mega Pro – The Real Street Fighter. Di bagian mesin, Motor Honda New Mega Pro ini menggunakan msin 150 cc 4 -tak SOHC 5 speed dengan teknologi baru XRP (X-tra Responsive Performance Engine). Dengan mesin baru tersebut, motor ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 10,1 KW pada 8.500 rpm dengan torsi 12,8 Nm di 6.500 rpm.
Hadir dalam 4 pilihan warna, Honda New Mega Pro ini direlease dengan harga Rp. 19,600,000 untuk Tipe CW dan Rp. 18,400,000 untuk Tipe STD.
Perbedaan Honda New Mega Pro STD dengan CW
Ada 2 perbedaan Honda New Mega Pro STD dengan CW:
Pelek roda. Honda New Mega Pro STD menggunakan pelek jari jari sedangkan Honda New Mega Pro CW menggunakan pelek racing.
Rem belakang. Honda New Mega Pro STD masih menggunakan rem tromol sedangkan Honda New Mega Pro CW menggunakan rem cakram.
Pilihan Warna Honda New Mega Pro
Honda New Mega Pro hadir dalam 4 pilihan warna:
Black
Red
Blue (warna ini tidak tersedia pada tipe STD)
White (warna ini tidak tersedia pada tipe STD)
Spesifikasi Honda New Mega Pro
Dimensi
Dimensi (P x L x T) 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu Roda 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah 152 mm
Berat kosong
136 kg (tipe spoke)
134 kg (tipe cw)
Rangka
Rangka Pola Berlian (diamond steel)
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
Ukuran Ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran Ban Belakang 100/80 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang Tromol (Tipe Spoke), Cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)
Mesin
Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan udara
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah 149,2 cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 13,7 PS/8.500 rpm
Torsi maksimum 1,31 kgf.m / 6.500 RPM
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Starter Pedal dan starter elektrik
Busi NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1 liter pada penggantian periodik
Transmisi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5
Kelistrikan
Aki MF battery, 12 V – 5 A.h
Sistem pengapian DC – CDI Digital
CB150R
Otosia.com - Honda CB150R Streetfire yang pernah diperkenalkan di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 lalu, pada 12 Desember 2012 resmi dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). AHM pun merasa optimis, model naked-sport bike ini akan diterima masyarakat.
Honda CB150R Streetfire mengusung desain speedy shape berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan. Garis desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan hingga spakbor belakang, sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang sporty dan agresif.
Honda CB150R Streetfire dibekali mesin 150 cc, 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan, berbasis Honda CBR150R yang merupakan flagship Honda di segmen motor sport dengan model full fairing.
Mesin berpendingin cairan (Liquid Cooled) yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) ini menghasilkan performa mesin yang luar biasa, akselerasi terbaik di kelasnya, sekaligus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, yang telah memenuhi standar emisi gas buang Euro-2.
Motor sport terbaru Honda ini memiliki daya maksimum 12,5 kW (17,00 PS)/10.000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/8.000 rpm, mesin Honda CB150R Streefire menghasilkan performa yang luar biasa, karena dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 10,6 detik untuk daya tempuh 0 - 200 meter.
Honda CB150R didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara maksimal.
Model ini mengadopsi salah satu fitur canggih model CBR250R, yaitu sistem suspensi belakang Pro-Link yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan sehingga membuatnya lebih stabil dan nyaman karena mampu membuat guncangan pada tempat duduk menjadi lebih lembut.
Honda CB150R Streetfire memiliki panel meter dengan latar belakang grafik warna putih yang sporty serta didukung panel digital yang futuristik. Panel digital ini menampilkan informasi yang lengkap, antara lain spedometer, odometer, trip meter, jam dan fuel meter.
Model ini juga sudah dilengkapi velg racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporty. Velg racing ini dibalut dengan ban tipe tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis.
Untuk mengendalikan kecepatan, model ini sudah dilengkapi pula dengan rem cakram ganda yang menghasilkan pengereman yang maksimal di segala kondisi jalan. Selain itu, model ini dilengkapi fitur unggulan lain seperti pengaman kunci bermagnet sehingga tampilannya lebih modern dan efektif mengurangi resiko pencurian motor.
Honda Versa 150
Sepeda Motor Honda Verza 150 si motorsport namun murah telah resmi diluncurkan AHM setelah terdahulunya CB150R yang masih terbilang cukup hangat. Nah buat sobat yang mungkin ingin berencana mengganti atau membeli Honda Verza 150, berikut hasil penelurusan LM mengenai harga dan spesifikasi singkatnya.
Spesifikasi Motor Honda Verza 150
Spesifikasi Honda Verza dengan dimensi berikut:
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.318 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 156 mm
Ketinggian Tempat Duduk : 773 mm
Berat Kosong : 129 kg
Radius Putar Minimum : 2.000 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 12,2 Liter
Kelistrikan
Tipe Pengapian : Full Transistorized
Tipe Baterai/Aki : 12V – 3,5Ah
Tipe Busi : NGK CPR9EA-9
Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah SOHC Silinder Tunggal
Volume Langkah : 149,2 cm³
Sistem Pendinginan : Berpendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Tipe Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter : Starter Kaki dan Starter Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Minyak Pelumas : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Rangka
Tipe Rangka : Diamond Steel
Ukuran Ban Depan : 80/100 – 17 M/C 46 P (CW : Tubeless)
Ukuran Ban Belakang : 100/90 – 17 M/C 55P (CW : Tubeless)
Tipe Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang : Tromol
Tipe Suspensi Depan : Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang : Suspensi Ganda
dari ketiga jagoan Honda, aku pribadi sih vote CB150R.. tp klo ada duit lebih ya CBR150 donk,. hehehehehe
New Megapro 150
PT AHM (Astra Honda Motor) telah meluncurkan generasi terbaru dari Motor Honda Mega Pro yang dinamakan Honda New Mega Pro – The Real Street Fighter. Di bagian mesin, Motor Honda New Mega Pro ini menggunakan msin 150 cc 4 -tak SOHC 5 speed dengan teknologi baru XRP (X-tra Responsive Performance Engine). Dengan mesin baru tersebut, motor ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 10,1 KW pada 8.500 rpm dengan torsi 12,8 Nm di 6.500 rpm.
