Rabu, 29 Juni 2016

Bajaj Pulsar 180, Si Perkasa dari India

Halooo,..

Setelah kita bahas motor sport entry level buat turing, kayaknya masih ada yang galau aja. Galau kenapa?? yaa mungkin aja apa yang saya advice kan belum sreg di hati. Bisa berbagai faktor, diantara nya mungkin performa mesin yang dirasa kurang mumpuni atau ingin yang dari OEM nya sudah kencang, atau bisa jadi ingin beli yang langsung high performance tinggal pakai tanpa oprek dan hal lain sebagai nya..

Masih bertema motor sport, khusus hari ini saya ingin bahas BAJAJ..iya BAJAJ tapi bukan yang beroda 3. Melainkan Bajaj Pulsar 180. Sekaligus, tulisan ini saya bikin sebagai bentuk respek kepada seorang brother saya yang sangat konsisten dengan Bajaj sejak awal kemunculannya. Ya, This special for U bro, Khaerullah Bin Yusuf.. Happy birthday, wish u all the best and keep enjoy for read my article.

Ok bro, langsung ajah gass bahas Bajaj Pulsar.
Bajaj Pulsar 180 pertama kali diperkenalkan tahun 2007 di Indonesia. Mengusung teknologi baru dalam hal pengapian, yakni teknologi 2 busi yang dikenal dengan nama DTS-i (Digital Twin Spark - Ignition) yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna, rendah emisi, lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar tentunya.

Dapat dikatakan berani berinovasi!!! mengapa?
lihat dari segi design, disaat pabrikan jepang masih konsisten dengan design headlamp yang membulat. Bajaj mengeluarkan model dengan headlamp yang memiliki batok, yang sepintas mirip serigala. Teknologi DTS-i, knalpot dengan teknologi TEC sehingga lebih ramah lingkungan, digital CDI, lampu belakang LED.. dapat dikatakan, Bajaj lebih maju beberapa langkah dibanding pabrikan jepang. Harga baru yang ditawarkan juga kompetitif, bahkan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan motor sport sejenis dari pabrikan jepang.Benar benar menggiurkan.. Luar biasa...



berikut ini spesifikasi nya :

Mesin Jenis DTS-i Empat Langkah, Berpendingin udara, 1 silinder SOHC
Bore 63,50 mm
Stroke 56,40 mm
Kapasitas Mesin 178,60 cc
Rasio Kompresi 9,5 + 0,5 : 1
Kecepatan Stasioner 1400 + 100 rpm
Tenaga Bersih Maksimum 12,52 KW (17,02 Ps) @ 8500 rpm
Torsi Bersih Maksimum 14,22 Nm / 1,45 Kgm @ 6500 rpm
Sistem Pengapian Microprocessor Controlled Digital CDI
Waktu Pengapian 10° BTDC pada 1400 rpm, 25° BTDC pada 3000 rpm
Karburator UCAI-MIKUNI BS29, Side Drought, CV Type
Busi 2 Buah Champion RG4HC (Resistive)
Celah Busi 0,6 - 0,8 mm
Pelumasan Pelumasan Basah,
Starting Starter Elektrik
Kopling Basah, Jenis Multidisc
Transmisi 5 Tingkat Kecepatan dengan Constant Mesh
Primary Reduction 3,47 : 1 (66/19)
Rasio Gigi Gigi 1 26,93 : 1 (36/13)
Gigi 2 18,31 : 1 (32/17)
Gigi 3 13,43 : 1 (29/21)
Gigi 4 10,54 : 1 (26/24)
Gigi 5 8,98 : 1 (24/26)
Final Drive Ratio 2,78 : 1 (39/14)
Chasis Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Garpu Depan Teleskopik dengan Bush Anti Gesek (Stroke 130 mm)
Belakang Trailing Arm dengan Coaxial Hydraulic Cum, Peredam kejut berisi gas yang dapat disesuaikan dan per kumparan triple rate
Rem Depan Jenis Cakram yang dioperasikan secara Hidrolis
Belakang Jenis Tromol dan Kanval yang diperluas secara mekanis
Ban Depan 90 x 90 x 17 , 49 P (Tubeless)
Belakang 120 / 80 x 17 , 61 P (Tubeless)
Tekanan Ban Depan 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Sendiri 2,00 kg/cm² (28,4 Psi)
Belakang Berboncengan 2,15 kg/cm² (30,5 Psi)
Pelek (Roda Alloy) Depan 1,85 x 17
Belakang 2,50 x 17
Kapasitas Penuh Tangki Penuh 15 liter
Bahan Bakar Cadangan 3,2 liter
Cadangan yang dapat digunakan 2,0 liter