Hadir dalam 4 pilihan warna, Honda New Mega Pro ini direlease dengan harga Rp. 19,600,000 untuk Tipe CW dan Rp. 18,400,000 untuk Tipe STD.
Perbedaan Honda New Mega Pro STD dengan CW
Ada 2 perbedaan Honda New Mega Pro STD dengan CW:
Pelek roda. Honda New Mega Pro STD menggunakan pelek jari jari sedangkan Honda New Mega Pro CW menggunakan pelek racing.
Rem belakang. Honda New Mega Pro STD masih menggunakan rem tromol sedangkan Honda New Mega Pro CW menggunakan rem cakram.
Pilihan Warna Honda New Mega Pro
Honda New Mega Pro hadir dalam 4 pilihan warna:
Black
Red
Blue (warna ini tidak tersedia pada tipe STD)
White (warna ini tidak tersedia pada tipe STD)
Spesifikasi Honda New Mega Pro
Dimensi
Dimensi (P x L x T) 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu Roda 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah 152 mm
Berat kosong
136 kg (tipe spoke)
134 kg (tipe cw)
Rangka
Rangka Pola Berlian (diamond steel)
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
Ukuran Ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran Ban Belakang 100/80 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang Tromol (Tipe Spoke), Cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)
Mesin
Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan udara
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah 149,2 cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 13,7 PS/8.500 rpm
Torsi maksimum 1,31 kgf.m / 6.500 RPM
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Starter Pedal dan starter elektrik
Busi NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1 liter pada penggantian periodik
Transmisi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5
Kelistrikan
Aki MF battery, 12 V – 5 A.h
Sistem pengapian DC – CDI Digital
CB150R
Otosia.com - Honda CB150R Streetfire yang pernah diperkenalkan di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 lalu, pada 12 Desember 2012 resmi dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). AHM pun merasa optimis, model naked-sport bike ini akan diterima masyarakat.
Honda CB150R Streetfire mengusung desain speedy shape berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan. Garis desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan hingga spakbor belakang, sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang sporty dan agresif.
Honda CB150R Streetfire dibekali mesin 150 cc, 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan, berbasis Honda CBR150R yang merupakan flagship Honda di segmen motor sport dengan model full fairing.
Mesin berpendingin cairan (Liquid Cooled) yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) ini menghasilkan performa mesin yang luar biasa, akselerasi terbaik di kelasnya, sekaligus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, yang telah memenuhi standar emisi gas buang Euro-2.
Motor sport terbaru Honda ini memiliki daya maksimum 12,5 kW (17,00 PS)/10.000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/8.000 rpm, mesin Honda CB150R Streefire menghasilkan performa yang luar biasa, karena dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 10,6 detik untuk daya tempuh 0 - 200 meter.
Honda CB150R didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara maksimal.
Model ini mengadopsi salah satu fitur canggih model CBR250R, yaitu sistem suspensi belakang Pro-Link yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan sehingga membuatnya lebih stabil dan nyaman karena mampu membuat guncangan pada tempat duduk menjadi lebih lembut.
Honda CB150R Streetfire memiliki panel meter dengan latar belakang grafik warna putih yang sporty serta didukung panel digital yang futuristik. Panel digital ini menampilkan informasi yang lengkap, antara lain spedometer, odometer, trip meter, jam dan fuel meter.
Model ini juga sudah dilengkapi velg racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporty. Velg racing ini dibalut dengan ban tipe tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis.
Untuk mengendalikan kecepatan, model ini sudah dilengkapi pula dengan rem cakram ganda yang menghasilkan pengereman yang maksimal di segala kondisi jalan. Selain itu, model ini dilengkapi fitur unggulan lain seperti pengaman kunci bermagnet sehingga tampilannya lebih modern dan efektif mengurangi resiko pencurian motor.
Honda Versa 150
Sepeda Motor Honda Verza 150 si motorsport namun murah telah resmi diluncurkan AHM setelah terdahulunya CB150R yang masih terbilang cukup hangat. Nah buat sobat yang mungkin ingin berencana mengganti atau membeli Honda Verza 150, berikut hasil penelurusan LM mengenai harga dan spesifikasi singkatnya.
Spesifikasi Motor Honda Verza 150
Spesifikasi Honda Verza dengan dimensi berikut:
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.318 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 156 mm
Ketinggian Tempat Duduk : 773 mm
Berat Kosong : 129 kg
Radius Putar Minimum : 2.000 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 12,2 Liter
Kelistrikan
Tipe Pengapian : Full Transistorized
Tipe Baterai/Aki : 12V – 3,5Ah
Tipe Busi : NGK CPR9EA-9
Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah SOHC Silinder Tunggal
Volume Langkah : 149,2 cm³
Sistem Pendinginan : Berpendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Tipe Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter : Starter Kaki dan Starter Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Minyak Pelumas : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Rangka
Tipe Rangka : Diamond Steel
Ukuran Ban Depan : 80/100 – 17 M/C 46 P (CW : Tubeless)
Ukuran Ban Belakang : 100/90 – 17 M/C 55P (CW : Tubeless)
Tipe Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang : Tromol
Tipe Suspensi Depan : Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang : Suspensi Ganda
dari ketiga jagoan Honda, aku pribadi sih vote CB150R.. tp klo ada duit lebih ya CBR150 donk,. hehehehehe
New Honda Beat PGM Fi
Mau motor matic, ga ribet, praktis, minim perawatan..Honda BeAT aja bro/sist..
why, uiriiittt buanggett bro/sist..
Honda meluncurkan motor terbaru generasi Beat motor tersebut di berinama Beat PGM Fi. Sesuai namanya Beat PGM Fi menggunakan teknologi Fuel injection. Honda berharap dengan rilisnya Honda Beat PGM Fi ini dapat menigkatkan penjualan motor honda dari keluarga Beat.
Dari segi desain Honda Beat PGM Fi ini hampir seluruhnya berbeda dari versi sebelumnya. Desain lampu depan sepintas mirip dengan desain lampu Honda Blade. Pada lampu sein meruncing di ujungnya. dan pada bagian atas lampu terdapat lubang udara.
Pada bagian stang sedikit dibengkokkan untuk menambahkan ergonomi saat berkendara dan panel sepidometer sedikit mengalami perubahan namun sebagian besar masih sama seperti versi sebelumnya. Pada bagian buritan juga mengalami perubahan lekuk bodynya menambah kesan sporti Honda Beat PGM Fi ini.
Namun pada lampu bagian belakang mirip dengan lampu mio soul versi lama. secara keseluruhan bodi Honda Beat PGM Fi sama rampingnya dengan versi sebelumnya. namun belum ada pernyataan resmi dari Honda tentang peluncuran Honda Beat PGM Fi. kemungkinan motor ini akan diluncurkan pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang dibuka 31 Oktober.
Spesifikasi Honda Beat PGM Fi
Mesin
Tipe mesin: 4-Langkah, OHC, pendinginan dengan kipas
Diameter X Langkah: 50x55 mm
Volume: 108 cc
Perbandingan kompresi: 9,2:1
Daya maksimum: 6,27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum: 8,68 Nm (0,89 kgf.m) 6.500 rpm
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter: Pedal dan elektrik
Sistem bahan bakar: Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas
Kapasitas tangki: 3,7 liter
Kapasitas minyak pelumas: 0,8 liter pada pergantian periodik
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian: Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan: Baterai 12V-3Ah (Tipe MF)
Rangka dan Kaki-kaki
Tipe rangka: Tulang punggung
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan: 80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban belakang: 90/90-14 M/C 46P
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol
Sistem pengereman: Standar (tipe SW dan CW), Combi Brake (tipe CBS)
Dimensi dan berat
PanjangxLebarxTinggi: 1.863x675x1.072 mm
Jarak sumbu roda: 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat kosong: 93 kg
Keunggulan New Honda Beat PGM Fi
Unyuk menyempurnakan Honda Beat Versi sebelumnya, New Honda Beat PGM Fi memiliki 3 keunggulan sebagai cara untuk meningkatkan penjualan. keunggulan New Honda Beat PGM Fi antara lain
1. Irit Bahan Bakar
Dengan menggunakan teknologi injeksi (PGM-FI) akan 30% lebih irit dibandungkan pendahulunya. Konsumsi bahan bakar BeAT PGM-FI mencapai 58,0 kpl berdasarkan metode pengujian ECE R40
2. Bagasi Lebih Luas
Denga kapasitas bagasi mencapai 11,2 liter tentunya berkendara dapat lebih nyaman karena mampu menyimpan banyak barang seperti jaket, jas hujan, kacamata dan keperluan lainnya.
3. Desain Ramping
Desain All New BeAT lebih ramping dan terkesan tajam. "Mesti ukurannya kompak, BeAT PGM-FI memiliki ruang kaki lebih lebar dari model sebelumnya.Dengan ruang kaki lebih luas, tentunya skutik ini semakin nyaman saat berkendara dan mudah dikendalikan
Pilihan warna New Honda Beat PGM Fi
Untuk menarik konsumen yang memiliki kepribadian dan ketertarikan masing2 Honda memberikan beberapa pilihan warna antara lain Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, Samba Orange, Disco Green.
Harga Honda Beat PGM Fi
Untuk sobat2 yang ingin atau berencana membeli Honda Beat PGM Fi ini, Honda membandrol dengan harga kisaran Rp12,9 juta atau lebih mahal Rp200 ribu dari model sebelumnya. Selain itu, Honda juga melansir BeAT PGM-FI dengan fitur CBS (Combi Brake Syatem) seperti yang dimiliki Vario Techno CBS. Model ini dilepas dengan harga Rp13,5 juta.
berminat? cukup baik untuk daily use lho
why, uiriiittt buanggett bro/sist..
Honda meluncurkan motor terbaru generasi Beat motor tersebut di berinama Beat PGM Fi. Sesuai namanya Beat PGM Fi menggunakan teknologi Fuel injection. Honda berharap dengan rilisnya Honda Beat PGM Fi ini dapat menigkatkan penjualan motor honda dari keluarga Beat.
Dari segi desain Honda Beat PGM Fi ini hampir seluruhnya berbeda dari versi sebelumnya. Desain lampu depan sepintas mirip dengan desain lampu Honda Blade. Pada lampu sein meruncing di ujungnya. dan pada bagian atas lampu terdapat lubang udara.
Pada bagian stang sedikit dibengkokkan untuk menambahkan ergonomi saat berkendara dan panel sepidometer sedikit mengalami perubahan namun sebagian besar masih sama seperti versi sebelumnya. Pada bagian buritan juga mengalami perubahan lekuk bodynya menambah kesan sporti Honda Beat PGM Fi ini.
Namun pada lampu bagian belakang mirip dengan lampu mio soul versi lama. secara keseluruhan bodi Honda Beat PGM Fi sama rampingnya dengan versi sebelumnya. namun belum ada pernyataan resmi dari Honda tentang peluncuran Honda Beat PGM Fi. kemungkinan motor ini akan diluncurkan pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang dibuka 31 Oktober.