Kelistrikan Sistem 12 V (DC)
Battery Tipe 12 V 9 Ah MF
Lampu Utama 35/35 W-HS1
Indikator Lampu Utama 5W - 2 Buah
Lampu Belakang/Stop LED / LED
Lampu Sen 10W (2 Buah)
Indikator Lampu Sen LED
Lampu Indikator Standar Samping LED
Indikator Lampu Jauh LED
Lampu Indikator Gigi Netral LED
Lampu Speedometer Layar LCD
Lampu Plat Nomot Belakang 5W
Klakson 12 V DC

Dimensi Panjang 2035 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1165 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm
Radius Putaran Belok 2500 mm (Minimum)
Jarak Terendah dengan Tanah 165 mm (Minimum)
Performa Kemampuan Mendaki 28% (Maksimum 160)

perbandingan dengan motor sport lain yang sejenis

Dari segi model dan spesifikasi, ternyata cukup menggiurkan bagi orang orang yang suka performa. Spesifikasi dan daya tahan mesin tidak main main.Untuk riding impression nya sendiri, handling bagus, stabil dan nyaris tanpa goyang. AKselerasi cukup baik meski bisa dikatakan lebih lemot sedikit dari honda tiger. untuk top speed juga lumayan bisa tembus 130 kmh. Karakter nya bengis diputaran tengah atas. Sangat mumpuni untuk touring jarak jauh karena segitiga berkendara begitu nyaman.

Saat ini, memang ATPM Bajaj tak lagi ada di Indonesia karena kebijakan marketing perusahaan. Untuk soal spareparts tak perlu khawatir, masih bisa dibeli di dealer Kawasaki atau di bengkel specialist Bajaj. Bisa juga diperoleh melalui komunitas atau klub Bajaj. Harga seken nya cukup murah, antara 5-10 jt rupiah tergantung kondisi dan tahun perakitan. Testimoni pribadi saya sih, motor ini cukup menarik karena design yang anti mainstream dan kaya akan fitur serta performa yang mantap.. joss pokok nya buat orang orang yang berkarakter berani beda.

ok, hatur nuhun

*diolah dari berbagai sumber

Senin, 27 Juni 2016

Pilihan Motor Sport Untuk Peturing Entry Level Part 2

Halloooo brayyy,.. masih shaum kah? hahaha
kita lanjut yang kemaren nyook .... hihihi.. Jika kemaren kita bahas Suzuki Thunder dan Bajaj XCD 125, maka hari ini akan kita bahas beberapa motor sport entry level yang cucooo dipake buat turing atau mejeng.. so, langsung geber aja yook...

3. Bajaj Pulsar 135 LS (Light Sport)
taun 2010'an, Bajaj Auto Indonesia merilis Bajaj Pulsar 135 LS. Dilengkapi teknologi DTSi seperti hal nya Bajaj Pulsar 180, 200, dan 220F yang efisien karena penggunaan 2 busi sehingga pembakaran lebih sempurna hingga konsumsi bbm pun menjadi irit. Banyak pengguna XCD 125 yang beralih ke pulsar 135 LS, ya mungkin karena power yang jauh lebih besar dan design yang leih macho. 13.5 dk kondisi std cukup enak untuk touring jarak dekat dan menengah..



dengan harga seken kisaran 5-7 juta, menurut saya cukup recomended untuk dipilih jadi motor touring.. tinggal tambah side box sama tuning mesin dikit.. ngacir nih motor. hehhe

4. Honda Verza
Pertama kali diperkenalkan ke publik sekitar tahun 2012-2013 an. Menggunakan mesin yang hampir mirip dengan New Mega Pro Fi, 150 cc SOHC Fi dengan power 13.5dk. Adalah merupakan versi ekonomis dari New Mega Pro. Harga baru nya sekitar 18 Jt an bro, sedang harga second hand sekitar 9.5-13 jt an. Berkarakter kuat di putaran bawah-tengah, namun jangan harap dapet top speed lebih dari 100kmh karena motor ini dirancang untuk keperluan komuter dalam kota. Tapi bukan berarti gak bisa diajak ke luar kota. Menurut saya, verza cukup tangguh untuk touring luar kota walau gak bisa diajak lari kencang.



cukup keren, jika ingin dimodifikasi tampilannya ala honda tiger

Mungkin, segini dulu dari saya. karena bahasannya entry level ya saya batasi. jadi kita gak bahas Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Yamaha MT25, Honda Tiger, Bajaj Pulsar 180, 200, 220, Yamaha Scorpio 225, Suzuki Thunder 250, Suzuki Inazuma 250 karena motor yang disebut bukan lagi kategori entry level. Ini dikhususkan bagi yang suka motor sport, suka turing, namun memiliki dana minim.