Spesifikasi Honda Beat PGM Fi
Mesin
Tipe mesin: 4-Langkah, OHC, pendinginan dengan kipas
Diameter X Langkah: 50x55 mm
Volume: 108 cc
Perbandingan kompresi: 9,2:1
Daya maksimum: 6,27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum: 8,68 Nm (0,89 kgf.m) 6.500 rpm
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter: Pedal dan elektrik
Sistem bahan bakar: Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas
Kapasitas tangki: 3,7 liter
Kapasitas minyak pelumas: 0,8 liter pada pergantian periodik
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian: Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan: Baterai 12V-3Ah (Tipe MF)
Rangka dan Kaki-kaki
Tipe rangka: Tulang punggung
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan: 80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban belakang: 90/90-14 M/C 46P
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol
Sistem pengereman: Standar (tipe SW dan CW), Combi Brake (tipe CBS)
Dimensi dan berat
PanjangxLebarxTinggi: 1.863x675x1.072 mm
Jarak sumbu roda: 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah: 140 mm
Berat kosong: 93 kg
Keunggulan New Honda Beat PGM Fi
Unyuk menyempurnakan Honda Beat Versi sebelumnya, New Honda Beat PGM Fi memiliki 3 keunggulan sebagai cara untuk meningkatkan penjualan. keunggulan New Honda Beat PGM Fi antara lain
1. Irit Bahan Bakar
Dengan menggunakan teknologi injeksi (PGM-FI) akan 30% lebih irit dibandungkan pendahulunya. Konsumsi bahan bakar BeAT PGM-FI mencapai 58,0 kpl berdasarkan metode pengujian ECE R40
2. Bagasi Lebih Luas
Denga kapasitas bagasi mencapai 11,2 liter tentunya berkendara dapat lebih nyaman karena mampu menyimpan banyak barang seperti jaket, jas hujan, kacamata dan keperluan lainnya.
3. Desain Ramping
Desain All New BeAT lebih ramping dan terkesan tajam. "Mesti ukurannya kompak, BeAT PGM-FI memiliki ruang kaki lebih lebar dari model sebelumnya.Dengan ruang kaki lebih luas, tentunya skutik ini semakin nyaman saat berkendara dan mudah dikendalikan
Pilihan warna New Honda Beat PGM Fi
Untuk menarik konsumen yang memiliki kepribadian dan ketertarikan masing2 Honda memberikan beberapa pilihan warna antara lain Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, Samba Orange, Disco Green.
Harga Honda Beat PGM Fi
Untuk sobat2 yang ingin atau berencana membeli Honda Beat PGM Fi ini, Honda membandrol dengan harga kisaran Rp12,9 juta atau lebih mahal Rp200 ribu dari model sebelumnya. Selain itu, Honda juga melansir BeAT PGM-FI dengan fitur CBS (Combi Brake Syatem) seperti yang dimiliki Vario Techno CBS. Model ini dilepas dengan harga Rp13,5 juta.
berminat? cukup baik untuk daily use lho
Selasa, 19 November 2013
Gathering Shogun Rider's Indonesia (Puncak, 17 November 2013)
Yappp,.. ini event gathering untuk para Shogun Riders yang biasa pada cuap-cuap di forum Suzuki Shogun SP Indonesia..Punya tujuan untuk membangun tali silaturahmi antara para pengendara shogun,. nah lo. gimana klo selain shogun riders ikut?? gak masalah cz ini acara terbuka untuk umum.. ga peduli pake motor apa juga. Yang penting ngumpul nya bro bro sekaliaann
Acara ini muncul dari ide om Dani Yudi, salah satu sesepuh komunitas SSAR Chapter Bogor (Suzuki Shogun Arashi Axelo Riders) dari obrolan bersama saya, bro Surip (Arief Rahman Hanafiah) dan bro Aguz Versa.. Ide muncul begitu saja bagai tertimpa buah duren,. lalu digodoklah konsep Gathering oleh anak-anak SML125 Bandung... Hari Minggu kemarin, 17 November 2013 diwujudkanlah acara ini.
berikut pict nya biar ga dibilang HOAX..
Trio Shogun Fighter SML125 Bandung
Istirahat sejenak di Ciranjang Cianjur
Di Puncak,. bersama para Shogun Riders Banten, Jakarta, dan Bogor
Duet FD125XRM Shogun Fighter asal Jakarta
Si Merah Manis dari Rangkasbitung Banten
Si Putih dari Kota Hujan bersanding dengan Cimahi Muscle Bike
suasana Puncak
Ngawangkong bersama suhu Dani Yudi
Formasi Kopdar di kediaman om suhu Dani Yudi
Keakraban di kediaman om suhu Dani Yudi
itulah rangkaian kegiatan Gathering Shogun Riders Indonesia,.. moga ke depan ada acara begini lagi dan peserta nya lebih banyaaaaaaaakkkkk
salam 1 aspal,. blarrrr...blarrrrr....blarrrrrr
Acara ini muncul dari ide om Dani Yudi, salah satu sesepuh komunitas SSAR Chapter Bogor (Suzuki Shogun Arashi Axelo Riders) dari obrolan bersama saya, bro Surip (Arief Rahman Hanafiah) dan bro Aguz Versa.. Ide muncul begitu saja bagai tertimpa buah duren,. lalu digodoklah konsep Gathering oleh anak-anak SML125 Bandung... Hari Minggu kemarin, 17 November 2013 diwujudkanlah acara ini.
berikut pict nya biar ga dibilang HOAX..
Trio Shogun Fighter SML125 Bandung
Istirahat sejenak di Ciranjang Cianjur
Di Puncak,. bersama para Shogun Riders Banten, Jakarta, dan Bogor
Duet FD125XRM Shogun Fighter asal Jakarta
Si Merah Manis dari Rangkasbitung Banten
Si Putih dari Kota Hujan bersanding dengan Cimahi Muscle Bike
suasana Puncak
Ngawangkong bersama suhu Dani Yudi
Formasi Kopdar di kediaman om suhu Dani Yudi
Keakraban di kediaman om suhu Dani Yudi
itulah rangkaian kegiatan Gathering Shogun Riders Indonesia,.. moga ke depan ada acara begini lagi dan peserta nya lebih banyaaaaaaaakkkkk
salam 1 aspal,. blarrrr...blarrrrr....blarrrrrr
Senin, 18 November 2013
Honda Absolute Revo 110
Ehmmm... perlu motor murah, irit, power besar di putaran menengah-tengah, dan sering macet-macet ria di jalanan, juga ok untuk nanjak? Honda Absolute Revo 110 jawaban nya..
knapa..knapa... hayooo ..
nih ulasan nya
Honda terus tiada hentinya membuat produk baru yang tak terbunuh oleh yamaha, pasalnya pada tahun 2009 yang lalu, honda meluncurkan satu merk motor bebek dengan harga murah dan tiga varian. Motor ini dijual mulai dari harga 11,6 jutaan untuk OTR jakarta. Yakni ada tiga kelas motor honda dalam launchingnya kali ini beserta harganya yang terjangkau, yakni untuk tipe jari-jari dibanderol seharga Rp 11,6 juta, Rp 12,9 juta untuk tipe velg racing (casting wheel) dan yang ketiga, Rp 13,5 juta untuk tipe velg racing deluxe yang termantap dari kelas kali ini.
Motor honda yang berkapasitas mesin 110 cc ini memang sangat laris dipasaran motor indonesia dari sejak peluncurannya pada tanggal 30 Januari 2009 yang lalu. Kenapa tidak, karna bebek honda ini dijual dengan harga mulai 11 jutaan.
Absolute Revo 110 milik Mang Bro Yanyan Mulyana, A.Md yang selalu saya pakai untuk kepentingan test ride
sang owner
sang test rider
spesifikasi :
Panjang X lebar X tinggi : 1.919 x 709 x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.227 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kosong : 98 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 lt
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
Volume langkah : 109,1 cc
Perbandingan Kompresi : 9,0 :1
Daya Maksimum : 8,46 PS/7.500 rpm
Torsi Maksimum : 0,86 kgf.m/5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 lt pada pergantian periodik
Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
Gigi Transmsi : 4 kecepatan bertautan tetap
Pola Pengoperan Gigi : N - 1 - 2 - 3 - 4 - N
Starter : Pedal dan Elektrik
Aki : MF 12 V - 3 Ah
Busi : ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S
Sistem Pengapian : DC-CDI, Battery
ok,.. foto udah, spek udah... tinggal testimoni pribadi nih yang belum.. ok lets gooooo
Honda Absolute Revo all series ini sangat cocok untuk newbie. Sangat mudah dikendarai, familiar dgn pengendara pemula. desain kompak terlihat simpel namun terkadang sedikit merepotkan untuk membuka cover body guna kepentingan servis ringan. Untuk tampilan, dengan sedikit sentuhan variasi Absolute Revo dapat tampil manis atau gagah dan bisa jadi garang. Semua itu tergantung dari selera masing-masing. Saat ini yang banyak dijumpai adalah "Thailand Look Style" pada Absolute Revo.
Dari segi performa, Absolute Revo ini sangat bertenaga pada putaran bawah sampai menengah. Sedangkan pada putaran atas, power yang terasa besar di putaran bawah ini terasa hilang. kecepatan 0 - 80kpj terasa cepat, akan tetapi untuk mencapai 90-100 kpj terasa sangat lama dan butuh trek yang sangat panjang. hal ini bukanlah suatu kekurangan, melainkan memang fungsinya. Absolute Revo diciptakan untuk aktifitas komuter dalam kota yang lebih membutuhkan akselerasi dibandingkan dengan top speed.Bukan berarti pula motor ini tidak bisa dibikin kencang. Terakhir saya mencoba Absolute Revo yang sudah bore up dengan piston Vario os 200, PJ dan MJ naik 1 step, dan menggunakan busi Denso iridium power. Motor terasa lebih bertenaga 10% dari versi standar nya. top speed bisa mencapai 110kpj dari yang sebelumnya 95kpj. akselerasi pun menjadi jauh lebih baik.
Dari segi ekonomis,. Absolute Revo cukup irit bro. 1 liter : 52 km untuk pemakaian dalam kota dan 1 liter : 55 km untuk pemakaian luar kota. Bahan Bakar cukup menggunakan Premium RON 88, tetapi akan lebih baik jika menggunakan Pertamax. Kerasa banget irit nya bro.
Bagaimana??
diolah dari berbagai sumber
knapa..knapa... hayooo ..
nih ulasan nya
Honda terus tiada hentinya membuat produk baru yang tak terbunuh oleh yamaha, pasalnya pada tahun 2009 yang lalu, honda meluncurkan satu merk motor bebek dengan harga murah dan tiga varian. Motor ini dijual mulai dari harga 11,6 jutaan untuk OTR jakarta. Yakni ada tiga kelas motor honda dalam launchingnya kali ini beserta harganya yang terjangkau, yakni untuk tipe jari-jari dibanderol seharga Rp 11,6 juta, Rp 12,9 juta untuk tipe velg racing (casting wheel) dan yang ketiga, Rp 13,5 juta untuk tipe velg racing deluxe yang termantap dari kelas kali ini.
Motor honda yang berkapasitas mesin 110 cc ini memang sangat laris dipasaran motor indonesia dari sejak peluncurannya pada tanggal 30 Januari 2009 yang lalu. Kenapa tidak, karna bebek honda ini dijual dengan harga mulai 11 jutaan.
Absolute Revo 110 milik Mang Bro Yanyan Mulyana, A.Md yang selalu saya pakai untuk kepentingan test ride
sang owner
sang test rider
spesifikasi :
Panjang X lebar X tinggi : 1.919 x 709 x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.227 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kosong : 98 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 lt
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
Volume langkah : 109,1 cc
Perbandingan Kompresi : 9,0 :1
Daya Maksimum : 8,46 PS/7.500 rpm
Torsi Maksimum : 0,86 kgf.m/5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 lt pada pergantian periodik
Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
Gigi Transmsi : 4 kecepatan bertautan tetap
Pola Pengoperan Gigi : N - 1 - 2 - 3 - 4 - N
Starter : Pedal dan Elektrik
Aki : MF 12 V - 3 Ah
Busi : ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S
Sistem Pengapian : DC-CDI, Battery
ok,.. foto udah, spek udah... tinggal testimoni pribadi nih yang belum.. ok lets gooooo
Honda Absolute Revo all series ini sangat cocok untuk newbie. Sangat mudah dikendarai, familiar dgn pengendara pemula. desain kompak terlihat simpel namun terkadang sedikit merepotkan untuk membuka cover body guna kepentingan servis ringan. Untuk tampilan, dengan sedikit sentuhan variasi Absolute Revo dapat tampil manis atau gagah dan bisa jadi garang. Semua itu tergantung dari selera masing-masing. Saat ini yang banyak dijumpai adalah "Thailand Look Style" pada Absolute Revo.