Ok,. Hatur nuhun

*artikel part 1 dan part 2 diolah dari berbagai sumber

Minggu, 26 Juni 2016

Pilihan Motor Sport Untuk Peturing Entry Level Part 1

Halooo... masihkah ente shaum hari ini?? alhamdulillah ... harus bertahan ya, wkwkwkwkk biar afdol.

Di awal ramadhan kemarin, saya melakukan solo touring rute Rancaekek-Tambun-Tanah abang- Tambun dan kembali ke Rancaekek menggunakan rute Tambun-Kalimalang-Durensawit-Cililitan-Cimanggis-Cibinong-Bogor- Puncak-Cianjur-KBB- Cimahi- Bandung - Rancaekek.. Ya biasalah, karena suatu urusan pekerjaan yang menunutut musti solo touring. hehehhee...
Terpikir saat jalan pulang karena lihat sekelompok bikers jalan beriringan dengan menggunakan motor sport di wilayah cisarua puncak, kayaknya nikmat banget tuh ya riding jauh pake motor batangan. Gak kayak saya, jalan jauh cuman modal bebek bore up dgn power gak lebih dari 14 dk, wkwkwkkwkwkkwkwk....

Ok, pengin juga nih bahas motor sport yang enak buat dipake jalan jauh, modifable, dan modis buat diajak nongkrong. Kalo dibahas secara per produk mungkin sudah ya di tulisan saya yang lalu. Pernah kita bahas diantaranya Honda Tiger dan Suzuki Thunder. Gak ada salahnya kita bahas lagi namun dari sudut pandang lain, yaitu dari sudut pandang pemula/newbie yang ingin motor sport yang oke buat dimodif atau diajak turing.... siiip,.. geber brooooo

1.Suzuki Thunder 125 (EN125) ....
Saya gak akan bahas Suzuki Thunder 250 (GS250X) karena bukan buat peturing newbie.
Suzuki Thunder 125, adalah pilihan yang sangat pas untuk peturing newbie. Kombinasi mesin tangguh didukung juga oleh model neo classic styling membuat Suzuki Thunder 125 digemari oleh para entry level yang naik kelas dari bebek 110 cc ke motor sport touring.
Meski begitu, bukan nya Thunder 125 ini tidak memiliki kekurangan. Kubikasi mesin yang hanya 125 cc (bore x stroke 57.0 mm x 48.8 mm)dengan power maksimum 11dk dirasa sangat kurang mumpuni untuk turing jarak jauh. Karakter mesin yang gak bisa disentak atau di gas spontan membuatnya sering disebut lemot, walaupun putaran tengah-atas nya cukup nendang. Solusi nya ya bore up, walau begitu mesin thunder ini modifable lho..mau dibikin 150cc seperti FU150 pun bisa.. apalagi lebih dengan melakukan stroke up dan custom noken as. Biaya untuk bangun Thunder 125 jadi motor touring harian bertenaga cukup ramah di kantong, dengan estimasi sebagai berikut :

1. Beli motor Thunder 125 seken keluaran 2006-2009 : 3.5-5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5- 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki :2 - 2.5 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi :700 rb - 1 jt rupiah..
total maksimum budget : 10.5 jt rupiah
total minimum budget : 7.7 jt rupiah

perhitungan di atas ini hanya ilustrasi saja, karena setiap orang punya selera berbeda. utamanya saat memodifikasi mesin biaya nya relatif. bisa lebih besar atau lebih kecil dari ilustrasi.



2. Bajaj XCD 125
Di Tahun 2008, Bajaj merilis XCD 125. Sepeda motor yang diperuntukkan bagi pemula. Dengan kubikasi murni 125 cc, rem double drum brake (versi std) dan speedometer full digital yang menjadi nilai plus bagi motor ini. Top speednya hanya 90kmh dengan power 8.4 dk jadi benar-benar untuk pemula. Kelebihannya motor ini adalah sangat irit bbm seperti honda grand. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bukan berarti motor ini tidak layak dilirik untuk jadi bahan modifikasi turing. Justru ini pilihan pas buat yang pengin motor sport dengan harga sangat murah. Berikut estimasi biayanya :

1. Beli bajaj xcd 125 2008 : 3-4.5 jt rupiah
2. budget modif mesin/rekondisi :1.5 - 2 jt rupiah
3. budget modif kaki-kaki : 1.5-2 jt rupiah
4. budget rekondisi bodi : 700rb-1 jt rupiah
total maksimum budget : 9.5 jt rupiah
total minimum budget : 6.7 jt rupiah


Last,... ntar disambung ke Part 2 yah. masih banyak motor entry level yang bisa jadi pilihan buat turing