Dari segi performa, Absolute Revo ini sangat bertenaga pada putaran bawah sampai menengah. Sedangkan pada putaran atas, power yang terasa besar di putaran bawah ini terasa hilang. kecepatan 0 - 80kpj terasa cepat, akan tetapi untuk mencapai 90-100 kpj terasa sangat lama dan butuh trek yang sangat panjang. hal ini bukanlah suatu kekurangan, melainkan memang fungsinya. Absolute Revo diciptakan untuk aktifitas komuter dalam kota yang lebih membutuhkan akselerasi dibandingkan dengan top speed.Bukan berarti pula motor ini tidak bisa dibikin kencang. Terakhir saya mencoba Absolute Revo yang sudah bore up dengan piston Vario os 200, PJ dan MJ naik 1 step, dan menggunakan busi Denso iridium power. Motor terasa lebih bertenaga 10% dari versi standar nya. top speed bisa mencapai 110kpj dari yang sebelumnya 95kpj. akselerasi pun menjadi jauh lebih baik.
Dari segi ekonomis,. Absolute Revo cukup irit bro. 1 liter : 52 km untuk pemakaian dalam kota dan 1 liter : 55 km untuk pemakaian luar kota. Bahan Bakar cukup menggunakan Premium RON 88, tetapi akan lebih baik jika menggunakan Pertamax. Kerasa banget irit nya bro.
Bagaimana??
diolah dari berbagai sumber
OLI RECOMMENDED UNTUK SUZUKI SHOGUN 125
Hasil riset om bro Davy T. Acmaea
share info oli2 yg pernah gw pake ah..inget ya,just share..ga usah di intimidasi dll..
1. Motul 5100 ester 10w-40 harga,95rb an --> ini oli ok bgt dah,selama gw pake..oli ini mantab..getaran minim,gear shifting smooth..pas belah mesin,smua komponen part yg bergesekan mantab terlindungi..hanya saja ini oli di motor gw,ga kuat sm penguapan nya..cepet bgt nguap..n masa pakai yah normal saja per 2000km..
2. Pertamina Enduro racing 4t 10w-40 harga 42rb an --> ini oli enak cm 200km saja di motor gw..sisa nya,mesin kasar,panas berlebih,shifting kasar..n yg parah nya nih oli sempet ngebut motor gw nge jim..walau ga parah..tp ring piston gw kena..jd mnurut gw ini oli ga bgt deh
3. Shell VSX 10w-40 (skr nama nya Shell AX7 10w-40)harga 45rb an --> ini oli enak,mirip2 lah sm si motul 5100..penguapan nya juga ga nahan..cepet bgt..suhu mesin relatif lebih panas drpd pake si motul 5100..sisa nya mirip..
4. Petro Canada Duron E-XL 15w-40 (di forum SML125 terkenal dg sebutan oli TRAKTOR yg fenomenal)harga 160rb an --> ini oli paling ajib yg pernah gw gunain..selain masa pakai nya lama,hasil riset di motor gw n 2 rekan SML125 lain nya,berbeda spec motor,berbeda domisili,berbeda jarak tempuh,berbeda taun produksi..ini oli max digunakan utk shogun FL RCMD itu sampai 15.000km..performa nya mirip sm motul 5100..tp penguapan nya RENDAH bgt..mesin halus,suhu mesin relatif rendah dr si motul 5100,shifting juga halus..nikmat bgt deh..di gadang2 oli ini bs sampai 80.000km,tp knp kita2 ganti di 15.000km..karna di motor2 yg kita coba pakai,di 15.000km itu oli sudah ada penguapan yg klw di cek di lubang intip oli FL..sudah sampai batas level L..jd bukan karna performa nya yg brubah atw turun..tp karna sudah di level L..klw performa nya,beeeuuhh sm aja ky wkt ini oli di tuang..ga brubah..
5. Xado supersyntetic 10w-40 harga 80rb an --> ini oli sempet gw n rekan SML125 bandung sempet nyoba nih oli,maklum kita khan sedang meriset oli utk tunggangan kita..ini oli ga bgt..performa mirip bgt enduro racing..ga ada enak2 nya..jd ga sangat tidak rekomen bgt deh..
6. Repsol Moto Rider 15w-50 harga 40rb an --> ini oli sudah di coba di motor gw n rekan SML125 reg.bandung..diem2 nih oli ok juga..mesin halus,relatif adem,shifting halus,penguapan minim..yah salut deh buat oli 40rb an..cm ini oli pas mau mnuju 2.000km..sudah mulai penurunan performa..ya nama nya juga oli kelas pahe..so emg cocok utk yg rutin ganti di 2.000km..
share info oli2 yg pernah gw pake ah..inget ya,just share..ga usah di intimidasi dll..
1. Motul 5100 ester 10w-40 harga,95rb an --> ini oli ok bgt dah,selama gw pake..oli ini mantab..getaran minim,gear shifting smooth..pas belah mesin,smua komponen part yg bergesekan mantab terlindungi..hanya saja ini oli di motor gw,ga kuat sm penguapan nya..cepet bgt nguap..n masa pakai yah normal saja per 2000km..
2. Pertamina Enduro racing 4t 10w-40 harga 42rb an --> ini oli enak cm 200km saja di motor gw..sisa nya,mesin kasar,panas berlebih,shifting kasar..n yg parah nya nih oli sempet ngebut motor gw nge jim..walau ga parah..tp ring piston gw kena..jd mnurut gw ini oli ga bgt deh
3. Shell VSX 10w-40 (skr nama nya Shell AX7 10w-40)harga 45rb an --> ini oli enak,mirip2 lah sm si motul 5100..penguapan nya juga ga nahan..cepet bgt..suhu mesin relatif lebih panas drpd pake si motul 5100..sisa nya mirip..
4. Petro Canada Duron E-XL 15w-40 (di forum SML125 terkenal dg sebutan oli TRAKTOR yg fenomenal)harga 160rb an --> ini oli paling ajib yg pernah gw gunain..selain masa pakai nya lama,hasil riset di motor gw n 2 rekan SML125 lain nya,berbeda spec motor,berbeda domisili,berbeda jarak tempuh,berbeda taun produksi..ini oli max digunakan utk shogun FL RCMD itu sampai 15.000km..performa nya mirip sm motul 5100..tp penguapan nya RENDAH bgt..mesin halus,suhu mesin relatif rendah dr si motul 5100,shifting juga halus..nikmat bgt deh..di gadang2 oli ini bs sampai 80.000km,tp knp kita2 ganti di 15.000km..karna di motor2 yg kita coba pakai,di 15.000km itu oli sudah ada penguapan yg klw di cek di lubang intip oli FL..sudah sampai batas level L..jd bukan karna performa nya yg brubah atw turun..tp karna sudah di level L..klw performa nya,beeeuuhh sm aja ky wkt ini oli di tuang..ga brubah..
5. Xado supersyntetic 10w-40 harga 80rb an --> ini oli sempet gw n rekan SML125 bandung sempet nyoba nih oli,maklum kita khan sedang meriset oli utk tunggangan kita..ini oli ga bgt..performa mirip bgt enduro racing..ga ada enak2 nya..jd ga sangat tidak rekomen bgt deh..
6. Repsol Moto Rider 15w-50 harga 40rb an --> ini oli sudah di coba di motor gw n rekan SML125 reg.bandung..diem2 nih oli ok juga..mesin halus,relatif adem,shifting halus,penguapan minim..yah salut deh buat oli 40rb an..cm ini oli pas mau mnuju 2.000km..sudah mulai penurunan performa..ya nama nya juga oli kelas pahe..so emg cocok utk yg rutin ganti di 2.000km..
Sabtu, 16 November 2013
Sang Legenda "Honda CB100" yang Mulai Bangkit
Lama tak menulis karena aktifitas.. maaf nih baru nongol lagi si Ujang dari Rancaekek.. hehehehe..
yap.. sudah 2 tahun terakhir ini, fenomena penggemar modifikasi klasik mulai terlihat, diantaranya ya itu sang legenda. Honda CB series kini menjadi trendsetter modifikasi sepeda motor di Indonesia, meskipun ya ga baru-baru amat. Di Jawa Timur, tepatnya kawasan Madiun, Nganjuk, Blitar, Kediri dijuluki RRC oleh para bikers. Ada yang tau? apa itu RRC. Republik Rakyat CB. karena di kawasan inilah, banyak penggemar Honda CB dan hasil modifikasinya sangat mengagumkan. Sebuah tabloid di tahun 2005 telah banyak memuat modifikasi CB dari kawasan jawa timur..
Ok ga pake lama,. kita mulai bahas dari sejarahnya...
Honda CB pertama kali masuk ke Negara kita Indonesia pada tahun 1971 dengan code Honda CB 100 K1 oleh PT. Federal Motor, karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni tahun 1971. Sebelum CB, tipe sepeda otor yang pertama kali di Produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90 cc. Memroduksi disini sebenarnya hanyalah merakit, karena pada saat itu PT. Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down) sehingga motor-motor asli motor jepang bukan seperti motor yang sekarang cuman label jepang padahal dibuat dan dirakit di tanah air.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT. Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan yang diantaranya :
PT. Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti Roda, Rangka, dan Knalpot dsb.
PT. Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut.
PT. Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi Sepeda Motor
PT. Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston.
Dan pada tahun 2000 PT. Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-marger menjadi satu dengan nama PT. ASTRA HONDA MOTOR, dengan komposisi saham 50% Astra Internasional Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.
CB100K-0 (1970)
Tersedia dalam 3 warna dengan variasi strip putih di tangki bahan bakarnya, yaitu : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, dan Candy Gold.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
Warna fendernya krom
Mesin satu silinder 99 cc, OHC, 5 kecepatan, 1 silinder
No serial mulai dari CB100-100001
Terbukti sebagai sepeda motor dan mesin yang sangat handal, tahan hingga bermil-mil dalam rpm tinggi dengan mengangkut beban berat.
CB 100 K-1
(1971 Super Sport CB 100)
Tidak ada perubahan pada mesin di tipe ini, cuma berbeda warna cat tangki dan tambahan besi krom di joknya.
Tersedia 3 variasi warna : Crystal Blue Metallic, Candy Ruby Red, dan Candy Gold
Setengah bagian kebawah dari tangki berwarna putih
Emblem “CB100” pada tutup dop kiri kanan terbuat dari plastik
Terdapat trim warna krom pada joknya
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
Spakbor krom
No serial mulai dari CB100-200001
Kategori : Klasik
Rating : 75.9 dari skala 100.
Kapasitas : 99.00 ccm (6.04 cubic inches)
Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
Kompresi : 9.5:1
Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valves per silinder : 2
Fuel control : OHC
Sistem pendingin : Udara
Gearbox : 5 Kecepatan
Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
Dimensi ban depan : 2.50-18
Dimensi ban belakang : 2.75-18
Rem depan : Expanding brake
Rem belakang : Expanding brake
Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)
CB 100 K-2(1972 Super Sport CB 100/di Indonesia dikenal sebagai CB Gelatik)
Perbedaan pada versi ini adalah warna cat tangki dan emblem CB 100 yang diperbesar dan berada di tengah. Sebenarnya pada mesin juga tidak ada perubahan, tapi ada 1 keunikan dari CB ini yang sudah menjadi incaran banyak penggemar CB yaitu model tangki bensinnya, yang mana tutupnya bukan berada di tengah bagian atas tangki tetapi di bagian atas sebelah kanan.
Tersedia 2 variasi Warna : Putih kombinasi Light Scarlet Red, dan Putih kombinasi Aquarius Blue
Pada sisi samping tangki bagian atas terdapat warna merah atau biru, sedangkan bawahnya Hitam
Lambang striping segitiga pada dop kiri kanan berwarna sesuai dengan warna dasar merah atau biru Lambang sisi segitiga penutup juga cocok merah atau biru.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu berwarna Hitam
No serial mulai dari CB100-1200001
Kategori : Klasik
Rating:72.8 dari skala 100.
Kapasitas:99.00 ccm (6.04 cubic inches)
Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
Kompresi : 9.5:1
Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valves per silinder : 2
Fuel control : OHC
Sistem pendingin : Udara
Gearbox : 5 Kecepatan
Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
Dimensi ban depan : 2.50-18
Dimensi ban belakang : 2.75-18
Rem depan : Expanding brake
Rem belakang : Expanding brake
Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)
bagaimana? tertarik untuk memiliki nya?? aku juga pengen koq untuk tandem si WH hahhaa
yap.. sudah 2 tahun terakhir ini, fenomena penggemar modifikasi klasik mulai terlihat, diantaranya ya itu sang legenda. Honda CB series kini menjadi trendsetter modifikasi sepeda motor di Indonesia, meskipun ya ga baru-baru amat. Di Jawa Timur, tepatnya kawasan Madiun, Nganjuk, Blitar, Kediri dijuluki RRC oleh para bikers. Ada yang tau? apa itu RRC. Republik Rakyat CB. karena di kawasan inilah, banyak penggemar Honda CB dan hasil modifikasinya sangat mengagumkan. Sebuah tabloid di tahun 2005 telah banyak memuat modifikasi CB dari kawasan jawa timur..
Ok ga pake lama,. kita mulai bahas dari sejarahnya...
Honda CB pertama kali masuk ke Negara kita Indonesia pada tahun 1971 dengan code Honda CB 100 K1 oleh PT. Federal Motor, karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni tahun 1971. Sebelum CB, tipe sepeda otor yang pertama kali di Produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90 cc. Memroduksi disini sebenarnya hanyalah merakit, karena pada saat itu PT. Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down) sehingga motor-motor asli motor jepang bukan seperti motor yang sekarang cuman label jepang padahal dibuat dan dirakit di tanah air.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT. Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan yang diantaranya :
PT. Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti Roda, Rangka, dan Knalpot dsb.
PT. Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut.
PT. Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi Sepeda Motor
PT. Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston.
Dan pada tahun 2000 PT. Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-marger menjadi satu dengan nama PT. ASTRA HONDA MOTOR, dengan komposisi saham 50% Astra Internasional Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.
CB100K-0 (1970)
Tersedia dalam 3 warna dengan variasi strip putih di tangki bahan bakarnya, yaitu : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, dan Candy Gold.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
Warna fendernya krom
Mesin satu silinder 99 cc, OHC, 5 kecepatan, 1 silinder
No serial mulai dari CB100-100001
Terbukti sebagai sepeda motor dan mesin yang sangat handal, tahan hingga bermil-mil dalam rpm tinggi dengan mengangkut beban berat.
CB 100 K-1
(1971 Super Sport CB 100)
Tidak ada perubahan pada mesin di tipe ini, cuma berbeda warna cat tangki dan tambahan besi krom di joknya.
Tersedia 3 variasi warna : Crystal Blue Metallic, Candy Ruby Red, dan Candy Gold
Setengah bagian kebawah dari tangki berwarna putih
Emblem “CB100” pada tutup dop kiri kanan terbuat dari plastik
Terdapat trim warna krom pada joknya
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
Spakbor krom
No serial mulai dari CB100-200001
Kategori : Klasik
Rating : 75.9 dari skala 100.
Kapasitas : 99.00 ccm (6.04 cubic inches)
Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
Kompresi : 9.5:1
Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valves per silinder : 2
Fuel control : OHC
Sistem pendingin : Udara
Gearbox : 5 Kecepatan
Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
Dimensi ban depan : 2.50-18
Dimensi ban belakang : 2.75-18
Rem depan : Expanding brake
Rem belakang : Expanding brake
Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)
CB 100 K-2(1972 Super Sport CB 100/di Indonesia dikenal sebagai CB Gelatik)
Perbedaan pada versi ini adalah warna cat tangki dan emblem CB 100 yang diperbesar dan berada di tengah. Sebenarnya pada mesin juga tidak ada perubahan, tapi ada 1 keunikan dari CB ini yang sudah menjadi incaran banyak penggemar CB yaitu model tangki bensinnya, yang mana tutupnya bukan berada di tengah bagian atas tangki tetapi di bagian atas sebelah kanan.
Tersedia 2 variasi Warna : Putih kombinasi Light Scarlet Red, dan Putih kombinasi Aquarius Blue
Pada sisi samping tangki bagian atas terdapat warna merah atau biru, sedangkan bawahnya Hitam
Lambang striping segitiga pada dop kiri kanan berwarna sesuai dengan warna dasar merah atau biru Lambang sisi segitiga penutup juga cocok merah atau biru.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu berwarna Hitam
No serial mulai dari CB100-1200001
Kategori : Klasik
Rating:72.8 dari skala 100.
Kapasitas:99.00 ccm (6.04 cubic inches)
Tipe mesin : Satu silinder, 4 tak
Tenaga : 11.50 HP (8.4 kW)) @ 10500 RPM
Kecepatan maksimal : 110.0 km/h (68.4 mph)
Kompresi : 9.5:1
Bore x stroke:50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valves per silinder : 2
Fuel control : OHC
Sistem pendingin : Udara
Gearbox : 5 Kecepatan
Tipe transmisi, drive akhir : Rantai
Dimensi ban depan : 2.50-18
Dimensi ban belakang : 2.75-18
Rem depan : Expanding brake
Rem belakang : Expanding brake
Berat termasuk oli, bensin, dll : 92.0 kg (202.8 pounds)
Kapasitas tanki : 10.00 litres (2.64 gallons)
bagaimana? tertarik untuk memiliki nya?? aku juga pengen koq untuk tandem si WH hahhaa